Pesantren Selamat Kendal

Pesantren Selamat Kendal. Sejarah, Keunggulan dan Biaya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Selamat Kendal. Kendal merupakan wilayah metropolitan yang ada di Jawa Tengah. Kendal sendiri masih berada dalam satu area Kedungsapur yang merupakan kota metropolitan ke empat di Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika daftar nama ponpes di kabupaten ini cukup banyak sehingga bisa menjadi alternatif pencegahan masuknya budaya metropolitan yang dianggap kurang baik.

Pondok pesantren yang ada di Jateng terutama Kendal didirikan untuk membangun generasi muda yang berjiwa sosial, mandiri dan bersifat Qurani. Oleh karena itu, mayoritas lembaganya menerapkan kurikulum tahfidz Al Quran serta pengembangan Ulumul Quran. Bagi anda yang bertempat tinggal di kabupaten Kendal serta ingin mencari ponpes bermutu maka Pesantren Selamat Kendal bisa menjadi jawaban yang tepat.

Ponpes Selamat Kendal adalah salah satu ponpes paling besar yang ada di kawasan Jawa Tengah. Berdiri dengan luas tanah 18 hektar menjadikan ponpes modern ini nampak sangat luas. Maka dari itu, ponpes ini sangat layak untuk membantu tumbuh kembang putra-putri anda dengan ilmu agama dan ilmu umum yang luas.

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih lanjut mengenai pondok pesantren Selamat di Kendal yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika anda ingin memasukkan anak anda ke pesantren.

Informasi Penting tentang Pesantren Selamat Kendal

Sejarah Pesantren Selamat Kendal

Ponpes Selamat berdiri pada tahun 1992 dengan pendiri bernama H. Slamet Soemadyo. Ponpes ini sudah berkiprah dalam dunia pesantren selama puluhan tahun di bawah yayasan Selamat Rahayu. Apabila anda melintasi pantura, tentu anda akan melihat ponpes besar di selatan jalan yang merupakan ponpes Selamat Kendal.

Pesantren Selamat mempunyai model pondok pesantren modern dan lebih mengarah pada sistem islamic boarding school yang mana mengedepankan pendidikan formal dengan pembinaan intensif dari aspek sains.

Sampai tulisan ini dibuat, ponpes ini sudah mempunyai santri SMP hingga mahasiswa dengan jumlah 5 ribuan. Pastinya ini merupakan jumlah yang lumayan besar bagi pesantren yang ada di wilayah Jateng. Ponpes ini tersedia untuk santriwan dan santriwati di seluruh wilayah Indonesia.

Pendidikan di Ponpes Selamat Kendal

Adapun pendidikan yang ada di ponpes ini ada 4 yakni smk serta SMA. Lalu ada pula SMP serta SMA unggulan. Masing-masing jenjang sudah mengantongi akreditasi A yang artinya sudah memenuhi standard nasional dengan baik.

Adapun model di ponpes ini pada sistem unggulannya yaitu pembinaan bakat bidang IPS, IPA dan juga Matematika. Dengan demikian, terdapat model-model ponpes sains dan bahkan ada pula pembinaan santri yang dinamakan duta olimpiade.

Disamping itu, di kelas pesantren ini juga terdapat muatan lokal yang diajarkan meliputi Fiqh, Aqidah, Tarikh, Hadist, Akhlaq, Nahwu dan Shorf. Akan tetapi tidak seperti pembelajaran pada pesantren yang menggunakan kitab kuning hingga alfiah. Kombinasi tersebut membuat pondok pesantren Selamat Kendal menjadi ponpes modern tujuan para masyarakat.

Tersedia pula beberapa kajian yang dilaksanakan diluar kelas untuk membahas sejumlah kitab. Misalnya kajian Taqrib, Safinatunnajah, Bulughul Maram, Mukhadarul Hadits, Mabadiul Fiqh. Beberapa kitab tersebut memperoleh porsi seimbang untuk dikaji lebih dalam.

Aktivitas Harian Para Santri Pondok Pesantren Selamat

Untuk memahami lebih jauh mengenai kualitas dari pesantren, dapat dilihat dari aktivitas harian. Di ponpes ini kegiatan rutin dilaksanakan mulai pukul 03:45 untuk bersiap melaksanakan sholat shubuh. Para santri diharapkan merapikan kamar serta bersih-bersih sampai pukul 05:40. Kemudian setelahnya terdapat perwalian dari kamar masing-masing.

Sistem pembelajaran di pondok pesantren berjalan cukup lama. Mulai dari pukul 05:50 sampai 14:50. Ada jeda waktu untuk makan siang dan ishoma. Setelah itu, pada sore hari diisi dengan sholat serta tadarus di masjid sampai pukul 16:00. Kemudian akan ada ekstra bagi masing-masing santri sesuai yang mereka pilih.

Sebelum sholat magrib terdapat kajian agama maupun membaca Al Quran. Kemudian selepas magrib sampai isya’ digunakan untuk waktu ishoma. Pada malam hari sesudah sholat isya’ akan diberikan kajian agama kembali sampai pukul 20:00. Kemudian setelah itu diberikan bimbingan belajar sampai pukul 21:00.

Jika dilihat, yang lebih dominan di ponpes ini yaitu pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan kajian mempunyai porsi sekitar satu jam.

Keunggulan Pondok Pesantren Modern

Menurut pendapat kami terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pondok pesantren ini, antara lain ponpes ini memberikan bekal ilmu di masyarakat. Para santri diajari untuk berpidato, menjadi qari dan memimpin tahlil.

Lalu ada pula bekal untuk menghafal Quran setidaknya 3 juz. Ini tentu jumlah hafalan yang cukup. Selain itu, terdapat pendidikan bahasa inggris serta bahasa arab sebagai identitas ponpes. Dengan demikian, para santri bisa berkomunikasi secara lancar di dunia global.

Keunggulan lainnya yaitu keikutsertaan pada lomba yang sangat aktif. Pesantren Selamat Kendal terlihat sering turut serta dalam berbagai lomba. Serta beberapa kali mendapatkan juara misalnya pramuka, baca puisi, karate dan lomba silat. Bisa dibilang pada bidang non akademik mempunyai prestasi yang cukup dominan.

Fasilitas Ponpes Selamat Kendal

Fasilitas utama dari ponpes Kendal ini yaitu berdiri di tanah yang luas mencapai 18 hektar. Dengan demikian, gerak para santri akan lebih leluasa. Berbagai gedung misalnya asrama, masjid aula dan sebagainya cukup representatif.

Sementara untuk kamar, ponpes ini menyediakan ranjang bertingkat. Tersedia ranjang berisi 4 santri maupun 8 santri. Untuk kelasnya sendiri menggunakan fasilitas bangku kayu. Fasilitas yang tersedia di ponpes ini tergolong standard.

Pendaftaran serta Biaya Masuk

Cara mendaftar santri baru bisa melalui online maupun datang langsung ke ponpes. Biaya pendaftarannya adalah Rp 250.000. Sedangkan untuk biata masuk ponpes adalah Rp 10.550.000 untuk jenjang SMP dan Rp 10.750.000 untuk jenjang SMA. Adapun untuk biaya SPP per bulan adalah 1.000.000 dengan tambahan biaya lain Rp 150.000 per semester.

Alamat Ponpes Selamat Kendal

Pondok pesantren ini terletak di Jalan Soekarno Hatta, Patebon, Kendal. Apabila anda ingin menanyakan informasi lebih lanjut maka anda dapat menghubungi nomor kontak 0294 381857.

Demikian ulasan mengenai pondok pesantren Selamat Kendal yang bisa menjadi salah satu alternatif pesantren untuk putra-putri anda khususnya yang berdomisi di sekitaran Kendal. Ponpes Kendal yang satu ini memiliki akreditasi A sehingga anak bisa menempuh pendidikan agama maupun pendidikan umum yang lebih luas ketika berhasil menyelesaikan studi dari semua jenjang tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *