Sekolah Alam Jakarta Selatan. 2 Sekolah Ini Rekomendasinya

Sekolah Alam di Jakarta Selatan

AnakIslam.com – Sekolah Alam di Jakarta Selatan. Seiring perkembangan zaman, berbagai jenis sekolah saat ini sudah berkembang untuk lebih meningkatkan kemampuan anak didik. Banyak sekolah khusus yang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anak baik softsskill hingga hard skill yang lebih bisa berkembang di sekolah khusus tersebut.

Salah satu jenis sekolah modern kini yang terdapat di Jakarta Selatan yaitu Sekolah Alam Indonesia dan Sekolah Citra Alam. Berikut beberapa ulasan mengenai Sekolah Alam di Jakarta Selatan yang bisa anda jadikan referensi.

Rekomendasi 2 Sekolah Alam di Jakarta Selatan

1.        Sekolah Alam Indonesia

Salah satu sekolah alam yang pertama kali muncul di Indonesia yaitu Sekolah Alam Indonesia yang didirikan pada tahun 1998. Sekolah alam pertama bertempat di Jl. Damai, Ciganjur Jakarta Selatan yang dahulu hanya memiliki beberapa siswa dan beberapa guru yang mengajar.

Tahun 2001, sekolah alam ini pindah pada daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan di atas lahan seluas 7200 meter persegi. Dulunya sekolah ini hanya diperuntukkan untuk sekolah pre school, yaitu pada siswa yang sekolah sampai pada jenjang SD kelas 4 saja.

Konsep pendidikan sekolah alam ini semakin berkembang, dimana sekolah ini menerapkan kelas inklusi bagi para siswa yang memiliki kebutuhan khusus dan akan digabungkan bersama dengan kelas reguler yang ada pada sekolah tersebut. Kuota yang diberikan pada siswa yang memiliki kebutuhan khusus yaitu sebanyak 2 orang/ kelas dan didampingi oleh 1 orang shadow teacher.

Pada tahun 2004 sekolah alam ini memiliki nama yaitu Sekolah Alam Indonesia. Tepat pada tahun 2010, sekolah ini memiliki tagline yaitu “School of Leading Generation” dengan tujuan yaitu sekolah yang bisa menciptakan generasi Indonesia yang terbaik dalam sisi akhlak, kepemimpinan dan budaya ilmiah.

Seiring perkembangan kurikulum dan kualitas yang dimiliki oleh Sekolah Alam Indonesia ini, semakin banyak pula orangtua yang berminat menyekolahkan putra putrinya untuk bersekolah di sini. Hingga saat ini Sekolah Alam Indonesia juga masuk menjadi salah satu sekolah favorit bagi para orangtua karena keunggulan dan visi misi yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

Sekolah Alam Indonesia ini memiliki konsep pendidikan yang berdasar pada Al-Qur’an dan hadits, dimana hal tersebut dapat menerangkan bahwa tujuan manusia diciptakan adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Sekolah alam ini akan memprioritaskan 3 pokok materi dalam konsep pendidikannya.

3 pokok materi pada konsep pendidikan sekolah alam di Jakarta Selatan ini antara lain yaitu Akhlakul Karimah dengan metode utama yaitu keteladanan, Falsafah Ilmu Pengetahuan dengan metode utama Active learning dan diskusi, serta latihan kepemimpinan dengan metode utama yaitu dinamic group dan outbound training.

Sekolah Alam Indonesia ini memiliki sistem pembelajaran dengan menggunakan model spider web. Tujuan dari penggunaan metode ini yaitu siswa diharapkan dapat mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan sekaligus dapat mengaitkan hubungan antar pelajaran yang mereka terima dengan sangat terintegrasi.

Sekolah alam Indonesia di Jakarta selatan ini mengkombinasikan kegiatan pembelajaran indoor maupun outdoor, dimana kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan di halaman sekolah, ruang kelas dan lain sebagainya. Sistem tersebut juga diharapkan bahwa siswa siswi dapat memunculkan karakter positif sejak dini untuk bekal dimasa yang akan datang.

Lokasi  : Jl. Pembangunan No. 51 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12630

Nomor kontak : (021) 7875411

Website : https://sekolahalamindonesia.sch.id

2.        Sekolah Citra Alam

Sekolah citra alam yang berlokasi di Jakarta selatan ini memiliki visi atau tujuan yaitu mempersiapkan khalifah yang memiliki akhlakul karimah, jujur, bertanggung jab, serta mampu menebar kasih sayang melalui pendidikan yang berkualitas. Sekolah alam ini berbasis pada alam dan budaya yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikannya.

Sekolah alam ini memiliki 3 konsep pendidikan diantaranya yaitu :

  • Long Life Education

Konsep ini memiliki arti yaitu pendidikan yang dikembangkan pada sekolah ini memiliki dasar berkelanjutan. Arti dari berkelanjutan ini yaitu tidak terbatas dalam memperoleh ilmu baik pada proses interaksi dan kehidupan bersama di sekolah dalam bentuk konsep “Learning By Doing” dalam mengasah softskill dan hardskill siswa siswinya.

  • Setiap anak istimewa

Perbedaan kemampuan setiap siswa dianggap menjadi keistimewaan personal siswa tersebut, sehingga Sekolah Citra Alam akan mengapresiasi setiap keunggulan yang dimiliki oleh setiap siswa siswinya.

  • Setiap orang adalah pembelajar

Semua elemen yang berada di lingkungan anak dan sekolah menjadi tempat pembelajaran, baik itu siswa, guru hingga orangtua. Ini berarti bahwa semua elemen yang tergabung di dalam komunitas dan keluarga besar sekolah citra alam harus terlibat aktif dalam proses belajar dan mengajar.

Sekolah alam di Jakarta Selatan ini memiliki basis pendidikan berbasis alam yang memiliki tujuan agar siswa dapat memunculkan kesadaran diri dalam melestarikan eksistensi alam. Sekolah Citra Alam ini ini juga memanfaatkan alam sebagai tempat media belajar oleh siswa siswinya.

Lingkungan sekolah citra alam sendiri sengaja didesain untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang eksploratif dan menyenangkan sehingga siswa dapat belajar secara optimal dan menyenangkan.

Sekolah Citra Alam ini juga menerapkan pendidikan karakter yang dilakukan menggunakan berbagai variasi metode dan dijadikan role mode atau keteladanan. Active learning yang diterapkan dalam kurikulumnya, akan memberikan kesempatan bagi siswa siswinya untuk dapat mandiri dalam mengembangkan kreativitas dan bisa memecahkan masalah yang dihadapinya sendiri.

Program belajar di Sekolah Citra Alam ini akan diberikan secara tematis untuk tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar mulai dari kelas 1 hingga kelas 3 SD. Sedangkan untuk tingkat selanjutnya yaitu akan diberikan tematis apabila memungkinkan, namun tentu saja harus disesuaikan dengan beragamnya mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan yang sudah ditentukan.

Lokasi  : Jalan Damai II Nomor 54 Ciganjur, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12630

Nomor kontak : (021) 7875411

Website : http://www.citraalam.sch.id/

Nah, demikian merupakan beberapa ulasan mengenai sekolah alam di Jakarta selatan yang bisa anda jadikan referensi. Perbanyaklah wawasan mengenai konsep dan kurikulum sekolah alam yang sesuai dengan anak anda, karena sekolah menjadi salah satu tempat yang penting untuk mencetak generasi masa depan yang berkompeten.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *