Pondok Pesantren Terbaik di Mojokerto Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

pondok pesantren mojokerto

Pesantren  adalah sarana pendidikan Islami yang banyak terdapat di Mojokerto. Walaupun sering kali dipanhinggag kuno, kaku, bahkan subversif, faktanya banyak orangtua mengirimkan buah hatinya ke pondok pesantren  . Tak cuma menggali ilmu mendaras hingga ilmu agama, pondok pesantren  membantu anak didik mencetak karakter hingga kemampuan bergaul. Mengingat kentalnya adat pesantren di sini, ini beragam pondok pesantren terbaik di Mojokerto, antara lain:

1. Al Fatah

Jika membahas terkait pondok pesantren  berkualitas di Mojokerto, sepertinya pondok pesantren ini tidak bisa lepas dibicarakan. Pesantren Al Fatah ada di Mojokerto pada tanggal 20 September 1926 ditersebutsaiasi tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yakni pemimpin Pesantren Gontor Lama. Yayasan ini memiliki 4 buah pegangan, yakni berakhlak tinggi, berbadan kuat, berilmu luas, dan juga berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat dikatakan sebagai pelopor pesantren maju Mojokerto yang pertama kalinya dicetuskan di India. Pondok pesantren ini pula tersohor juga tersohor tentang disiplinnya juga penekanannya tentang mapel bahasa mancanegara, contohnya Inggris dan juga Arab. Selain itu, pesantren tersebut dinilai jadi tulang punggung masyarakat Islam Mojokerto dikarenakan perannya dalam mencetak beragam pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Ampel

Pesantren Sunan Ampel berlokasi di Desa Sidogiri Mojokerto. Dicetuskan oleh Sayyid Sulaiman dengan Kiai Aminullah sebagai asisten yang membantunya. Ketika itu, Sidogiri masih jadi hutan lebat. Perlu sekitar empat puluh hari prosesnya untuk tebang semua pepohonan itu kemudian mendirikan pondok pesantren setelahnya.

Sayyid menentukan Sunan Ampel dengan sebab tanahnya dipandang bagus juga bisa membawa keberkahan. Sebagai pondok pesantren senior di nusantara, pondok pesantren tersebut tetap eksis serta selalu bertumbuh. Tidak cuma itu, pondok pesantren ini komit menegakkan kurikulum edukasi aslinya.

Hingga saat ini, total peserta didik yang menimba ilmu di pondok pesantren ini telah melebihi ratusan ribu. Hal tersebut membuktikan keberadaannya di era perkembangan teknologi. Pondok pesantren ini juga dipandang mandiri mengurus keuangan. Bukti itu terbukti dari aneka usaha bisnis yang dijalankannya.

3. Tebuireng

Pondok pesantren terbaik di Mojokerto selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang juga tersohor menjadi pemrakarsa pembentukan Nahdlatul Ulama.  Pondok pesantren tersebut merupakan pondok pesantren termegah yang ada sejak tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, hingga telah menghasilkan lulusan ulama banyak di Indonesia. Pesantren itu semula berlokasi di Desa Tanobato, tapi karena bencana banjir, maka alamatnya dipindahkan.

Hal yang beda dari pondok pesantren tersebut adalah peserta didiknya tinggal dalam pondok seluas 3×3 m. Tempatnya bersebelahan satu dengan lainnya di kanan dan juga kiri jalan. Tempat tersebut dibagi jadi beberapa kompleks serta tiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing gubuk dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan, baik itu yang sifatnya resmi seperti diskusi ataupun keterampilan contoh menulis. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kepribadian serta keterampilan dari anak didiknya.

Demikian review yang membahas pondok pesantren terbaik di Mojokerto. Tak cuma terkenal dengan mutu pendidikannya yang baik, pondok pesantren itu pun kental terkait nilai sejarah di Mojokerto. Lalu membuatnya jadi pesantren terbaik yang dimiliki Mojokerto. Kini ayah bunda yang ingin memasukan anaknya ke pondok pesantren  , Tak perlu bingung lagi. Mutu pondok pesantren tersebut sudah Tidak usah dikhawatirkan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Mojokerto, pondok pesantren terbaik Mojokerto, pondok pesantren Mojokerto, sekolah islam Mojokerto, pondok pesantren terbaik di Mojokerto, pondok pesantren di Mojokerto bertaraf internasional, pondok pesantren di Mojokerto berprestasi, pondok pesantren di Mojokerto pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Mojokerto

You May Also Like

About the Author: admin