pondok pesantren samarinda

Pondok Pesantren Terbaik di Samarinda Pencetak Generasi Ulama yang Mendunia

Posted by

Pesantren  yakni wadah pendidikan Islam yang cukup beragam ada di Samarinda. Meskipun kerap dipandang kuno, kaku, maupun radikal, pada kenyataannya Tidak sedikit orang tua mengajak anaknya ke pondok pesantren  . Tidak cuma belajar mempelajari hingga religi, pesantren  membantu murid membentuk kepribadian serta kompetensi bergaul. Mengingat kentalnya kebiasaan pondok pesantren di kota tersebut, ini beragam pesantren terbaik di Samarinda, diantaranya:

1. As Salafi Al Fithrah

Jika menguraikan tentang pesantren  berkualitas di Samarinda, rasanya pesantren tersebut tidak bisa lepas dimaukan. Pondok pesantren Al Fatah ada di Samarinda di tanggal 20 September 1926 oleh 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yakni ketua Pondok Gontor Lama. Yayasan ini memiliki empat dasar prinsip, yaitu berbudi tinggi, bertubuh sehat, berilmu luas, dan berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat dikatakan sebagai penggerak pondok pesantren maju Samarinda yang pertama kali diikrarkan di India. Pondok pesantren ini pun populer pula populer akan disiplin juga penekanannya terkait mapel bahasa luar negeri, misalnya Inggris hingga Arab. Selain itu, pesantren ini dipercaya sebagai tulang belakang masyarakat Islam Samarinda disebabkan jasanya dalam melahirkan beragam pemimpin Islam Indonesia.

2. Sunan Drajat

Pondok pesantren Sunan Drajat berlokasi di Desa Sunan Ampel Samarinda. Dibuat oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku kepercayaanya yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan belantara. Membutuhkan antara empat puluh hari prosesnya untuk tebang semua pepohonan disana selanjutnya membuat pesantren setelahnya.

Sayyid memilih Sunan Drajat dengan sebab tanahnya dipercaya bagus juga akan menghadirkan keberkahan. Selaku pondok pesantren tertua di nusantara, pondok pesantren tersebut tetap eksis dan selalu tumbuh. Bukan hanya itu, pesantren ini komitmen mempertahankan kurikulum pengajaran aslinya.

Sampai saat ini, total siswa-siswi yang menggali ilmu dalam pondok pesantren tersebut telah melebihi ratusan ribu. Hal tersebut membuktikan eksistensinya di tengah kemajuan teknologi. Pondok pesantren tersebut juga dipandang berdikari mengurus keuangan. Bukti tersebut terlihat dari beragam kegiatan wirausaha yang dikeolanya.

3. Tebuireng

Pondok pesantren terbaik di Samarinda berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula terkenal menjadi pemrakarsa pendiri NU.  Pesantren tersebut adalah pondok pesantren termegah yang berada tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan juga sudah mencetak alumi ulama terbanyak di Nusantara. Pondok pesantren itu tadinya berlokasi di Desa Tanobato, namun karena musibah banjir, jadi lokasinya dipindahkan.

Perihal yang beda dari pesantren ini yakni anak didiknya menetap dalam tempat berukuran 3×3 meter. Tempatnya bersebrangan satu sama lain di kanan serta kiri jalan. Tempat tersebut terbagi jadi beberapa kompleks serta tiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing tempat bisa mengadakan kegiatan tahunan, baik itu yang sifatnya resmi misal diskusi maupun keterampilan seperti menulis. Hal ini bertujuan mengembangkan karakter juga skill dari santrinya.

Demikian uraian yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Samarinda. Tidak cuma dikenal karena mutu pendidikannya yang berkualitas, pesantren di atas pun kental terkait makna sejarah di Samarinda. Kemudian menjadikannya sebagai pondok pesantren terbaik yang dimiliki Samarinda. Sekarang ayah bunda yang ingin memasukan buah hatinya di pondok pesantren  , Tidak perlu bingung lagi. Mutu pesantren diatas sudah Tak perlu dicemaskan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Samarinda, pondok pesantren terbaik Samarinda, pondok pesantren Samarinda, sekolah islam Samarinda, pondok pesantren terbaik di Samarinda, pondok pesantren di Samarinda bertaraf internasional, pondok pesantren di Samarinda berprestasi, pondok pesantren di Samarinda pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Samarinda