Tips dan Contoh Buat Pidato Lucu tapi Bermakna, Dijamin Tidak Bikin Bosan!

pidato lucu tapi bermakna

Menyampaikan pidato lucu tapi bermakna dapat menjadi alternatif untuk membangun suasana acara menjadi lebih seru dan bersemangat. Tak dipungkiri bahwa mendengarkan sebuah pidato akan membuat seseorang menjadi bosan, apalagi jika materinya terlalu serius dan kaku.

Lalu, bagaimana membuat pidato yang dapat menarik perhatian audience? Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan agar pidato yang dibawakan menarik dan tidak membosankan bagi peserta yang hadir di acara tersebut. Penasaran apa saja tips dan juga contohnya? Mari simak ulasannya disini!

Tips Jitu Membuat Pidato yang Menarik, Lucu, dan Bermakna

Saat tampil di depan khalayak ramai apalagi menyampaikan sebuah pidato tentu akan membuat siapapun nervous atau tegang. Kekhawatiran akan materi pidato yang membosankan tentu akan semakin membuat diri menjadi tegang dan gemetar. Untuk itu, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pidato menarik, lucu, dan tetap bermakna:

1. Kenali Audience dan Tema Acara

Tips pertama untuk membuat pidato lucu tapi bermakna serta menarik adalah mengenali Audience yang hadir serta memahami konsep acara yang dihadiri. Mempelajari umur peserta, gender, hingga tema yang diusung akan memudahkan pembaca pidato untuk menguasai medan dan membawakan materinya dengan menarik.

2. Membuat Narasi dengan Bahasa yang Mudah

Dalam membuat pidato, pemilihan bahasa sangat penting untuk menarik minat audiens memperhatikan apa yang sedang disampaikan. Misalnya, apabila acara yang didatangi bersifat kausal, pembukaan pidato dengan bahasa yang santai tentu akan lebih mudah dipahami dan pendengar pun tidak mudah merasa bosan.

3. Menggunakan Cerita yang Berdasarkan Kejadian Sehari-hari

Dan tips yang terakhir adalah pidato lucu dan bermakna bisa dibuat berdasarkan cerita sehari-hari yang umum di masyarakat atau bisa disesuaikan dengan peserta yang hadir. Untuk mendukung penyampaian dari pidato yang sudah dibuat, dapat bermain di intonasi hingga gerakan tubuh untuk lebih membuat materi lebih menarik.

Contoh Pidato Bermakna nan Lucu

Setelah mengetahui tips membuat pidatonya, selanjutnya akan dibahas tentang contoh pidato lucu namun sarat akan makna. Kali ini tema yang akan dibuat contoh adalah soal pandangan Islam tentang pacaran. Penasaran seperti apa isinya? Yuk, mari disimak!

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Salam sejahtera untuk yang hadir pada malam hari ini. Ucapan Hamdalah sudah sepatutnya diucapkan atas sehat dan umur sehingga bisa hadir di tempat ini. Senang sekali rasanya bisa diberikan kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan sebuah pidato dengan tema berpacaran dalam pandangan Islam.

Sebelum membahas lebih jauh, tahu tidak teman-teman bahwa pacaran itu dilarang oleh Islam? Mengapa demikian? Sesuai dengan surat An-Nur ayat 30 yang menganjurkan kepada para lelaki untuk menjaga pandangan serta kemaluannya atau diri kepada lawan jenis yang bukan muhrim-nya.

Hasrat atau nafsu seorang laki-laki banyak dikatakan bahwa sangat mudah tersulut. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kasus pelecehan di tempat umum padahal sang wanita sudah menutup auratnya. Lantas bagaimana yang pacaran? Tentu setan akan lebih gencar lagi menggoda untuk berbuat maksiat.

Pernah dengar lagu yang berjudul Hamil Duluan yang dinyanyikan Tuty Wibowo? Nah, itulah hal yang dikhawatirkan terjadi jika berpacaran. Bagaimana jika ingin memiliki pasangan? Jawabannya mudah, yaitu menikah. Kalau belum siap bagaimana? Lakukan ta’aruf yang melibatkan orang tua atau bahkan ustad untuk menjadi pengawas.

Sekian pidato singkat yang bisa disampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata ataupun ucapan. Jalan-jalan beli Semanggi, mampir dulu untuk berguru. Kalau ada kesempatan lagi, mari kita membahas hal yang baru.

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Itulah sedikit tips dan contoh membuat pidato lucu tapi bermakna. Memahami situasi dan kondisi lapangan menjadi hal yang penting agar penyampaian tidak membuat bosan dan juga garing. Persiapan yang matang juga akan membuat tampilan menjadi lebih percaya diri.

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *