Pesantren Darul Amanah Kendal

Pesantren Darul Amanah Kendal. Keunggulan, Pendaftaran dan Biaya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal. Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan alternatif bagi para orang tua yang menginginkan anaknya memiliki ilmu agama lebih luas. Selain itu, sistem pendidikan di ponpes juga tidak hanya fokus pada agama saja namun juga pendidikan nasional atau umum. Kendal adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak ponpes untuk anda pilih salah satunya ponpes Darul Amanah Kendal.

Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal adalah salah satu ponpes modern unggulan dan terfavorit. Ribuan santri pondok pesantren ini berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia terutama dari Jawa Tengah. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami ingin membahas tentang ponpes unggulan ini secara lengkap.

Adapun beberapa pembahasan kami diantaranya profil ponpes Darul Amanah, keunggulan pesantren, pendidikan yang tersedia dan biaya masuk pondok pesantren. Simak selengkapnya di bawah ini!

Informasi Penting tentang Pesantren Darul Amanah Kendal

Profil Ponpes Darul Amanah Kendal

Pondok pesantren Darul Amanah berdiri tahun 1990 silam. Bisa dibilang ponpes ini sudah cukup matang berkiprah selama puluhan tahun dalam pendidikan pesantren Jawa Tengah. Ponpes ini dipimpin oleh K.H. Mas’ud abdul Qadir yang merupakan salah seorang alumni dari Gontor tahun 1975.

Maka dari itu, aspek dari ponpes ini banyak bernuansa khas Gontor. Bahkan pondok pesantren ini juga sering disebut dengan ponpes alumni Gontor yang ada di Kendal. Baik dari segi disiplin, modern dan juga kurikulum pendidikan yang diterapkan mirip seperti pondok pesantren Gontor. Sehingga tak heran jika pesantren ini menjadi salah satu ponpes favorit di Jawa Tengah.

Pendidikan di Ponpes Darul Amanah

Program pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Darul Amanah Kendal ini menganut sistem pendidikan yang menarik. Sistem tersebut dinamakan TMI yang merupakan suatu sistem pendidikan dengan merujuk pada ponpes Darunnajah Jakarta. Sistem tersebut juga diadopsi dari sistem pendidikan KMI Gontor yang ternama.

Lama masa pendidikan para santri di pondok pesantren ini adalah 6 tahun, yang mana pendidikan diniyyah dan pendidikan formal sudah dijadikan sebagai satu kurikulum pada kelas pagi. Akan tetapi di ponpes modern ini untuk tahun ketiga para santri akan memperoleh ujian UN setara MTs.

Begitu pula pada tahun keenam, para santri akan memperoleh ujian UN setara MA. Dengan artian sistem pendidikan formal disini mengikuti Kemenag. Ponpes ini memiliki akreditasi cukup bagus. Untuk MTs dan juga MA memperoleh akreditasi A, sedangkan untuk SMK memiliki akreditasi B.

Maka dari itu, kurikulum pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Darul Amanah adalah gabungan antara kurikulum dari pemerintah dan kurikulum pesantren. Untuk MA sendiri memiliki jurusan IPS dan IPA, adapun untuk SMK mempunyai jurusan teknik komputer jaringan dan tata busana. Jurusan tersebut bebas dipilih oleh masing-masing santri sesuai minat dan juga bakat mereka.

Menurut pendapat kami program pendidikan tersebut cukup bagus serta mampu mengakomodir para santri di ponpes modern dengan tidak hanya fokus pada satu sisi pendidikan saja melainkan dua aspek pendidikan sekaligus.

Keunggulan Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ponpes Darul Amanah. Misalnya yaitu meskipun termasuk ponpes modern akan tetapi intens terhadap kajian kitab kuning. Di ponpes ini bahkan terdapat kajian amstilati yang artinya cara belajar bagaimana membaca kitab kuning.

Keunggulan yang lain dari pesantren Darul Amanah adalah memiliki program tahfidz Al Quran. Namun sayangnya tidak disertakan berapa target tahfidz Al Quran yang ada di ponpes ini. Selain itu, di pondok pesantren ini juga terdapat tahsin lengkap dengan metode Qiraati.

Pondok pesantren Darul Amanah juga menerapkan pendidikan bahasa  asing meliputi bahasa inggris dan bahasa arab. Umumnya apabila merujuk dengan kurikulum pesantren Gontor, kemampuan berbahasa aktif santri menjadi lebih baik. Terdapat porsi khusus pada waktu pagi untuk memberikan kosakata bahasa. Selain itu, juga ada pelatihan berpidato dan pengembangan kompetensi lainnya.

Khusus untuk santriwati tersedia kegiatan keputrian atau disebut dengan nisaiyah. Kegiatan tersebut berisi pendidikan khusus supaya santriwati bisa menjadi perempuan soleha. Maka dari itu, para santriwati di pondok pesantren ini sangat dijaga dalam hal kepribadian mereka.

Fasilitas Ponpes Darul Amanah Kendal

Fasilitas di ponpes ini cukup standar sama seperti pondok pesantren pada umumnya. Di ponpes ini tersedia laboratorium, lapangan olahraga, perpustakaan dan fasilitas lainnya untuk menunjang kegiatan para santri. Selain itu, laboratorium komputer di ponpes ini juga terkoneksi dengan internet sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih lancar.

Pendaftaran Ponpes PPDB

Untuk pendaftaran calon santri bisa dengan datang ke ponpes secara langsung maupun melalui online. Calon santri pondok pesantren ini maksimal berusia 16 tahun bagi santri MTs dan berusia 19 tahun untuk SMK atau SMA.

Akan tetapi untuk masuk pondok pesantren Darul Amanah Kendal, calon santri harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Antara lain tes Matematika, bahasa Indonesia, tes kesahatan, wawancara dengan wali santri dan calon santri. Selain itu, ada pula ujian praktek baca tulis Quran dan ibadah.

Khusus bagi calon siswa SMK yang mengambil jurusn TKJ harus mempunyai komputer setidaknya intel pentium G3250. Bagi calon santri yang ingin membeli komputer di ponpes ini harus menyediakan biaya Rp 4.000.000 atau bisa membelinya sendiri.

Biaya Masuk Darul Amanah Kendal

Untuk biaya masuk pondok pesantren ini dibagi menjadi 2, yakni santri mukim dan santri lajo. Berikut daftar biaya yang perlu dipersiapkan.

  • MTs Lajo                             Rp 1.570.000
  • MTs Mukim                       Rp 4.620.000
  • MA IPA/IPS Lajo             Rp 1.620.000
  • MA IPA/IPS Mukim       Rp 4.670.000
  • SMK Lajo                             Rp 1.640.000
  • SMK Mukim                       Rp 4.690.000

Adapun biaya SPP yang perlu dibayarkan setiap bulannya yaitu :

  • MTs Lajo                             Rp 50.000
  • MTs Mukim                       Rp 570.000
  • MA IPA/IPS Lajo             Rp 100.000
  • MA IPA/IPS Mukim       Rp 620.000
  • SMK Lajo                             Rp 120.000
  • SMK Mukim                       Rp 640.000

Alamat Lengkap Pondok Pesantren Darul Amanah

Ponpes ini beralamatkan di Jalan Sukorejo – Tersono KM 4, Kabunan, Ds. Ngadiwarno, Kec. Sukorejo, Kab. Kendal. Untuk informasi lebih lengkap anda bisa menghubungi nomor kontak 085728955392 atau kunjungi laman website https://darulamanah.com/wp.

Demikian ulasan mengenai pondok pesantren Darul Amanah Kendal yang bisa anda jadikan sebagai pilihan pesantren terbaik untuk putra-putri anda. Dengan memasukkan anak anda ke pesantren maka mereka menjadi lebih mendalami tentang ilmu agama sebagai bekal hidup di dunia maupun di akhirat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *