Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Apa Saja Keunggulannya ?

sekolah alam ar ridho semarang

AnakIslam.com – Sekolah Alam Ar Ridho di Semarang ialah pelopor sekolah berbasis nature di Jawa Tengah. Ar Ridho mengakomodasi jenjang pendidikan Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan juga Sekolah Muda Mandiri yang setara SMA. Semua jenjang memiliki mutu yang dikontrol ketat. Sekolah ini adalah anggota dari Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN).

Didirikan pada tahun 1998 oleh Ustadz H. Nurul Khamdi, Sekolah Alam Ar-Ridho mempunyai tujuan untuk mencetak angkatan pemimpin peradaban pada bumi ini atau khalifatul fil ardh. Sekolah terletak pada samping Masjid Ar-Ridho, pada perumahan Bukit Kencana Jaya.  Dalam perkembangannya di buka SMP dan SMA pada daerah Rejosari, Meteseh di area Tembalang, Semarang.

1. Setiap Murid Dianggap Unik

Tidak seperti tempat belajar lain yang menerima murid berdasarkan umur siswa, Sekolah Alam Ar Ridho  mengamati karakter siswa terlebih dahulu dengan mengedepankan konsep bahwa setiap individu mempunyai keunikan tersendiri. Setelah berkenalan dengan siswa sekolah Ar Ridho mewawancarai orang tua dengan tujuan mengajak orang tua aktif  memantau pendidikan anaknya. Semua harus dimulai dalam keadaan baik sehingga tidak ada hambatan dalam proses belajar kelak.

2. Kurikulum Core Value

Sekolah ini mempunyai prinsip Core Value yang menuntun tingkah laku sehingga seseorang bisa membedakan hal yang baik dan yang salah. Tuntunan dalam dunia pendidikan adalah kurikulum. Sekolah alam Ar Ridho memiliki banyak hal untuk diajarkan pada para murid tidak hanya berpatokan pada Kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah. Kurikulum Ar Ridho adalah core value tadi dilengkapi dengan nilai-nilai kepemimpinan dan lingkungan konservasi.

Sekolah Ar Ridho juga menyatukan pelajaran pengalaman dengan ilmu pengetahuan. Inilah sebabnya sekolah disebut sekolah alam. Siswa mengamati sendiri pohon-pohonan yang tumbuh serta fenomena alam yang lain seperti mengamati serangga. Sekolah memiliki sarana, juga prasarana yang mendukung kegiatan tersebut.

3. Bersahabat dengan Alam

Alam termasuk bumi tempat tinggal harus dijadikan sahabat, jika tidak alam akan murka dan menimbulkan berbagai bencana. Sekolah alam Ar Ridho tidak hanya membuat murid-muridnya belajar di dalam kelas. Sekolah bertekad menjadikan alam dan lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai pusat pembelajaran. Jadi, tidak hanya di ruang kelas murid-muridnya juga belajar di alam bebas. Hal tersebut tentu membuat anak memiliki pemahaman dan pengalaman yang lebih baik terhadap alam dan lingkungan.

4. Mencetak Pemberani

Tidak sedikit program unggulan Sekolah Alam Ar Ridho bertujuan membuat murid-murid berjiwa berani. Tidak hanya itu, muridnya juga dididik agar memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan memiliki mental yang kuat. Program ini diwujudkan dengan adanya kegiatan outbond satu minggu satu kali, juga pagelaran seni dan budaya.

Kegiatan ini mengembangkan bakat yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa. Untuk tampil di pentas seni ataupun dalam pertandingan olah raga, seseorang harus memiliki keberanian. Hal inilah yang dipupuk dan didorong oleh sekolah. Siswa dididik untuk berani tampil ke depan,

5. Mendorong Inovasi

Tanpa inovasi keadaan akan menjadi stagnan, dan lama kelamaan akan mati karena tidak ada perkembangan. Sekolah Alam Ar Ridho berusaha selalu membuat dan mencari inovasi yang baru agar selalu memiliki sesuatu yang unggul dan mampu memenangkan persaingan. Keunggulan hasil inovasi tersebut dibuat nyata dalam bentuk karya atau prestasi. Karya dan prestasi inilah yang diapresiasi dan mendapat pengakuan dari masyarakat umum.

Itulah informasi Sekolah Alam Ar Ridho beserta segala upaya dan keunggulannya. Semua yang telah diupayakan sangat baik dan akan terus dikembangkan sesuai dengan semangat dari seluruh manajemen, pendidik dan siswa. Tentunya semua upaya dan keberhasilan Ar Ridho mendorong sekolah lain untuk meningkatkan mutu dan prestasinya.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *