Mau Tahu Cara Mengajar Anak Mengaji Iqro Yang Benar ? Baca Ulasannya Disini!

1 min read

cara mengajar anak mengaji iqro

AnakIslam.com РCara Mengajar Anak Mengaji Iqro Yang Benar. Bagaimana cara mengajar anak mengaji iqro? Apakah itu adalah hal yang sulit? Sebenarnya, mengajar anak mengaji dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan pengajar dapat memahami cara yang tepat dalam mengajarnya. Seperti yang diketahui, mengajari anak anak dinilai jauh lebih sulit dibanding mengajar orang dewasa.

Jadi, pengajar setidaknya harus mengerti titik-titik ampuh yang bisa digunakan dalam mengajarkan anak mengaji. Titik itu bisa disebut metode atau teknik. Ingin tahu lebih jauh bagaimana caranya? Simak ulasan mengenai cara mengajari anak bagaimana mengaji iqro berikut ini:

1. Mengenalkan Setiap Huruf Hijaiyah

Barisan huruf hijaiyah adalah huruf dasar yang sangat penting. Pada tahap awal belajar iqro, mengenalkan setiap huruf hijaiyah itu pasti dibutuhkan. Pengenalan huruf hijaiyah dapat dilakukan sebagai langkah awal mengajari anak mengaji dan mendalami iqro.

Orang tua bisa mengajarkan anak dengan mengenalkannya satu per satu. Jangan dulu mengajarkan anak cara membunyikan hurufnya. Kenalkan anak dengan huruf huruf tersebut sedikit demi sedikit. Misalkan, satu kali pelajaran bisa memberikan tiga sampai lima jenis huruf untuk dikenalkan.

2. Mengajak Anak Untuk Menghafal Setiap Hari

Setelah mengenalkan huruf hijaiyah, saatnya untuk mengajak anak menghafalkan huruf-huruf tersebut. Sebenarnya cara ini bisa digunakan bersamaan dengan mengenalkannya pada huruf. Namun, beberapa orang tua mengatakan jika kedua cara ini dipisah, proses pembelajaran anak akan lebih cepat.

Berikan anak tiga sampai lima huruf setiap kali belajar mengaji untuk dihafalkan. Biarkan anak melakukan hafalan dengan pelan-pelan, serta menyesuaikan daya ingatnya yang masih dalam proses perkembangan. Pastikan anak sudah benar benar mengenali sebuah huruf sebelum berpindah mengenalkannya dengan huruf selanjutnya.

3. Menggunakan Nada

Dalam dunia anak-anak, nada adalah sesuatu yang dianggap penting dan memegang peranan besar dalam mengatur mood. Nada juga dapat memberikan suasana yang ceria dan menyenangkan bagi anak-anak. Oleh sebab itu, dalam dunia anak-anak, nada digunakan dalam berbagai aspek pengajaran.

Begitupun dalam cara mengajar anak mengaji iqro, nada sangat boleh digunakan. Iringi hafalan anak-anak dengan nada yang ringan dan menyenangkan. Menyanyi juga boleh dijadikan salah satu metode untuk membantu anak cepat menghafal kajian huruf iqro tersebut.

4. Memberikan Gambaran Tentang Huruf Hijaiyah

Selain nada, imajinasi juga merupakan salah satu identitas yang kental dari dunia anak-anak. Pada usianya, anak sangat suka berimajinasi, membayangkan sesuatu sesuka pikirannya berlabuh. Hal ini bisa diambil dan dimanfaatkan untuk mengajari anak mengaji iqro.

Pengajar diperkenankan untuk membantu mengaji iqro dengan memainkan imajinasi anak tersebut. Ajak anak untuk kembali mengingat huruf huruf hijaiyah dengan identifikasi yang melekat dengannya. Misalnya mengidentifikasi huruf alif dengan huruf yang seperti tiang listrik, huruf ba seperti perahu, dan sebagainya. Sisanya, biarkan anak yang membayangkan dan mengingatnya.

5. Memanfaatkan Teknologi

Pada zaman sekarang, teknologi dapat dimanfaatkan dalam banyak hal. Bijaklah menggunakan teknologi dan mengenalkannya dengan anak. Manfaatkan teknologi yang ada dengan mengajak dan mengajari anak mengaji secara benar.

Pemanfaatan teknologi bisa berupa membantu proses mengaji anak dengan aplikasi iqro yang banyak tersedia di platform unduhan aplikasi. Biasanya, aplikasi seperti itu memiliki fitur lengkap untuk membantu anak belajar mengaji. Ditambah lagi dengan background yang berunsur ceria dan menyenangkan dapat meningkatkan minat anak dalam mempelajari iqro.

Hal yang harus menjadi pegangan dalam cara mengajar anak mengaji iqro adalah kesabaran. Dalam belajar, anak tidak bisa secepat orang dewasa. Polah dan tingkah anak juga masih bersifat bebas dan random. Selain itu, fokus anak juga masih belum terlatih sebaik orang dewasa. Jadi, kesabaran adalah poin penting yang harus dipertahankan.