Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang. Kelebihan dan Biaya Pendidikan

Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang. Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 oktober setiap tahunnya. Peringatan HSN ini ditetapkan Presiden Jokowi tahun 2015 silam. Penetapan Hari Santri Nasional bertujuan sebagai wujud  meneladani dan mengingat semangat jihad para santri dalam merebut serta merebut kemerdekaan negara Indonesia yang dikobarkan para ulama.

Berbicara tentang santri, tentu melekat dengan Ponpes. Di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat terdapat sebuah ponpes modern putri yang sangat terkenal. Pesantren tersebut adalah Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang.

Pondok Pesantren Diniyah Putri adalah salah satu ponpes yang tersohor di kawasan Sumatera, khususnya di Padang. Salah satu faktor yang menjadikan pesantren ini populer adalah karena diperuntukkan khusus untuk puteri sehingga tidak banyak ponpes yang demikian.

Nah, bagi anda yang memiliki putri dan ingin memasukkannya di pondok pesantren terkenal dan terpercaya maka ponpes Padang Panjang ini bisa menjadi pilihan anda. Mungkin anda masih belum familiar dengan ponpes Diniyah Puteri ini. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami akan mengulas informasi mengenai Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang.

Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang

Ponpes Diniyah Puteri adalah salah satu ponpes tertua yang ada di Sumatera, sebab jenjang MTs nya sudah ada sejak tahun 1923 silam. Memang pada periode ini banyak sekali pondok pesantren yang mahsyur di wilayah Padang Panjang.

Namun demikian, sampai saat ini ponpes tersebut masih berdiri kokoh dengan berbagai pengembangan tanpa henti. Bahkan untuk jenjang pendidikan yang tersedia di pondok pesantren Diniyah Putri ini sudah cukup lengkap. Mulai dari jenjang pendidikan PAUD sampai perguruan tinggi dengan kredibilitas yang tinggi.

Pendidikan di Pesantren Diniyah Putri

Sedangkan untuk pendidikan pesantren yang akan kami bahas lebih pada jenjang MTs serta jenjang SMA yang lebih mengutamakan pada aspek ponpes berasrama. Kedua jenjang tersebut sudah mengantongi akreditasi A sehingga bisa dibilang ponpes ini sudah mempunyai standar nasional yang layak untuk anda jadikan pilihan.

Nama lengkapnya yaitu MTs DMP (Diniyah Menengah Pertama). Artinya aspek pendidikan dalam ponpes diniyah ini menjadi bagian kurikulum itu sendiri. Bisa dibilang jika zaman sekarang disebut sebagai muatan lokal. Selain itu, juga terdapat jenjang SMP atau menengah pertama yang mengikuti kurikulum diknas.

Adapun untuk tingkat Aliyah disebut dengan Madrasah Aliyah Kulliyatul Mu’allimat Al Islamiyah. Dalam jenjang ini terdapat 3 jurusan yakni IPS, IPA dan studi timur tengah yang berfokus pada keagamaan. Dengan kata lain, ponpes Diniyah Putri ini mengakomodir diniyah sekaligus sains.

Buku Diniyah di Ponpes Diniyah Putri Padang Panjang

Beberapa buku diniyah yang diajarkan dalam pondok pesantren ini misalnya :

  • Mabahist fi Ulumil Quran
  • Tafsir Ibnu Katsir
  • Mustholahul Hadist
  • Riyadhus sholihin
  • Al Wafi fi Sarhi Arbain
  • Fiqh Mar’ah Muslimah
  • Sullamut Taufiq
  • Ushul fiqh
  • Rahiqul makhtum
  • Fathul Qarib
  • dan lainnya

Beberapa buku diniyah diatas mengindikasikan bahwa sistem pendidikan di Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang berjalan dengan cukup baik. Berbagai dasar keilmuan Islam banyak dipelajari di ponpes ini mulai dari Al Quran, Aqidah, Hadist, Fiqih dan Siroh Nabawiyah. Dengan demikian, para santri dapat menguasai dasar Islam dengan sangat baik.

Kelebihan Pondok Pesantren Diniyah Putri

Terdapat beberapa kelebihan dari pondok pesantren Diniyah Putri ini yang menurut kami sangat istimewa. Kelebihan yang pertama yaitu aspek tahfidz Al Quran. Di ponpes ini terdapat target untuk menghafal Al Quran minimal 2 juz dan jika bisa mencapai 30 juz.

Kelebihan yang kedua yakni karena pondok pesantren ini menganut metode multiple intelligence yang artinya seluruh santri dianggap sama antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada santri yang dianggap paling unggul dari pada santri yang lain. Semua dilihat berdasarkan minat dan bakat mereka masing-masing. Untuk mendukung sistem ini maka di ponpes ini tersedia 20 ektrakulikuler yang bisa dipilih.

Tersedia eskul akademik serta non akademik. Untuk materi Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, Matematika dan lainnya juga memiliki tempat di pondok pesantren ini. Adapun untuk ekstrakulikuler non akademik misalnya tata boga, tata busana, bordir, fotografi, menulis, menjahit, desain film, shooting dan lainnya. Menurut kami inilah kelebihan utama dari ponpes Diniyah Putri Padang Panjang.

Home Stay Sampai Luar Negeri

Kami belum mendapatkan informasi apakah pada masa pandemi seperti sekarang ini hal ini tetap berlaku, akan tetapi salah satu hal istimewa dari ponpes Diniyah Putri ini yaitu home stay hingga enam minggu di berbagai negara misalnya Malaysia, Australia dan Jepang.

Tidak lupa juga terdapat program umroh. Bahkan untuk kegiatan studi banding ada yang sampai Bursa Efek Indonesia Jakarta, DPR- MPR serta studi ilmiah di berbagai negara Asia maupun Eropa.

Pendaftaran Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang

Untuk pendaftaran ponpes Diniyah Putri yang tertera umumnya mulai bulan Mei hingga Juni. Anda tidak perlu datang karena cukup mengunjungi web pendaftaran. Adapun persyaratan administrasi yang perlu dipenuhi yaitu :

  • Fotokopi Akta lahir
  • Scan KTP wali/ orang tua
  • Fotokopi KK
  • Tes kesehatan
  • Kartu NISN

Sementara untuk biaya pendaftaran jenjang SMP dan MTs adalah Rp 450.000, dan untuk jenjang MA adalah Rp 650.000.

Biaya Masuk Ponpes Diniyah Putri

Untuk biaya masuk pondok pesantren, kami memperoleh informasi yakni untuk tahun ajaran 2020-2021 adalah sebesar 25 jutaan dan untuk biaya SPP setiap bulan sekitar

1,5 jutaan. Perkiraan biaya ini dapat ditanyakan lebih lanjut pada lembaga terkait.

Menurut kami biaya ponpes Padang ini cukup standar mengingat banyak sekali kelebihan yang diberikan untuk para santri.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Ponpes Diniyah Putri ini terletak di Jl. Abdul Hamid Hakim nomor 30, Desa Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kabupaten Padang Panjang.  Untuk informasi lebih lengkap, anda dapat menghubungi nomor kontak 0275282368 atau melalui website resminya.

Demikian ulasan mengenai Pesantren Diniyah Putri Padang Panjang yang merupakan pondok pesantren khusus putri bagi anda yang ingin memasukkan putri kesayangan anda di pondok pesantren. Banyak kelebihan yang ditawarkan di ponpes Diniyah Putri ini sehingga namanya menjadi mahsyur di wilayah Padang.

 

 

 

 

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *