Sekolah Alam Madinah School, Jawaban Ditengah Krisis Akhlak Generasi Kini

Sekolah Alam Madinah School

AnakIslam.com – Saat anak mulai memasuki usia sekolah, orang tua pasti ingin mendaftarkannya ke sekolah yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Hal ini karena orang tua ingin anaknya kelak menjadi pribadi yang mumpuni baik dari segi akademik maupun non akademik. Salah satu sekolah yang bisa menjadi pilihan adalah sekolah alam Madinah School.

Konsep belajar di sekolah ini adalah indoor dan outdoor yang dikombinasikan. Hal ini bertujuan agar anak tidak hanya pintar dari segi materi pelajaran namun juga memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Bagi orang tua yang sedang mempertimbangkan sekolah alam, berikut fakta Madinah School yang perlu diketahui.

1. Mengusung Konsep Sekolah Alam dengan Menerapkan Prinsip Syariat

Madinah School merupakan sekolah alam yang menerapkan prinsip Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis. Dengan motto “Be Smart, Be Good Attitude, Be Good Muslim”, hal yang paling diutamakan sekolah alam ini adalah pendidikan akhlak. Mengingat generasi yang berakhlakul karimah perlahan hilang dan tergerus tanpa adanya pengajaran khusus.

Akhlak yang menjadi pilar utama pendidikan sekolah alam Madinah School merupakan implementasi dari Al Qur’an dan Hadis yang merupakan sumber hukum utama umat Islam. Dengan mengamati dunia luar dibarengi dengan didikan akhlak, para siswa akan memiliki sudut pandang berbeda dan selalu memandang hidup dengan positif.

2. Mengkombinasikan Ilmu Teknologi dan Ilmu Bertahan Hidup

Untuk dapat menjalani kehidupan, bermodalkan kepintaran teori saja tidak cukup. Ada hal-hal yang tidak dipelajari dan didapatkan di bangku sekolah biasa salah satunya cara bertahan hidup. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa metode survive ini terlalu dini untuk diajarkan pada siswa, nyatanya hal ini memang dibutuhkan.

Hal-hal seperti menanam pohon dan sayur, merawat binatang hingga berwirausaha terlihat sepele namun jika tidak dilatih, kemampuan ini tidak akan dimiliki. Madinah School mengajarkan siswanya untuk menjadi generasi Rabbani yang tangguh dan mandiri. Kemampuan mereka diasah agar semakin mempertajam otak kiri sekaligus otak kanannya.

3. Berbagai Metode Pembelajaran yang Menyenangkan

Dalam belajar, kreativitas siswa dilatih dengan berbagai asupan materi dengan metode visual, audio dan kinetik. Hal ini agar siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengekspresikan perasaannya. Melalui gaya belajar yang menyenangkan di tengah alam terbuka juga memberikan sarana pada siswa yang memiliki rasa ingin tahu tinggi agar bisa berpikir lebih luas dan terbuka.

Dengan konsep ini, diharapkan para siswa bisa mendapatkan kepintaran teknologi yang dibarengi dengan akhlak mulia. Dewasa ini, orang yang berilmu lebih dihormati daripada orang yang beradab padahal, kedudukan adab lebih tinggi daripada ilmu itu sendiri. Bahkan Allah SWT lebih menyukai hambanya yang beradab alih-alih memiliki ilmu tapi berakhlak buruk.

4. Memiliki Fasilitas yang Menunjang Perkembangan Otak

Sekolah alam ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas outbond seperti jembatan, spider web dan lain-lain untuk melatih keberanian dan ketangkasan siswa. Ada pula lahan yang digunakan untuk menanam berbagai sayuran agar siswanya menjadi murid yang serba bisa. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, otak akan terasah untuk berpikir secara kreatif.

5. Siswa Diberikan Kebebasan dalam Berekspresi

Jika sekolah umum lain mewajibkan siswanya berseragam lengkap dan menggunakan sepatu, Madinah School tidak memiliki aturan semacam itu. Siswa dibebaskan berekspresi dalam banyak hal termasuk gaya busana asalkan tetap mematuhi peraturan dan norma yang ada. Kebebasan berekspresi ini diterapkan dalam berbagai bidang pengajaran demi melatih pola pikir anak menjadi lebih kritis.

Sekolah alam Madinah School didirikan demi mencetak generasi Rabbani yang berakhlakul karimah sekaligus mumpuni dalam banyak bidang. Dengan jenjang pendidikan TK, SD hingga SMP yang disediakan, orang tua tidak perlu merasa khawatir akan akhlak dan pendidikan anaknya jika telah terdaftar sebagai siswa/siswi Madinah School.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *