Sekolah Alam Al Izzah Krian, Sekolah yang Mempunyai Metode Belajar Berbeda

Sekolah Alam Al Izzah Krian Sidoarjo

AnakIslam.com – Sekolah Alam terbaik Al Izzah Krian. waktu di dalam kelas sering membuat jenuh para siswa. Hal ini bisa mempengaruhi produktivitas dan semangat siswa dalam belajar dan menerima materi. Lain halnya dengan sekolah alam Al Izzah Krian yang memadukan antara belajar di dalam dan diluar ruangan untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan.

Berlokasi di Krian – Sidoarjo, sekolah alam ini didirikan berkat keprihatinan penggagas yang menilai bahwa sekolah di Indonesia terlalu berfokus pada nilai akademik. Hal ini menyebabkan serunya belajar tidak dirasakan karena terus terpaku mengejar angka-angka. Disamping kondisi tersebut, hadirlah sekolah alam Al Izzah yang memiliki konsep berbeda seperti yang dijabarkan dalam uraian berikut:

1. Konsep Belajar Menyenangkan yang Berlandaskan Al-Qur’an

Generasi muda merupakan harapan bangsa yang akan memimpin di masa depan. Jika generasi ini mengalami kesulitan dan hilangnya semangat belajar, masa depan yang lebih baik tidak akan tercapai karena minimnya ilmu para calon pemimpin ini. Sekolah alam Al Izzah Krian dibangun untuk membangkitkan semangat belajar anak dengan cara yang menyenangkan.

Jika anak merasa senang dan bersemangat ketika belajar, materi pengajaran akan lebih tahu siswa terhadap banyak hal sehingga banyak pembelajaran yang bisa diambil tanpa merasa sedang belajar. Konon, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala hal. mudah masuk dan menyerap ke otak. Metode belajar inipun memicu rasa ingin tahu lebih besar.

2. Dilengkapi Fasilitas yang Mendukung Kegiatan Outdoor

Kepribadian anak dibentuk mulai dari memasuki sekolah hingga siap dilepas kembali pada orang tuanya. Sekolah alam Al Izzah mendukung tumbuh kembang siswa dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat outbond, lahan untuk bercocok tanam, perpustakaan dan lain-lain. Belajar di dalam dan luar kelas serta dibimbing oleh tenaga pendidik yang mumpuni, keseruan belajar akan didapatkan.

Disediakannya berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan outdoor, jiwa kreatif dan inovatif anak akan tumbuh. Kemampuan murid bertambah seiring waktu hingga ketika saatnya lulus, bukan hanya teori yang didapat, melainkan banyak kemampuan dasar yang tidak dimiliki siswa sekolah umum.

3. Memiliki Berbagai Metode Pembelajaran untuk Menambah Skill

Belajar tidak selalu terpaku pada teori dan materi-materi yang ada di buku. Kemampuan untuk bertahan hidup pun merupakan salah satu pelajaran berharga yang perlu dilatih sejak dini. Mulai dari kemampuan berwirausaha, bercocok tanam, menghadapi tantangan hingga cara memahami hidup.

Meski dirasa terlalu dini bagi anak-anak untuk memperoleh pengajaran di atas, hal ini justru yang paling dibutuhkan untuk bertahan hidup ketika dewasa nanti. Disamping otak kiri yang belajar banyak hal dalam bidang akademik, otak kanan pun perlu diasah melalui aktivitas kreatif ini.

4. Seimbang Antara Kegiatan Duniawi dan Akhirat

Tidak lupa juga pembelajaran khas SAAL seperti tahfidz, shalat, baca tulis Al Qur’an menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari siswa di sekolah alam Al Izzah. Kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa) pun ikut menghiasi hari-hari para siswa agar semakin religius disamping kemampuan duniawinya yang meningkat.

5. Anak Menjadi Senang Belajar karena Sistem yang Menyenangkan

Berkat kegiatan sekolah yang menyenangkan, tidak sedikit dari siswanya yang tetap menginginkan masuk di hari libur. Ketika siswa lain bersorak sorai jika menemui hari libur, siswa Al Izzah Krian berharap kegiatan belajar tetap berlanjut. Ini membuktikan bahwa konsep belajar menyenangkan sangat disukai para siswa.

Sekolah alam merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pembelajaran yang berbeda. Sekolah alam Al Izzah Krian menawarkan metode pembelajaran yang berkualitas dengan dibuktikan oleh akreditasi A yang didapatkan jenjang SDnya pada tahun 2019 lalu.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *