Bagaimana Sebaiknya Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam?

Bagaimana Sebaiknya Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam?

Cara Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam
Cara Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam

AnakIslam.com Bagaimana Sebaiknya Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam? Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Pembahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana cara mengasuh anak sesuai ajaran Islam. Sebenarnya pembahasan tentang hal ini sangat panjang dan luas ya, tapi coba kita bahas secara ringkas dalam artikel sederhana ini.

Sebagai orang tua adalah tanggung jawab kita untuk bisa mengasug anak sesuai dengan ajaran agama, tentunya dengan menanamkan nilai-nilai keislaman untuk mereka. Apa saja nilai-nilai keislaman  itu?

Menanamkan Pemahaman akan Pentingnya Tauhid

Tauhid adalah hal yang paling penting dalam beragama. Karena itu menjaga tauhid adalah kewajiban bagi setiap muslim. Karena itu menanamkan pentingnya tauhid ini harus dimulai sejak dini dengan cara yang mudah mereka pahami. Memang saat anak masih kecil pemahaman mereka tidak mudah menerima sesuatu yang tidak mereka lihat, tapi dengan cara yang baik mereka pasti menerimanya. Biasakan anak untuk berdoa utnuk selalu ingat pada Rabb-nya.

Pada perjalannya mereka pun akan terbiasa dengan apa-apa yang selalu kita biasakan kepada mereka. Karena itu dalam melatih anak berdoa baik di sekolah yang dilakukan oleh guru, maupun saat di rumah yang dilakukan oleh orang tua, coba sebisa mungkin menanamkan pengertian bahwa berdoa setiap saat itu juga diniatkan supaya lebih dekat denganNya. Merasa bahwa Dia ada di setiap kehidupan kita.

BACA JUGA   Bagaimana Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi ?

Lambat laun anak akan merasa hidup mereka selalu dibersamai oleh Allah. Bukankah ini yang menjadi tujuan pengasuhan dan pendidikan anak kita? karena dengan mereka merasa dibersamai dan diawasi oleh Allah maka setiap ucapan dan prilaku mereka hanya yang baik-baik saja. Mereka akan berpikir dua kali untuk melakukan hal-hal yang buruk, meski saat sendiri sekalipun.

Berusaha Meneladani Rasulullah

Apakah amaln terbaik manusia selain yang bersumber dari sunnah Rasulullah? Ya, setiap amalan kita sebisa mungkin memang harus sesuai dengan sunnahnya. Karena beliaulah panutan muslim yang sejati yang memang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia saat itu. Maka menjadi pengikut Rasulullah memang harus senantiasa mencontoh apa-apa yang telah dilakukan beliau semasa hidupnya.

Dalam hal mendidik anak juga begitu, kita tidak harus mengikuti teori modern cara mendidik anak yang kadang tidak sesuai dengan ajaran Islam, tapi untuk menjadikannya sesuai dengan ajaran Islam adalah keharusan. Karena hanya dengan mengikuti setiap hal yang dicontohkan Rasulullah lah kita sebagaimuslim akan selamat di dunia dan akhirat.

Sudah banyak buku-buku tentang cara pengasuhan anak yang sesuai Islam diterbitkan. Sekarang adalah kembali kepada kita sebagai orang tua, mau atau tidak mempelajarinya dan menerakannya untuk anak-anak kita? Tentunya ini bukan hal yang mudah, tapi dengan pembiasaan sesmuanya akan berjalan dengan biasa pada saatnya nanti. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar bagaimana cara mangasih anak yang benar, karena saat ini juga mulai banyak parenting Islam yang bertujuan memberikan ilmu dan informasi tentang pentingnya menjadikan anak kelak bukan hanya sukses di dunia tapi juga sukses di akhirat.

BACA JUGA   Masa Anak-anak adalah Masa Paling Tepat Menanamkan Nilai-Nilai yang Baik bagi Mereka

Anak adalah aset kita yang kelak akan meneruskan cita-cita mulia kita. Karena itu mulai dini mereka harus diarahkan untuk itu. Merekalah yang kelak kita harapkan mendoakan kita saat kita telah meninggal, sehingga setiap doa yang mereka panjatkan menjadi amal jariyah bagi kita yang telah berada di alam kubur. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang berhasil mmeghasilkan generasi-generasi Islam yang mampu menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat agama dan sesamanya. Insaa Allah. Amiin.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Bagaimana Sebaiknya Mengasuh Anak Sesuai Ajaran Islam. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sobat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Parenting Islam di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *