14 SD Islam Terbaik di Semarang dengan Sistem Pendidikan Bertaraf Internasional

sd islam semarang

AnakIslam.com – Hajat akan pendidikan sekolah dasar berkualitas di era modern yang serba canggih ini, seperti sudah menjadi keperluan pokok bagi populasi dunia saat ini. Tidak terkecuali tentang sekolah dasar Islam.

Dewasa ini, merawatmembesarkan anak supaya bertumbuh menjadi muslim kaffah perlu diawali dengan sistem penidikan berkualitas semenjak awal. Untuk inilah maka hadir SD Islam terbaik di Semarang.

SD Islam unggulan umumnya memiliki kualitas kegiatan belajar mengajar yang sama dengan SD Internasional. Hal ini tujuannya supaya dapat menciptakan generasi Islami yang mempunyai ilmu pengetahuan tinggi serta bisa ikut berkompetisi di lingkup dunia.

Tak hanya itu,terdapat beragam kelebihan SD Islam yang membedakannya dengan sekolah dasar biasa, bahkan yang unggulan sekalipun. Berikut ini akan diuraikan terkait 8 sekolah dasar Islam yang paling bagus di Semarang:

1. International Islamic School

SD Islam yang umumnya disebut-sebut dengan istilah IIS itu adalah satu dari banyaknya perintis sekolah Islam internasional di Semarang. Pendidikan  ini memiliki visi yang bermutu yakni memaksimalkan kelebihan dan bakat peserta didik sebagai anugerah Alloh guna menghasilkan Islam yang rahmatan lil’alamin.

Selain itu, GIS juga berjanji akan bisa menjadi pendidikan yang memiliki cara pandang dunia.

Agar bisa mensukseskan tujuannya, KBM di GIS dengan landasan pada empatketerampilan, yaitu keterampilan agama Islam, padangan mendunia, kepemimpinan, hingga akademik. Pendidikan yang beralamat di Serpong, Semarang tersebut mempunyai level sekolah mulai dari TK, SD, sampai SMA.

Pada bangunan yang berdiri pada tanah luas serta harmonis ini, kemampuan berbahasa Inggris juga bahasa Arab dipraktekan di sebagian hari yang telah ditetapkan.

Dikarenakan sekolah Islam, GIS memadukan sistem pendidikan Internasional, pemahaman agama Islam yang kontinu, serta tempat pendidikan yang menyenangkan. Bila sudah begitu, maka hasilnya adalah keadaan kegiatan belajar mengajar yang kondusif dan menggairahkan.

Atas dasar itu, ditujukan peserta didik membuat sekolah sebagaimana rumah kedua.

2. SD Islam Nurus Sunah

Sebuah SD Islam yang berada di Jl. Duren Sawit Barat, Semarangyakni SD Islam Nurus Sunah. Mempunyai keistimewaan yang mesti untuk ditinjau. Kurikulum landasannya mengacu Diknas namun digabungkan dengan sistem pendidikan tentang keIslaman contohnya tata kerama, shalat, tahsin dan keterampilan memahami Al Quran.

Sasaran yang mesti dikuasai setiap anak yakni hapalan 2 juz Al Quran.

Kerennya lagi, lembaga ini justru melakukan pendekatan dengan pola beda untuk setiap anak yang mempunyai kecerdasan khas. Atas dasar itu, SD Islam Terbaik di Semarangtersebut bukan hanya mengerjakan pendidikan dalam dalam kelas. Hal itu bertujuan untuk memahami proses berpikir setiap anak.

3. Sekolah Tunas Harapan

Untuk SD Islam terbaik di Semarang, pendidikan ini juga merupakan satu daintara beragam lembaga Islam paling baik di Kota lainnya. Visinya adalah menghasilkan angkatan hebat yang kuat dan berpribadi baik. memiliki keyakinan serta taqwa berkualitas serta etos kerja yang baik hingga|serta|juga} ilmu yang luas.

Atas dasar itu, pendidikan seluas 12 h tersebut membuat 5 prinsip yang diharapkan dapat membawanya menuju visinya. Lima pedoman ini adalah Religius, Mendunia, Ekstensif, Alami, hingga Enterpreuner. Tidak hanya SD, lembaga ini juga mencakup jenjang TK, SMP, serta SMA.

4. Afkaaruna Islamic School Yogyakarta

Sebagai lembaga formal yang ada pada 2016, terobosan lembaga ini haruslah dipertimbangkan. Kelebihan dari Isriati Baiturrohman ialah pengkombinasian kurikulum dunia, yaitu IPC serta Cambridge, dengan kurikulum nasional serta pesantren.

Kurikulum pesantren diaplikasikan untuk kegiatan ibadah harian dan life skill membentuk kebaikan maupun rasa cinta bagi lingkungan.

Sekali tergolong SD Islam terbaik di Semarang, sekolah tersebut tak cuma bergerak pada tingkat sekolah dasar, tapi juga Taman Kanak-Kanak dan SMP. Kerennya, sekolah tersebut memberi penawaran bantuan bernama Afkaaruna Fellowship untuk 30% pelajarnya.Maka, wajar jika jumlah peserta didik di lembaga ini senantiasa bertambah di setiap tingkat sekolah.

Banyak prestasi juga dapat diraih oleh siswanya. Seperti  lomba hafalan Qur’an, membatik, spelling bee, hingga pencak silat. Saat ini, Isriati Baiturrohmantelah dinobatkan menjadi Rintisan Sekolah Unggul oleh Kementrian Agama Indonesia.

5. SD Islam Firdaus Pleburan

SD Islam terbaik di Semarang berikutnya telah berdiri sejak tahun 2010. Konsep yang mencoba diterapkannya bersemboyan ‘Religion and Character Building’ dengan acuan global dan sekolah Islam yang setimbang.

Maksudnya seimbang terkait pembelajaran jiwa, pemikiran, keterampilan serta kecakapan mengatasi persoalan.

Pendidikan tersebut mengedepankan iman taqwa disertai IPTEK. Hal yang lebih keren yakni SD Islam Mambaul Ula ini cenderung mengedepankan pembelajaran aktiv. Jadi, konsep belajarnya dapat memancing siswa supaya menjadi aktif.

6. Sekolah Alam Ar Ridho

Selaku SD Islam Terbaik di Semarang, SD Islam Bandungan memiliki Kurtilas. Berikutnya supaya bisa memaksimalkan proses belajar mengajar, lembaga tersebut pun memakai kurikulum berasal dari Amerika, Arab Saudi serta Australia. Peserta didik akan juga dibawa supaya menyelami beragam hal menyenangkan seperti field trip, outing, dan lomba dalam sekolah.

Tujuannya agar siswa-siswi menjadi penuh gairah ketika bersekolah. Tak hanya itu, ajaran agama pada sekolah ini sangat tinggi dibanding dengan lainnya. Kerennya yakni lembaga tersebut memakai komunikasi mancanegara untuk bahasa sehari-hari.

7. SD Islam Terpadu Darul Athfal Semarang

Alamat  lembaga ini berada di Jalan Padat Karya II – Pondok Kelapa, Duren Sawit. Berdasdarkan pendidikan, sebenarnya SDIT Darul Ma’arif amat berkualitas, apalagi setiap rombel cuma berjumlah dua puluh siswa. Sistem pendidikannya pun dikombinasikan antara kurikulum nasional dan  internasional, terutama bahasa Inggris.

Untuk programnya sendiri terdiri dari hapalan quran, ekstrakurikuler serta juga penelusuran minat dan bakat. Tahfidz quran yang dimaksud di sini yakni siswa dibiasakan untuk hapal setidaknya dua Al- Quran termasuk hadits juga doa-doa sehari-hari.

Kerennya SDIT ini telah mengantongi akreditasi A sehingga baik bagi tingkatan SD.

8. SD Islam Terpadu Citra Az zahra

SD Islam terbaik di Semarang terakhir yang penulis sarankan SDIT Fajrul Islam Betul secara luas memang tidak lebih luas dibanding yang lainnya. Meskipun begitu, sistem pendidikan yang dipakai adalah sistem pendidikan dari Pemerintah yang digabungkan dengankurikulum dari Nurul Iman Pondok Bambu tersebut.

Kemudian perihal tahsin sertahapalan, lembaga ini memakai metode Wafa dengan target sekitar 2 juz. Isi rombelnya sejumlah 25 siswa, dengan program yang wajib diikuti adalah panahan serta beenang.

Hal tersebut disebabkan panahan adalah ajaran dari Nabi Muhammad yang dapat dibiasakan tiap harinya.

9. Kuttab Al Fatih Semarang

Memang sebenarnya  lembaga pendidikan yang ini bukanlah SD formal, tapi jenjang pedidikannya sama dengan SD. Kuttab Al Fatih didirikan untuk anak didik yang ingin mendapatkan porsi pendidikan Islam lebih dini dengan kurikulum khusus, jadi tidak mengikuti diknas bukan depag.

Di setiap materi ada modul-modul khusus, misalnya untuk modul alam, maka setiap siswa akan belajar beberapa tahap, mulai dari permukaan bumi, mahluk hidup, tentang musim, tata surya. Jadi memang cara pendidikannya memang sangat menarik sekali.

Pembelajarannya juga disesuaikan dengan tema-tema keislaman. Bahkan siswa terlihat senang dengan suasana yang tidak terlalu formal. Bajunya bebas, mirip sekolah alam. Tahfidz dan lain sebagainya sudah menjadi menu wajib (7 juz hafal). Fokusnya adalah kurikulum iman dan Al Quran. Ijazah siswa adalah paket A.

Untuk biayanya sekitar 7 juta. Sedangkan untuk biaya bulanannya sebesar 7 dirham. Alamatnya di Mangunharjo, Tembalang

10. SD Nasima

Nama lengkapnya adalah  Yayasan Pendidikan Islam Nasima. Orang biasa menyebut dengan mudah Sekolah Nasima yang beralamat di Jl. Puspanjolo Selatan 53. Menariknya sekolah ini memiliki identitas berbeda dengan sekolah Islam pada umumnya.

Penekanan pembelajarannya lebih banyak pada bidang eksakta yang kuat. Selain itu juga multibahasa telah menjadi identitas dari sekolah Nasima. Maka tidak aneh jika sekolah ini secara akademis memiliki akreditasi A. maka tidak berlebihan jika kami memasukkan sekolah ini sebagai salahsatu SD Islam terbaik di Semarang.

Dengan karakter sekolah yang nasionalis agamis menjadikan sekolah Nasima ini mampu mendorong anak didiknya untuk mendapatkan prestasi di berbagai kejuaraan. Diantaranya banaknya predikat juara yang paling membanggakan adalah meraih juara nasional budaya mutu. Tentu secara fasilitas SD ini sangat luar biasa, jadi tidak heran jika menjadi salah satu pilihan pendidikan yang diidamkan para orang tua.

11. SD Islam Bandungan

Jika Anda ingin buah hati Anda mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan biaya yang relative terjangkau, maka SD Islam Bandungan bisa menjadi referensinya. Dengan biaya pendidikan yang tidak selangit seperti SD berkualitas yang lainnya, SD yang beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Bandungan ini memiliki biaya masuk sekitar 6 jutaan.

Selain itu SD ini memiliki prestasi yang cukup banyak, diantaranya telah terakreditasi A, pernah juara hafalan juz 30 tingkat Semarang pada tahun 2010, juara 1 siswa teladan putri tingkat semarang pada tahun 2011.

Yang menjadi nilai lebih SD ini adalah kurikulum keislamannya cukup baik, misalnya dengan adanya Tahfidz Quran dan pembiasaan shalat dan lain-lain dilaksanakan dengan baik.  Hanya saja dalam fasilitas tidak sesuai harganya maka tidak semewah seperti sekolah-sekolah yang biaya masuknya mencapai belasan hingga puluhan juta.

12. SD Islam Hidayatullah

SD Islam Hidayatullah Semarang merupakan sekolah yang diselenggarakan oleh Yayasan Abul Yatama Semarang melalui Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah, yang memiliki tujuan memadukan iman dan kecerdasan dalam menetak para anak didiknya.

Yang spesial dari SD Hidayatullah ini adalah adanya program khusus, yaitu Immersion ke luar negeri. Ditambah lagi adanya program khusus olimpiade atau lomba tingkat nasional, yang tidak semua sekolah bisa melakukannya. Memang secara prestasi, SD Islam Hidayatullah sudah menjadi langganan finalis tingkat kota semarang.

Point lebih lainnya dari SD Hidayatullah adalah untuk penanaman aqidah dan pembelajaran agama Islamnya yang diterapkan melalui praktik keseharian. Seperti pembelajaran shalat, baca Al Quran dan lain sebagainya dimana sekolah ini sangat unggul untuk hal itu.

Sebagai salahsatu SD Islam terbaik di Semarang SD ini menetapkan biaya sekitar 21 juta untuk biaya masuknya dan mematok biaya bulanan sebesar 1,1 juta untuk setiap siswanya.

13. SD Isriati Baiturrahman

SD Islam yang letaknya di pusat kota semarang adalah SD Isriati Baiturrahman, tepatnay di Jalan Pandanaran atau di belakang Masjid Baiturrahman Simpang Lima.

Kelebihan sekolah ini adalah memiliki pembekalan nilai Islam yang yang cukup baik, diantaranya dengan adanya program tahfidz juz 30, pembiasaan budaya Islam di keseharian, praktik shalat dan kegiatan islami lainnya.

Adapun kurikulumnya juga terbilang unik, karena memadukan kurikulum khas Baiturrahman dengan muatan Cambridge, terutama untuk materi pembelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Science.

Dengan kelebihan diatas, maka wajar jika kami memasukkan sekolah ini dalam kategori SD Islam terbaik di Semarang. Tentu dengan berbagai kelebihan tersebut maka wajar jika akhirnya sekolah ini memberlakukan biaya pendaftaran sebesar sekitar 11 juta dan menetapkan uang bulananya sebesar 900 ribu.

14. SD Darul Quran

SD Darul Quran yang oleh penduduk sekitar sering disebut sesuai akronimnya, Daqu, adalah sekolah yang terafiliasi dengan Darul Quran milik Ust. Yusuf Mansur. Alamatnya di Jl. Pahlawan No. 153 (Gergaji Pelem). SD ini usia belum lama, karena namanya sudah dikenal, maka cepat menjadi salah satu SD favorit pendidikan di Semarang.

Dari namanya sudah jelas jika SD Islam ini memiliki fokus utama pada aspek tahfidz Quran. Sehingga pembelajaran Quran berjalan intensif di sekolah ini. Maka wajar jika untuk jenjang SD, siswa memiliki tugas menghafal hingga 3 juz. Jumlah ini tergolong banyak dibandingkan SD lain yang hanya satu atau dua juz.

Kelebihan lainnya yang ada di SD Daqu ini adalah dibatasinya jumlah siswa hanya sedikit dalam satu kelas. Kira-kira maksimal hanya bisa 20 siswa. Sejak dini di sekolah ini siswa juga dilatih untuk berpuasa Senin dan Kamis, juga ada praktik beberapa kewajiban ibadah lainnya.

Bagi kami SD Daqu ini juga pantas menjadi salah satu SD Islam terbaik di Semarang. Sebagai informasi untuk biaya masuk ke SD ini biayanya sekitar 18 juta, sedangkan untuk biaya bulanan sekitar satu jutaan.

 

Demikian, itulah pembahasan 14 SD Islam terbaik di Semarang. Sebetulnya, masih ada sejumlah SD Islam terbaik lainnya yang ada di Semarang.

Hal yang paling urgent mengenai semuanya yakni minimal zaman ini setiap orang tua bisa dengan mudah membandingkan info masing-masing SD Islami terpopuler.

Sehingga, para orang tua bisa mendapatkan gambaran pendidikan terbaik bagi anak-anaknya.

Memilih SD Islam terbaik makin gampang serta mengasikan sebab media telekomunikasi telah maju dengan sangat baik. Setiap ramanda diharpkan untuk mengakses informasi dengan bijaksana.

Ayo pilih pendidikan Islam paling berkualitas berdasarkan relung hati sendiri, entah yang tingkat nasional maupun global yang menyenangkan buat anak-anak.

 

 

Kata kunci: sekolah dasar islam terbaik Semarang, sd islam terbaik Semarang, sd islam Semarang, sekolah islam Semarang, sd islam terbaik di Semarang, sd islam di Semarang bertaraf internasional, sd islam di Semarang berprestasi, sd islam di Semarang pilihan orang tua, sd islam unggulan di Semarang

You May Also Like

About the Author: admin