Contoh Teks Ceramah Singkat Lucu beserta Syarat Pembuatannya

teks ceramah singkat lucu

Membuat teks ceramah singkat lucu bisa menjadi solusi agar saat penyampaian para peserta kajian tidak bosan saat mendengarkannya. Selain menghilangkan kebosanan, ceramah yang memiliki unsur komedi juga bisa membuat peserta menjadi lebih mudah untuk memahami isi serta makna yang disampaikan.

Penyampaian ceramah yang memiliki unsur komedi diperbolehkan, namun tetap memperhatikan unsur ilmu di dalamnya. Penasaran seperti apa teks ceramah yang lucu? Serta syarat apa saja yang perlu dipenuhi agar mendapat kesan komedi dan ilmunya juga tersampaikan? Berikut ulasannya:

Contoh Teks Ceramah Lucu

Saat ingin melakukan ceramah, tentu tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat teks-nya. Bagi siswa sekolah yang belum memahami bagaimana membuat teks ceramah singkat lucu, berikut adalah contoh yang bisa dijadikan referensi jika diminta untuk membuat ceramah. Penasaran? Yuk, mari disimak!

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Salam serta sholawat mari kita hanturkan untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Tidak lupa mengucapkan rasa syukur yang sudah sepatutnya dipanjatkan kepada Allah karena atas izin-Nya bisa berkumpul di sini.

Di hari yang begitu cerah, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kisah menarik dari seorang yang sangat cerdik, yaitu Abu Nawas. Adakah yang pernah mendengar tentang kisahnya? Jadi, Abu Nawas adalah seorang pujangga yang sangat senang meminum khamr dan bermain wanita.

Namun, beliau sangat dekat dengan khalifah Bani Abbasiyah bernama Harun Al-Rasyid dan begitu cerdik. Dikisahkan suatu ketika Khalifah Harun sedang berjalan di pasar dan melihat Abu Nawas membawa botol berisi anggur. Beliau pun bertanya kepada Abu, “Wahai Abu, Apakah yang sedang kau bawa itu?”.

Abu Nawas pun menjawab sembari gugup, “Ini adalah susu, Baginda”. Harun Al-Rasyid pun merasa bingung, “Bagaimana bisa susu yang berwarna putih menjadi merah seperti itu?”

Lalu, Ia menjawab, “Benar, Yang Mulia. Sebelumnya susu ini berwarna putih, namun karena melihat Yang Mulia gagah nan rupawan, ia pun tersipu hingga merona dan berubah menjadi merah.” Mendengar jawaban tersebut, Khalifah Harun Al-Rasyid pun tertawa dan berlalu sembari menggelengkan kepalanya.

Ilmu yang bisa diambil dari kisah ini adalah sebagai seorang Muslim sudah sepatutnya untuk cerdas nan cerdik dalam menghadapi suatu situasi yang sekiranya tidak menguntungkan. Walau apa yang dilakukan Abu Nawas salah, namun dengan jawaban cerdasnya bisa membuat Khalifah tertawa.

Sekian ceramah yang bisa disampaikan. Mohon maaf bila terdapat kekeliruan ketika menyampaikan materi. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, semoga kita berjumpa lagi.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Syarat Membuat Ceramah yang Lucu

Teks ataupun penyampaian yang lucu ketika berceramah tentu akan membuat pendengarnya lebih tertarik dan memahami materi. Namun, perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak hanya komedinya saja yang ditangkap. Kira-kira apa saja itu? Berikut diantaranya:

  • Harus menyampaikan kisah yang sesuai dengan yang sebenarnya atau sesuai Al-Qur’an, Hadits, serta kitab.
  • Menyampaikan kisah yang terdapat ilmu di dalamnya serta bisa dijadikan sebagai contoh untuk di kehidupan sehari-hari.
  • Memberikan pendengar kesan yang mendalam ketika mendengarkan ceramah agar dapat dipraktekkan dan selalu mengingatnya.
  • Menyesuaikan materi dengan peserta yang hadir ketika menyampaikan ceramah.

Itulah contoh serta syarat membuat teks ceramah singkat lucu yang perlu diketahui. Ceramah yang tidak terlalu panjang namun menarik akan membuat pendengarnya lebih memahami serta menyimpan apa yang sudah disampaikan. Apalagi jika pendengar berumur belia, menggunakan ceramah yang dikemas komedi tentu akan lebih berkesan.

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *