Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang

Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang. Ciri Khas, Kelebihan dan Biaya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang. Walaupun termasuk sebagai pendidikan tradisional, akan  tetapi pesantren adalah sistem serta lembaga pendidikan paling tua di Indonesia. Adapun salah satu wilayah di Indonesia yang  memiliki banyak rujukan serta referensi pesantren terbaik adalah Malang.

Pesantren diri menjadi ciri khas produk pendidikan dan budaya di Indonesia yang mayoritas mempunyai sistem asrama atau pondok. Di dalam pesantren tersebut, santri akan dididik selama 24 jam penuh dengan bimbingan para ustadz atau kyai yang mumpuni.

Orang tua yang memasukkan putra-putri mereka di pesantren umumnya berharap supaya anak menjadi lebih mengenal sekaligus memahami ilmu agama Islam dengan kuat. Apabila anda juga berfikir demikian, maka pesantren Daarul Ukhuwwah Malang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anak anda dalam mengemban ilmu agama.

Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah bisa dibilang sebagai salah satu ponpes modern yang tumbuh sangat pesat. Para santri di ponpes ini berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kampusnya dibuat sangat menarik lengkap dengan bangunan gedung yang bagus.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas lebih jauh mengenai Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memilih pondok ini untuk menyekolahkan putra-putri anda.

Beberapa Informasi Penting Ponpes Daarul Ukhuwwah Malang

Ponpes Daarul Ukhuwwah Malang

Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah yang juga disingkat sebagai PPDU adalah lembaga wakaf yang berdiri tahun 2010 oleh Dr. KH. M. Ajir Abdi Moenip Lc Ma. Ponpes ini bergaya modern dan berada di tengah boarding school megah yang ada di Malang dan Batu.Ponpes ini tersedia untuk santriwan maupun santriwati dengan rujukan Pesantren Gontor Ponorogo.

Dalam melaksanakan seluruh aktivitas pendidikannya, pesantren yang memiliki arti Rumah Persaudaraan ini mempunyai sebuah visi yang besar. Yaitu menjadikan ponpes sebagai tempat ibadah serta pusat pendidikan Islam panutan yang membimbing generasi Rabbani yang mencetak para ulama pejuang yang bersedia untuk membimbing seluruh umat menuju ridho Allah pada semua tatanan yang sangat kokoh, menghindari perpecahan dan mengedepankan persatuan.

Pendidikan di Ponpes Daarul Ukhuwwah

Menurut pendapat kami, sistem pendidikan yang diterapkan di ponpes Daarul Ukhuwwah Malang hampir mirip seperti Pondok Pesantren Gontor. Kurikulum yang digunakan adalah model KMI yang menggabungkan antara pendidikan umum serta pendidikan agama di kelas.

Durasi pendidikan di Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang adalah 6 tahun apabila santri berasal dari lulusan SD, sedangkan jika merupakan lulusan SMP waktu pendidikan yang harus ditempuh adalah 4 tahun yang dinamakan dengan kelas intensif. Selain itu, ditambah dengan masa pengabdian selama 1 tahun.

Pada dasarnya memang tidak banyak ponpes yang meniru sistem pendidikan di Gontor yang sama persis seperti ponpes Daarul Ukhuwwah ini. Maka dari itu juga disebut-sebut sebagai ponpes modern di kota Malang.

Di antara keunggulan yang mencolok adalah dari segi bahasa arab yang aktif serta pembiasaan bahasa inggris dalam berkomunikasi. Dengan bahasa bilingual ini diharapkan santri bisa siap untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih baik di dalam maupun di luar negeri.

Tahfidz Quran di Ponpes Daarul Ukhuwwah Malang

Pesantren Daarul Ukhuwwah juga menambah unsur tahfidz Quran. Target minimal hafalan para santri adalah 6 juz, sehingga dalam satu tahun santri di ponpes ini minimal bisa menghafal 1 juz.

Bahkan diharapkan para santri dapat menghafalkan hingga 30 juz. Ini pastinya merupakan jumlah yang banyak. Padahal ponpes alumni dari Gontor Malang ini bukanlah ponpes khusus untuk tahfidz Quran. Sebagai calon santri pastinya anda bisa memanfaatkan sistem pendidikan ini untuk belajar pendidikan pesantren sekaligus menghafal Al Quran.

Ciri Khas Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang

Berdasarkan pendapat kami terdapat beberapa ciri khas dari pesantren ini. Yang pertama yaitu cara berpakaian dengan model kemeja resmi serta mengenakan dasi. Ketika pergi ke masjid harus mengenakan sarung serta kopyah hitam. Lalu jadwal harian di ponpes ini juga tertata sangat rapi agar para santri dapat melaksanakannya dengan tertib.

Porsi waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menghafal di pesantren ini terbilang cukup banyak. Setelah subuh sampai sekitar 1 jam, dan menjelang hingga sesudah magrib juga diberikan waktu sekitar 1 jam. Dalam artian santri diberikan waktu sekitar 2 jam untuk hafalan.

Ciri khas yang lain yaitu dari aspek ibadah yang bisa dibilang cukup banyak. Mulai dari qiyamullail sebelum sholat subuh, sesudah ashar membacan Al Ma’surat. Sebelum tidur para santri ada ibadah witir terlebih dahulu.

Kelebihan Pondok Pesantren

Keunggulan yang pertama yaitu tempat. Walau bagaimanapun kota Malang adalah tempat yang mempunyai geografis bagus serta udara yang sangat nyaman. Bahkan berbagai gedung di kota ini tertata dengan rapi.

Kelebihan yang lain yakni santriwan dan santriwati mempunyai kampus terpisah. Model ini tentu akan menghasilkan pendidikan pesantren yang lebih baik karena para santri menjadi lebih fokus.

Pendaftaran Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang

Apabila ingin masuk menjadi santri ponpes Daarul Ukhuwwah, maka harus bersiap untuk mengikuti ujian. Misalnya membaca Al Quran, tes Matematika, tes bahasa arab dan wawancara orang tua serta calon santri.

Sedangkan persyaratan yang harus dipersiapkan yaitu akta kelahiran, FC KK, KTP orang tua, SKHUN, Ijazah, foto berukuran 3×4 sebanyak 3 lembar dan NISN. Selain itu, juga perlu menyertakan surat keterangan sehat dan surat keterangan kesanggupan untuk ikut pendidikan dalam waktu 4 tahun bagi lulusan SMP dan 6 tahun bagi lulusan SD.

Biaya Pondok Pesantren

Biaya masuk ponpes ini sesuai dengan pilihan masing-masing berdasarkan berasan infaq jariyah. Berikut ini beberapa pilihan tersebut.

Jenis A

Putra : Rp 8.300.000

Putri : Rp 9.000.000

Jenis B

Putra : Rp 8.800.000

Putri : Rp 9.500.000

Jenis C

Putra : Rp 9.300.000

Putri : Rp 10.000.000

Jenis D

Putra : Rp 10.300.000

Putri : Rp 11.000.000

Alamat Lengkap Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah

Ponpes ini terbagi menjadi 2 kampus. Yang pertama terletak di Jl. Jagung, Dsn. Bamban, Ds. Askrikraton, Kec. Pakis, Kab. Malang. Untuk informasi lebih detail anda dapat menghubungi nomor 085649984545.

Adapun untuk santriwati bisa datang ke Jl. Untung Sudiro, Ds. Cemorokandang, Kec. Kedungkandang, Kab. Malang. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor kontak 085791138966.

Demikian ulasan mengenai Pesantren Daarul Ukhuwwah yang dapat menjadi salah satu tujuan ponpes bagi putra-putri anda khususnya yang tinggal di sekitaran Malang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *