Struktur Pembukaan Pidato Dan Contoh Pembukaan Pidato Shalawat Serta Salam Yang Mudah

pembukaan pidato shalawat serta salam

Biasanya pembukaan pidato shalawat serta salam dapat dipakai pada berbagai acara tidak hanya acara keagamaan. Bagi sebagian orang momen ketika ditunjuk untuk membawakan pidato atau sambutan merupakan suatu momen yang akan membuat gugup.

Apalagi jika belum mempunyai materi atau belum ada ide untuk menyusun kalimatnya.  Seseorang yang ingin membawakan sebuah pidato tentu membutuhkan referensi untuk kalimat pembukaan.

Terkadang orang yang ingin menyampaikan pidato sudah ada materinya namun masih bingung dengan kalimat pembukanya. Akan tetapi sebelum membahas contoh kalimat pembuka dengan sholawat serta salam alangkah lebih baiknya mengetahui struktur pidato terlebih dahulu.

Struktur Pembukaan Pidato

Kalimat pembukaan ceramah, pidato dan sambutan memiliki struktur yang harus diikuti. Jika telah mengikuti struktur yang ditentukan tentu pidato yang disampaikan akan benar dan juga bagus. Berikut struktur pembukaan pidato:

1. Muqaddimah

Muqoddimah disebut juga dengan pendahuluan. Orang yang beragama Islam biasanya menggunakan bahasa Arab untuk menyampaikan muqaddimah. Salah satu contoh muqaddimah yang benar seperti dibawah ini.

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

2. Pujian Terhadap Allah SWT

Setelah menyampaikan muqaddimah dengan menggunakan bahasa Arab orang yang berpidato akan menyampaikan pujian kepada Allah SWT. Tidak hanya pujian namun juga ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan. Hal ini berlaku pada pidato, ceramah maupun sambutan.

3. Mengirim Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Setelah kedua struktur diatas terpenuhi maka jangan melupakan struktur yang satu ini. Karena dalam keadaan apapun tentu kita harus mengirim sholawat kepada nabi Muhammad SAW. Hal tersebut disebabkan karena baginda nabi Muhammad SAW telah menyampaikan ajaran Islam yang sempurna sehingga generasi yang sekarang terhindar dari zaman jahiliyah.

Contoh Pembukaan Pidato Shalawat Serta Salam

Terdapat banyak contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang dapat dijadikan referensi. Namun orang yang akan melakukan pidato juga harus menyesuaikan dengan acara yang dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan agar pidato yang disampaikan sesuai dengan acara yang sedang berlangsung dan isinya juga tersampaikan dengan tepat. Berikut beberapa contoh pembukaan pidato dengan sholawat serta salam:

1. Pembukaan Pidato Secara Umum

Puji Syukur kita panjatkan pada tuhan kita yakni Allah SWT yang berkuasa atas segalanya. Berkah Rahman yang maha pengasih dan penyayang Allah berikan kita kesehatan, kehidupan, nikmat dan rezeki yang berlimpah.

Alhamdulillah wa syukurillah dengan berkah yang diberikan, pada acara ini kita dapat menghadiri acara ini dengan keadaan sehat wal afiat. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan pada acara ini dan membuat acara ini bermanfaat untuk semua orang, amin.

Shalawat dan salam, mari curahkan kepada nabi Muhammad SAW. Dengan jerih payahnya agama Islam sudah menjadi agama yang sempurna, alhamdulillah. Selain menjadi sempurna agama Islam saat ini juga menjadi rahmat bagi semua umat dan alam semesta.

2. Pembukaan Pada Seminar, Acara Pelatihan Dan Workshop

Segala puja serta puji bagi Allah Swt, Tuhan menciptakan alam semesta. Setiap makhluk hidup di muka bumi hidup dalam keseimbangan berkat limpahan kasih sayangnya. Allah menjadikan semua ciptaannya saling berhubungan dan membutuhkan.

Kebutuhan manusia yang paling penting yaitu dengan terus menerus memperbarui diri dan membekali diri dengan bermacam-macam pengetahuan yang ada. Salah satu caranya yaitu dengan sering mengikuti pelatihan.

Shalawat serta salam tidak lupa dipanjatkan kepada utusan Allah Swt yakni Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah kekasih Allah yang terus menerus menyerukan kebaikan di muka bumi ini. Semoga yang hadir disini termasuk dalam golongan orang yang memperoleh syafaatnya di yaumul akhir, amin.

Nah itulah pembahasan tentang struktur pidato dan contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang mudah. Kalimat pembukaan yang tepat tentu akan menambah antusias pendengar pidato. Orang yang akan berpidato tentu harus menyiapkan kalimat pembukaan terlebih dahulu agar isi pidato tersampaikan.

 

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *