Konsep Pendidikan Sekolah Alam Insan Mulia yang Menginspirasi

Sekolah Alam Insan Mulia

AnakIslam.com – Sekolah Alam Insan Mulia adalah sebuah sekolah yang memberi inspirasi bagi seluruh pelaku pendidikan di Indonesia. Bisa dibilang sekolah ini berani karena mencanangkan visi menjadi sekolah paling baik yang lulusannya menjadi insan dan pemuka Muslim berintegritas. Lulusannya juga memiliki karakter baik dan memiliki kualitas yang dapat bersaing di tingkat dunia. Berikut ini ada lima hal yang sebenarnya adalah lima konsep pendidikan sekolah yang sangat menginspirasi ini:

1. Mengedepankan Nilai Islami

Secara jelas Sekolah Alam Insan Mulia mendeklarasikan dirinya sebagai badan edukasi yang dilandasi oleh Agama Islam. Semua ajaran Agama Islam dihubungkan dengan situasi atau kejadian yang diimplementasikan pada mata pelajaran lain. Disesuaikan dengan kejadian yang biasa dialami oleh siswa sehari-hari.

Nilai-nilai dasar keyakinan dan sistem etika Agama Islam diajarkan dalam hubungannya dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sekolah tidak hanya mementingkan muridnya cerdas secara mental saja tetapi juga cerdas secara spiritual. Berbekal kedua kecerdasan ini murid diharapkan unggul dalam bersaing dalam perlombaan tingkat dunia.

2. Sekolah Bukan Beban

Ada tiga hal yang dititik-beratkan oleh Sekolah Alam Insan Mulia yaitu konsep integrasi atau penyatuan, rasa riang dan dapat kerja sama. Mengenai konsep rasa riang, sekolah ingin murid-muridnya merasa senang tanpa beban baik di sekolah maupun dirumah. Di sekolah sesuai namanya murid-murid dekat dengan alam dan banyak belajar dari tumbuhan dan hewan yang ada di sekolah sambil mengembangkan kerja sama.

Dewasa ini, banyak anak-anak sekolah yang terbebani dengan home work atau pekerjaan rumah. Jadi, setelah mereka merasa lelah bersekolah ketika sampai di rumah mereka harus membuat pekerjaan rumah dari gurunya di sekolah. Pekerjaan rumah ini ditiadakan oleh sekolah. Proses belajar di sekolah pun harus menyenangkan,

3. Pengembangan Potensi Dasar Siswa

Sekolah Alam Insan Mulia sadar bahwa setiap anak mempunyai potensi berbeda maka tidak bisa semua anak disama-ratakan dalam memperoleh pengajaran, Cara pembelajaran diusahakan untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan siswa. Para pelajar tidak selalu memakai seragam, hanya setiap hari Senin dan hari Rabu. Setiap murid sifatnya tidak bisa dipaksakan menjadi sama, keunikan tiap-tiap murid justru didukung dan dikembangkan.

4. Sekolah adalah Latihan Kehidupan

Murid-murid Sekolah Alam Insan Mulia dilatih menghadapi persoalan hidup dan dibiasakan untuk berdiskusi tentang masa depan di sekolah. Dengan demikian sekolah difungsikan sebagai laboratorium kehidupan. Contoh yang paling nyata adalah program Homestay yang diperuntukkan bagi murid kelas enam SD.

Pada program Homestay para pelajar diminta tinggal tiga hari di rumah-rumah penduduk di suatu tempat. Diharapkan murid-murid belajar dan mengikuti gaya hidup masyarakat dimana mereka tinggal. Bila penduduk yang mereka tempati di rumahnya mata pencahariannya berjualan, maka murid diajak ikut berjualan. Jika pekerjaan penduduk yang mereka tempati rumahnya adalah bertani maka murid akan membantu menanam padi di sawah.

5. Terampil Mengolah Informasi dan Komunikasi

Pada era modern ini Sekolah Alam Insan Mulia mengkondisikan murid-muridnya terus berselancar di berbagai website melalui internet dalam program yang disebut One on One Learning. Untuk mempelajari satu topik tertentu, para pelajar memakai fasilitas satu laptop untuk mempelajari topik itu dengan informasi dari internet.

Para guru memastikan mengamankan konten yang diakses para murid sehingga mereka tidak akan membuka situs terlarang untuk usia mereka. Informasi yang didapat siswa kemudian harus diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan siswa diharapkan bisa mempresentasikan apa yang telah didapat dan diketahuinya. Ini sekaligus melatih siswa kemampuan public speaking.

Demikian sekilas konsep pendidikan yang diterapkan pada Sekolah Alam Insan Mulia. Di masa yang akan datang persaingan akan semakin ketat tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global. Jadi, inspirasi konsep dari sekolah ini diharapkan bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan mutu pendidikannya.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *