Contoh Singkat Pidato Tentang Menuntut Ilmu yang Menarik Perhatian

pidato tentang menuntut ilmu

Pidato merupakan salah satu penampilan yang sering ada dalam setiap pentas, baik berupa lomba atau bagian dari acara. Pidato memiliki tema yang beragam dan salah satunya adalah pidato tentang menuntut ilmu. Meskipun terlihat sederhana, tak jarang orator menyelipkan tema ini dalam pidatonya.

Jika dilihat lebih dekat, pidato dengan tema ini sangat dibutuhkan agar setiap orang tetap bersemangat untuk mencari ilmu. Pidato tema tersebut diharapkan bisa memicu semangat setiap orang yang mendengarnya. Jika ingin berpidato dengan tema menuntut ilmu, berikut contoh-contoh singkatnya:

1. Pidato Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib

Salah satu tema yang bisa diambil tentang menuntut ilmu adalah kewajiban tentang pentingnya memiliki ilmu. Dengan adanya tema tersebut, setiap orang bisa lebih mengerti dan menyadari salah satu kewajiban dalam hidup adalah menuntut ilmu. Berikut isi pidato tema kewajiban memiliki ilmu yang bisa dicontoh:

“Hukum mencari ilmu adalah wajib untuk semua orang dan hal tersebut disebutkan oleh Rasulullah Saw. Rasulullah mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan wajib mencari ilmu. Mencari ilmu merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan umat manusia. Oleh karenanya menuntut ilmu boleh dilakukan sampai kapan pun.

Selain berhukum wajib, perlu diketahui juga bahwa Allah SWT mengangkat derajat setiap manusia berilmu yang tersebut dalam Surat Al Mujadalah. Perlu diingat juga bahwa wahyu pertama yang diberikan kepada Rasulullah adalah kata Iqra. Jika sudah begitu, semakin jelaslah pentingnya menuntut ilmu.”

2. Pidato Ilmu untuk Kebahagiaan Dunia Akhirat

Menggunakan tema pentingnya ilmu untuk kebahagiaan dunia dan akhirat menjadi pilihan terbaik selain kewajiban menuntut ilmu. Tema tersebut juga akan membangkitkan semangat pendengar untuk terus mencari ilmu. Agar pendengar lebih tertarik dengan pidato yang disampaikan, orator bisa memulai dengan pantun.

Selain pembukaan yang menarik, orator juga bisa membuat penutup pidato yang menghibur sehingga bisa mendapatkan kesan yang baik. Selain itu, pidato tersebut akan selalu diingat oleh setiap orang yang mendengarnya. Berikut contoh isi tema pidato ilmu untuk kebahagiaan dunia akhirat:

“Sesuai dengan hadis Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa manusia wajib memiliki ilmu jika menginginkan kehidupan di dunia. Dengan adanya ilmu, kebahagiaan dunia dan akhirat akan dirasakan oleh setiap manusia. Oleh karenanya wajib bagi manusia untuk menuntut ilmu tanpa membedakan status sosial, jenis kelamin, atau umur.”

3. Pidato Menjaga Amanah Ilmu

Selain dua tema yang sudah disebutkan, menjaga amanah ilmu juga bisa digunakan untuk berpidato. Tema yang satu ini bisa memberikan manfaat agar manusia tidak lalai ketika sudah memiliki ilmu. Dengan begitu, pendengar diharapkan bisa menggunakan ilmu di jalan yang benar.

Meskipun terlihat rumit, pembahasan menjaga amanah ilmu bisa disampaikan dengan mudah dan sederhana. Cara yang  bisa dilakukan adalah menambahkan pembahasan ringan sebelum memasuki inti pidato. Berikut contoh inti pidato menjaga amanah ilmu:

“Ilmu merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah dan harus dicari, dipahami, serta disampaikan dengan benar. Menjaga amanah ilmu sangatlah penting sehingga harus disampaikan dengan benar tanpa ditambah, dikurangi, atau diselewengkan. Saat ilmu diperlakukan dengan tidak amanah, maka dampaknya akan sangat berbahaya.

Tidak amanah terhadap ilmu bisa menimbulkan kerugian dunia hingga menyebabkan sengsara di akhirat. Tak hanya untuk diri sendiri, tidak amanah  terhadap ilmu juga bisa menimbulkan bencana bagi banyak orang.”

Itulah beberapa contoh pidato tentang menuntut ilmu dengan tema-tema yang lebih mendalam. Inti pidato yang sudah disebutkan bisa diuraikan lebih panjang. Selain itu, orator bisa berkreasi agar  pidato lebih mudah dipahami oleh pendengarnya.

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *