Pondok Pesantren Terbaik di Palangkaraya Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

pondok pesantren palangkaraya

Pesantren  yaitu sarana pendidikan Islami yang banyak ada di Palangkaraya. Meski sering kali dtersebutlai kuno, kaku, maupun radikal, nyatanya Tidak sedikit orang tua mendaftarkan anaknya ke pesantren  . Tidak cuma menggali ilmu mempelajari dan religi, pesantren  membantu murid mencetak karakter hingga keterampilan bergaul. Seperti kentalnya kebiasaan pondok pesantren di tempat ini, berikut beragam pesantren terbaik di Palangkaraya, antara lain:

1. Modern Darussalam

Ketika menguraikan tentang pondok pesantren  terbaik di Palangkaraya, rasanya pesantren satu ini tidak bisa luput diuraikan. Pesantren Modern Darussalam mulai didirikan di Palangkaraya di tanggal 20 September 1926 diinisaiasi tiga orang anak Kyai Santoso Anom, seorang pemimpin Pesantren Gontor Lama. Lembaga pendidikan tersebut mempunyai 4 dasar motto, yaitu berprikebadian tinggi, berbadan fit, berpengetahuan banyak, dan berpikiran bebas.

Modern Darussalam dapat disebut sebagai pelopor pondok pesantren modern Palangkaraya yang pertamanya diikrarkan di India. Pondok tersebut pula populer pun populer tentang disiplinnya juga penekanan terhadap pelajaran bahasa asing, seperti Inggris serta Arab. Selain itu, pesantren ini dinilai sebagai tulang punggung masyarakat Muslim Palangkaraya karena jasanya dalam mencetuskan banyak pemimpin Islam tanah air.

2. Sidogiri

Pesantren Sunan Ampel terletak di Desa Sidogiri Palangkaraya. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah sebagai kepercayaan yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih jadi hutan lebat. Memerlukan antara 40 hari prosesnya untuk menebang habis hutan tersebut kemudian membuat pesantren setelahnya.

Sayyid memilih Sunan Drajat dengan alasan tanahnya dipandang bagus juga dapat mendatangkan berkah. Selaku pondok pesantren tua di Indonesia, pondok pesantren tersebut tetap eksis serta selalu tumbuh. Tak cuma itu, pesantren ini komit mempertahankan sistem edukasi aslinya.

Hingga sekarang, jumlah murid yang menuntut ilmu di pondok pesantren ini telah lebih dari puluhan ribu. Hal ini menunjukan eksistensinya di era kemajuan zaman. Pondok pesantren tersebut pun dinilai berdikari mengelola keuangan. Aktivitas tersebut terlihat dari banyaknya program bisnis yang dikeolanya.

3. Tebuireng

Pesantren terbaik di Palangkaraya berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pula tersohor sebagai pencetus pendirian NU.  Pondok pesantren tersebut merupakan pesantren tertua yang ada sejak tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan telah mencetak lulusan kiyai banyak di tanah air. Pondok pesantren itu awalnya berlokasi di Desa Tanobato, namun dikarenakan musibah bandang, jadi letaknya berpindah.

Hal yang lalin dari pondok pesantren ini adalah santrinya tinggal dalam pondok seluas 3×3 meter. Tempatnya bersebelahan satu sama lain pada kanan dan kiri jalan. Pondok ini dibagi jadi beberapa kompleks dan juga setiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing tempat dapat mengadakan kegiatan tahunan, entah itu yang berkategori resmi misal rapat ataupun keterampilan seperti menulis. Hal ini maksudnya untuk meningkatkan karakter juga skill dari siswa-siswinya.

Itulah review yang menjelaskan pesantren terbaik di Palangkaraya. Tak hanya terkenal oleh kualitas edukasinya yang bagus, pesantren di atas juga memiliki hubungan terkait nilai sejarah di Palangkaraya. Lalu mengantarkannya jadi pesantren terbaik yang dimiliki Palangkaraya. Sekarang orang tua yang mau mendaftarkan anaknya di pondok pesantren  , Tak usah kebingungan lagi. Kualitas pesantren ini sudah Tak perlu dicemaskan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Palangkaraya, pondok pesantren terbaik Palangkaraya, pondok pesantren Palangkaraya, sekolah islam Palangkaraya, pondok pesantren terbaik di Palangkaraya, pondok pesantren di Palangkaraya bertaraf internasional, pondok pesantren di Palangkaraya berprestasi, pondok pesantren di Palangkaraya pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Palangkaraya

You May Also Like

About the Author: admin