Pesantren An Nuqthah Tangerang

Pesantren An Nuqthah Tangerang. Pendidikan, Fasilitas dan Biaya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren An Nuqthah Tangerang. Banyaknya ponpes atau pondok pesantren yang tersebar luas diberbagai kota di negara Indonesia pastinya menjadikan banyak orangtua merasa bingung untuk memilih salah satunya. Akan tetapi sebenarnya semua pondok pesantren memiliki banyak kesamaan terkait sistem belajar mengajar yang diterapkan.

Kebanyakan setiap pondok pesantren akan membekali para santriwan dan santriwati mereka dengan ilmu agama misalnya menghafal Al Quran. Tidak lupa kurikulum belajar yang diberikan mirip seperti pendidikan formal seperti biasanya supaya para santri tetap memperoleh ilmu yang sangat seimbang antara pendidikan formal dengan pendidikan agama.

Apabila anda adalah warga yang bertempat tinggal di kota Tangerang serta ingin mendaftaran putra putri anda menjadi seorang santri, maka Pesantren An Nuqthah Tangerang bisa menjadi jawabannya. Ponpes ini berhasil menyedot perhatian para masyarakat luas. Terlebih karena bisa berkembang dengan pesat. Ponpes modern ini mempunyai sistem pendidikan yang menarik.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai Pondok Pesantren An Nuqthah Tangerang yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin memasukkan anak anda ke pesantren.

Informasi Lengkap tentang Pesantren An Nuqthah Tangerang

Sekilas Tentang Pesantren An Nuqthah

Ponpes An Nuqthah Tangerang memiliki arti sebuah titik. Yang mana juga memiliki arti sebagai awalan sebuah langkah yang besar maupun penanda dari perubahan besar. Ponpes ini didirikan oleh Kyai Zuhri yang merupakan seorang alumni dari pesantren Darul Qalam.

Pesantren ini mengusung gaya modern dengan busana yang resmi dan serba rapi. Bisa dibilang bahwa pesantren ini cocok di area perkotaan sehingga jumlah santri yang masuk dalam pondok pesantren ini sudah melebihi jumlah 600 santri. Di pesantren An Nuqthah Tangerang terdapat pendidikan formal untuk jenjang menengan atas dan juga jenjang menengah pertama.

Pendidikan di Ponpes An Nuqthah Tangerang

Melalui beranda resmi website ponpes ini terdapat 5 pendidikan formal. Yang pertama yaitu jenjang SMP yang merupakan jenjang dasar bagi ponpes. Sedangkan jenjang selanjutnya yaitu SMA yang dibagi dalam dua jenis yakni SMA Islam IPA Ekstensi dan IPS Ekstensi.

Adapun jenjang selanjutnya yaitu SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang sekarang ini juga banyak tersedia di berbagai ponpes sebab memiliki jenjang dunia kerja yang tinggi. Jurusan SMA Pesantren An Nuqthah adalah multimedia dan akuntansi yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat masing-masing anak.

Menurut pendapat kami kedua jurusan tersebut adalah keperluan terutama di era modern saat ini. Akutansi diperlukan di seluruh perusahaan, sementara multimedia diperlukan untuk kepentingan publikasi semua eleman media, pondok pesantren dan lembaga.

Model sistem pendidikannya yaitu sekolah Islam terpadu yang mana pendidikan formal adalah salah satu unsur yang cukup ditekankan. Maka dari itu, antara pengetahuan umum dan juga pesantren berjalan secara seimbang. Terlebih pada pesantren ini juga diterapkan sistem IT dengan basis Q system untuk kemajuan ponpes.

Fasilitas Pondok Pesantren An Nuqthah Tangerang

Fasilitas yang tersedia di ponpes An Nuqthah cukup representatif. Berbagai gedungnya juga dibangun secara bertingkat bahkan pada masing-masing kelas tersedia satu bangku khusus dipakai satu santri. Adapun jumlah santri pada masing-masing kelas tidak terlalu banyak sekitar 20 santri saja. Tatanan berbagai bangunan serta tumbuh-tumbuhan sangat dinamis. Bahkan tersedia gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai serta untuk tempat belajar para santri. Untuk mengetahui fasilitas yang lebih lengkap maka anda dapat melihat di laman resmi pondok pesantren An Nuqthah.

Ekstrakulikuler di Ponpes An Nuqthah Tangerang

Ponpes ini memberikan kebebasan bagi para santri untuk mengikuti berbagai aktivitas ekstrakulikuler yang terdapat di pondok pesantren. Kegiatan eksta ini cukup seimbang antara akademik serta non akademik. Di bawah ini beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang tersedia di pondok pesantren untuk dipilih para santri :

  • Robotik, cyber, jurnalistik dan fotografi
  • Voly, sinematik, silat cingkrik, memanah
  • Sepak bola, bulu tangkis, karate, tapak suci, futsal
  • Marawis, hadroh, angklung
  • Qiroatul Quran, Kaligrafi, pasus pramukan, paskibra
  • Paduan suara, drumband, tahfidzul Quran, musik modern

Pendaftaran Pondok Pesantren

Pendaftaran ponpes An Nuqthah Tangerang dapat dilakukan secara online, anda dapat mengunjungi link resmi yang akan kami serta pada ulasan di bawah. Untuk pendaftaran ponpes ini anda perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 200.000. Apabila putra-putri anda sudah dinyatakan diterima, anda perlu mengurus biaya masuk setidaknya 50% dari keseluruhan biaya yang ditekankan.

Biaya Masuk Ponpes An Nuqthah Tangerang

Biaya masuk ponpes An Nuqthah untuk jenjang SMP adalah Rp 9.200.000, adapun  untuk jenjang SMA dan SMA sebesar Rp 9.250.000. Biaya masuk ini tidak memiliki perbedaan antara santriwan dan santriwati. Untuk biaya pendaftaran pun juga sama.

Perkiraan biaya ini ditujukan untuk tahun ajaran 2021 – 2022. Apabila anda melihat beberapa tahun kemudian mungkin akan ada perubahan yang bisa jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Adapun untuk biaya SPP yang perlu dibayarkan setiap bulannya yakni Rp 900.000 untuk jenjang SMP dan Rp 950.000 untuk jenjang SMK dan SMA.

Menurut kami kisaran biaya di atas cukup standar karena fasilitas yang diberikan untuk para santri sangat memadai. Disamping itu, ponpes ini juga menawarkan banyak ekstrakulikuler yang tentunya memerlukan biaya banyak untuk pengelolaannya. Maka dari itu, biaya tersebut masih terbilang wajar untuk perkembangan potensi putra dan putri anda.

Alamat Lengkap Ponpes An Nuqthah Tangerang

Alamat lengkap pondok pesantren ini terletak di Jalan Rasuna Said, Ds. Cipete, Kec. Pinang, Kab. Tangerang. Alamat ponpes ini bisa anda lihat melalui link Google Maps untuk mempermudah anda dalam menemukan lokasi pastinya. Sedangkan apabila ingin berkomunikasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi nomor kontak di 021 59729762.

Info yang lebih valid, lengkap dan detailnya dapat mengunjungi laman resminya di alamat https://an-nuqthah.com/. Di laman ini anda bisa menemukan berbagai informasi yang mungkin akan membantu anda dalam mengetahui profil ponpes yang akan anda pilih untuk putra putri anda.

Demikian ulasan mengenai Pesantren An Nuqthah Tangerang yang bisa menjadi salah satu referensi ponpes terbaik untuk anak anda. Sistem pendidikan yang diterapkan di ponpes ini adalah konsep modern sehingga cukup seimbang antara pendidikan formal dan pendidikan agama. Tentunya ini sangat tepat untuk tumbuh kembang anak anda yang tidak akan ketinggalan ilmu umum serta ilmu agama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *