Sekolah Alam Al Jannah Jakarta Timur

Sekolah Alam di Jakarta Timur

AnakIslam.com – Sekolah Alam Al Jannah, Jakarta Timur. Sekolah alam saat ini menjadi salah satu alternatif sekolah yang memiliki basis pendidikan di alam. Konsep pendidikan alam ini menggunakan sumber daya alam di lingkungan sekitar sekolah untuk media pembelajaran. Sudah banyak berdiri sekolah alam yang ada di Indonesia khususnya di daerah Ibu Kota Jakarta.

Salah satu sekolah alam yang populer di wilayah Jakarta Timur adalah Sekolah Alam Al-Jannah. Sekolah ini tentu bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menyekolahkan anak anda di sekolah alam. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai Sekolah ini yang sebaiknya anda ketahui.

Informasi Lengkap Sekolah Alam Al-Jannah Jakarta Timur 

1.       Sejarah Sekolah

Sekolah alam ini dulunya hanya berada di area sebidang tanah, namun pendirinya yaitu Bapak H. Ir. Muslimin Siregar, MM mendirikan tempat menginap dan mushola yang terbuat dari bambu. Mushola tersebut kemudian digunakan sebagai tempat untuk kegiatan pesantren kilat dan berbagai kegiatan kajian islam.

Hal tersebut kemudian menjadi awal terbentuknya lembaga sosial, pendidikan dan dakwah syiar islam untuk masyarakat di lingkungan sekitar. Awal tahun 2001, pendiri beserta istri membuat sekolah alam dengan jenjang pendidikan TK dan SD, hingga pada tahun 2007 dibukalah jenjang SMP karena memang respon dari masyarakat sangat luar biasa mendukung adanya sekolah alam di Jakarta timur ini.

Pendirian lembaga pendidikan ini dilatarbelakangi oleh cita-cita untuk mempersiapkan generasi bertakwa dan memiliki peran untuk mengelola bumi sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah hingga menjadi “Abdullah” dan “Khalifatullah”.

2.       Visi dan Misi Sekolah Alam Al-Jannah

Sekolah alam yang terletak di Jakarta timur ini memiliki visi mewujudkan pemimpin berkarakter islam, cinta alam, dan unggul dalam sains. Sekolah ala mini menjadi salah satu sekolah alam yang terkenal di daerah Jakarta Timur.

Sekolah ini memiliki tujuan menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman utama dalam kurikulum pembelajaran. Sekolah ini juga ingin mewujudkan karakter islam, alam dan sains yang tercerminkan pada perilaku siswa, guru dan seluruh komponen sekolah.

Tujuan sekolah alam ini juga ingin membiasakan sikap dan kemampuan kepemimpinan dalam berbagai aktifitas serta mampu pula mengembangkan sains dan kreativitas teknologi untuk peningkatan kualitas hidup di masa yang akan datang.

3.       Kurikulum Sekolah

Sekolah alam Al-Jannah ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari Kindergarten, SD, SMP, SMA, dan Inklusi yang khusus untuk anak berkebutuhan khusus. Secara umum, kurikulum dari sekolah alam Al-Jannah ini yaitu kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai islam, alam dan sains yang aplikatif bagi kehidupan anak.

Mulai dari TK hingga SMA baik juga untuk Anak yang memiliki kebutuhan khusus, diprogramkan untuk bisa mencapai target di masing-masing jenjang pendidikan. Pembiasaan beribadah seperti sholat dhuha, membaca Al-Qur’an untuk membentuk karakter islami yang berakhlak dan menumbuhkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Siswa diajarkan pula untuk bisa aktif di kegiatan akademik maupun non akademik. Mereka dilatih untuk berani tampil pada berbagai ajang kejuaraan yang bisa bermanfaat untuk melatih kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan. Hal tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan setelah menyelesaikan di sekolah alam ini.

4.       Lokasi Dan Kontak

Sekolah alam Al-Jannah jenjang SMP ini berada di Jl. Jambore No. 4 Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur 13720. Kontak yang bisa dihubungi yaitu (021) 845 94514. Website resmi yang bisa diakses yaitu https://www.sekolah-aljannah.com/.

Nah, demikian merupakan beberapa informasi mengenai sekolah alam Al Jannah Jakarta timur yang bisa anda jadikan referensi. Sekolah alam memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan putra putri anda. Pilihlah sekolah alam yang berkualitas demi masa depan yang cerah bagi putra dan putri anda.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *