Ponpes Zam Zam Cilongok Banyumas. Pendidikan, Fasilitas dan Biaya

Pesantren Zam zam Cilongok Banyumas

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Modern Zam Zam Cilongok Banyumas. Begitu mendengar istilah Cilongok, tentu yang terbayang di benak kita adalah sebuah ponpes yang hampir semua warga di Tangerang sudah mengetahuinya. Istilah Cilongok ini juga identik dengan pengajian pekanan yang sangat meledak, Karomah Abah Uci yang sangat tersohor dan haul Syekh Abdul Qadir Aljailani yang sangat bersedak-sedakan.

Berbicara mengenai pesantren Cilongok pastinya kita semua sudah mengetahui bahwa trend pesantren saat ini sedang berkembang. Banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di pondok pesantren agar mereka mempunyai pegangan ilmu agama yang lebih kuat. Namun demikian, mereka juga tidak boleh ketinggalan ilmu umum yang juga diperlukan sebagai bekal mereka di masa depan.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai Cilongok Banyumas Zamzam yang mungkin sedang anda cari-cari sebagai tempat mengemban pendidikan putra putri kesayangan anda.

Ponpes zam zam cilongok banyumasmempunyai nama asli Pondok Zamzam Muhammadiyah. Akan tetapi, seperti beberapa pesantren pada umumnya, ponpes ini lebih dikenal dengan sebutan nama daerah. Pondok pesantren ini bisa terbilang cukup mashur serta mempunyai banyak santriwan dan santriwati dari berbagai daerah diluar Banyumas.

Bagi anda yang penasaran dengan pondok pesantren yang ada di Banyumas ini maka pastikan anda menyimak penjelasan kami sampai akhir. Ulasan ini kami dapatkan berdasarkan informasi dari laman resmi serta brosur Ponpes zam zam cilongok banyumas.

Informasi Penting tentang Ponpes Zam Zam Cilongok Banyumas

Ponpes zam zam cilongok banyumas

Ponpes Cilongok Banyumas awalnya merupakan cita-cita dari salah seorang pengusaha beragama Muslim bernama Haji Casiwan HS. Lalu pada tahun 2008 diwujudkan sebuah pesantren dan berkembang sampai saat ini dengan jumlah santri melebihi 1.300 baik santriwan maupun santriwati.

Pondok pesantren ini menginduk pada perserikatan Muhammadiyah sehingga mempunyai ciri khas mirip seperti boarding school Muhammadiyah yang lain. Sistem pendidikan di pondok pesantren ini adalah pendidikan formal yang diiringi dengan kehidupan pesantren selama 24 jam.

Pendidikan di Ponpes Cilongok Banyumas Zam zam

Ponpes zam zam cilongok banyumasmempunyai beberapa jenis pendikan. Pendidikan yang pertama yaitu jenjang SMP, merupakan jenjang menengah yang mana porsi pendidikan sains yang diberikan sesuai dengan arahan diknas. Begitu pula dengan jenjang kedua yakni SMA.

Model utamanya mirip seperti sekolah Islam terpadu. Terdapat muatan lokal yang mana ada pembiasaan sholat berjamaah dan mengaji bersama yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan dan disatukan dengan kurikulum secara nasional.

Jenjang selanjutnya lebih kental sebagai aspek pesantren yakni Takhasus. Jenjang ini merupakan jenjang khusus pada tahfidz Quran. Adapun yang kedua adalah KMI yang merupakan jenjang jika di ponpes salafiyah merupakan madrasah. Dalam pendidikan agama yang diajarkan terdapat pembahasan berbagai kitab yang lebih dominan.

Pilihan jenjang yang cukup melimpah tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Ponpes zam zam cilongok banyumas banyak diminati masyarakat. Bagi yang masuk sebagai santri ponpes ini bisa belajar berdasarkan keinginan sekaligus kemampuan tanpa ada paksaan belajar yang menekan mereka.

Fasilitas di Pondok Pesantren Cilongok Banyumas

Pesantren Muhammadiyah umumnya identik mempunyai fasilitas cukup lengkap dan baik, begitu pula dengan Ponpes zam zam cilongok banyumasini. Yang paling menonjol dari pondok pesantren ini yaitu kolam renang yang dimanfaatan sebagai sarana latihan olahraga. Selain itu, juga terdapat gedung olahraga yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan fisik.

Tidak lupa berbagai fasilitas akademik juga tersedia di ponpes ini misalnya laboratorium MIPA dan perpustakaan. Dengan demikian, pendidikan formal sains pada pesantren bisa berjalan secara optimal. Selain itu, ada pula warnet dan fasilitas lain untuk mendukung berbagai kegiatan santri. Gedung-gedung ponpes ini memang bertingkat dan tampak besar.

Staf Pengajar Pondok Pesantren

Beberapa staf pengajar pada pondok Ponpes zam zam cilongok banyumas ini merupakan lulusan Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo, Zamzam Cilongok, Pesantren Darus Sunah Bekasi, Pesantren Gontor Ponorogo, Isykarima Solo yang dikenal dengan tahfidz Quran dan sebagainya.

Pendaftaran Pondok Pesantren Zamzam

Bagi anda yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke pondok pesantren ini maka anda bisa memilih salah satu dari dua cara yang tersedia. Yang pertama yakni dengan datang ke pesantren secara langsung maupun pilihan yang kedua yaitu secara online dengan berkunjung ke website resmi ponpes lalu mengisi formulir. Adapun biaya pendaftaran ponpes ini adalah Rp 200.000.

Beberapa persyaratan untuk mendaftaran di pondok Ponpes zam zam cilongok banyumasantara lain :

  • FC rapot terakhir
  • FC Ijazah
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar
  • FC akta kelahiran
  • FC KK
  • FC sertifikat maupun piagam penghargaan
  • FC KTP Orang tua
  • Surat pernyataan dari calon santri dan pihak orang tua/ wali
  • Surat kesanggupan belajar di pondok pesantren

Sedangkan  untuk waktu pendaftaran calon santri umumnya dimulai pada bulan November. Masa pendaftaran calon santri bisa terbilang cukup panjang sebab akan ditutup sekitar bulan April tahun berikutnya. Sehingga para orang tua dan calon santri dapat leluasa untuk memilih dan lebih memahami situasi ponpes terlebih dahulu.

Biaya Masuk Pondok Ponpes zam zam cilongok banyumas

Untuk biaya SPP bulanan di ponpes Cilongok Banyumas ini adalah sebesar Rp 750.000 bagi jenjang SMA dan SMP. Adapun  untuk biaya masuk santri yang sudah dinyatakan lolos seleksi setitar Rp 6.000.000 hingga Rp 9.000.000. Perkiraan biaya ini hanya kisaran saja karena bisa berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan lembaga pesantren Zamzam.

Menurut kami kisaran biaya di atas cukup standar mengingat berbagai fasilitas yang ditawarkan cukup mumpuni bagi para santri yang mengemban ilmu di sana. Di samping itu, tentunya santri juga bisa mengembangkan bakat dan minat mereka dengan sistem pembelajaran modern yang diterapkan. Oleh karena itu, bisa dibilang biaya  yang anda keluarkan akan sepadan dengan hasil yang akan anak dapatkan.

Alamat Ponpes Cilongok Banyumas

Alamat pondok pesantren ini terletak di Jl.Raya Pernasidi Nomor 9, Cilongok, Banyumas. Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan update maka anda bisa mengunjungi laman resminya di link https://ponpeszamzam.com/ atau melalui nomor kontak di 0281 655145.

Demikian ulasan mengenai Ponpes zam zam cilongok banyumas yang dapat anda jadikan sebagai pilihan ponpes terbaik di Banyumas. Demi mendukung tumbuh kembang anak tidak ada salahnya jika anda memasukkannya ke pesantren yang memiliki sistem pembelajaran seimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agama seperti di pesantren Cilongok Banyumas.

 

Kata kunci:

pesantren zam zam cilongok banyumas, ponpes zam zam cilongok banyumas Zam zam, pesantren zam zam cilongok banyumas, ponpes modern zam zam cilongok banyumas, pondok pesantren modern zam zam cilongok banyumas

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *