Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak. Ini 10 Caranya

Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak

AnakIslam.com – Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak. Pendidikan adalah hal yang penting bagi manusia. Dengan pendidikan akan mudah bagi seseorang untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat baik yang dibutuhkan langsung saat ini atau nanti. Karena pentingnya pendidikan inilah, maka banyak sekolah dengan berbagai jenjang berdiri di sekitar kita, salahsatunya adalah Taman Kanak-kanak (TK). Di artikel berikut ini kami akan menjelaskan pada Anda, bagaimana cara mendapatkan sekolah TK untuk buah hati tercinta Anda.

10 Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak

Ada beberapa cara untuk memilih sekolah Taman Kanak-kanak bagi anak, diantaranya sebagai berikut :

  1. Reputasi dan akreditasi sekolah

Reputasi adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orang tua yang akan memasukkan anak-anak di jenjang TK. Reputasi sekolah yang baik bisa dilihat dari berbagai indikasi yang menyertainya. Biasana sebelum memilih sekolah TK, banyak orang tua yang menanyakan reputasi sekolah pada keluarga atau  kerabat yang pernah menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah.

Cara lain untuk mengetaui reputasi sebuah sekolah adalah dengan mengetaui nilai akreditasinya. Karena dengan nilai akreditasi yang baik, setidaknya kita sudah mendapatkan gambaran tentang reputasi sekolah itu dari standar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika memungkinkan, kita bisa juga mencari informasi yang sejenis melalui browsing di internet.

  1. Sesuaikan dengan kondisi anak

Hal penting yang kadang dilupakan oleh orang tua adalah sering lupa untuk mengetaui kondisi anaknya. Mereka ingin yang terbaik versi mereka, tapi tidak tahu bagaimana kondisi anaknya masing-masing.

Misalnya melihat anak tetangga yang berprestasi pada satu bidang, lalu menanyakan pada orang tuanya sekolah-sekolah yang pernah dimasuki anak itu, lalu berharap dengan masuk ke sekolah tersebut anaknya bisa sama dengan anak tetangganya. Padahal setiap anak punya kemampuan, potensi dan minat yang berbeda satu sama lain. Untuk menyuasaikan dengan kondisi anak inilah maka penting untuk mengetahui kurikulum sekolah. .

  1. Kurikulum sekolah

Hal penting lainnya yang menjadi pertimbangan dalam mencari sekolah TK untuk anak adalah kurikulumnya. Untuk hal ini lebih baik menyesuaikan dengan yang Anda inginkan. Sebagai orang tua kita tahu bagaimana minat anak-anak kita, karena itulah dalam mencari sekolah, sebaiknya menyesuaika dengan minat mereka, tentunya juga dengan pertimmbangan mencari sesuatu yang penting bagi mereka.

Misalnya jika kita ingin anak kita sejak usia dini mempunyai pengetahuan agama Islam yang cukup, maka kita bisa memilihkan untuk mereka TK Islam yang ada di tempat tinggal kita. Pertimbangan ini bisa diambil misalnya supaya kelak di kemudian hari mereka punya dasar dan motivasi lebih untuk mempelajari hal-hal yang bernuansa Islam.

  1. Mengenali kualitas dan jumlah guru di sekolah

Dalam proses pendidikan, kurikulum yang baik tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan tenaga pengajar yang baik. Karena itu setelah tahapan diatas Anda tentukan, jangan lupa untuk mencari informasi tentang kualitas guru di sekolah yang akan dituju.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu jumlah guru yang ada, karena jumlah guru yang terlalu sedikit, atau tidak seimbang dengan jumlah siswa, akan membuat guru terlalu lelah dan proses belajar mengajar tidak berjalan dengan efektif. Idealnya satu guru di sekolah TK mengajar 15 orang anak.

  1. Pertimbangkan biaya sekolah

Sekilas memang tampak aneh, tapi hal ini tidak bisa diabaikan. Apalagi jika Anda mensyaratkan sekolah TK untuk anak Anda sebagaimana diatas ; yang reputasi dan akreditasinya baik dan Islami, tentu biasanya harganya tidak sama dengan TK pada umumnya.

Hal ini lumrah, karena semakin spesifik syarat sebuah layanan dalam hal ini sekolah, maka semakin besar juga biaya operasional yang harus dikeluarkan. Misalnya untuk mendapatkan berbagai kebutuhan yang sesuai dengan standar ini bukanlah hal yang mudah. Misalnya untuk mendapatkan tenaga pengajar yang sesuai dengan dtandar diatas tentu lebih sulit dibanding untuk mendapatkan tenaga pengajar dengan standar yang biasa-biasa saja. .

Mempertimbangkan biayay sekolah ini juga sebagai pertimbangan berapa biaya rutin yang harus dikeluarkan bagi orang tua, seharusnya tentu sesuai dengan kemampuan.

  1. Pastikan keamanan untuk anak

Anak TK adalah anak yang masih kecil dengan rentang usia antara 5 sampai 7 tahun. Usia yang harus mendapatkan pengawasan dari orang-orang yang lebih dewasa. Karena kondisi mereka inilah, maka faktor keamanan seharusnya tidak boleh diabaikan dalam mencari sekolah bagi anak. Sekolah yang aman bisa membuat hati kita sebagai orang tua merasa aman, tidak was-was, apalagi saat misalnya terlambart menjemput anak karena ada sesuatu hal.

  1. Pertimbangkan lokasi sekolah

Sebagian besar anak-anak sekolah pulang dan perginya diantar oleh Ibu atau nenek atau asisten rumah tangga. Karena pertimbangan inilah perlu juga mempertimbangkan lokasi sekolah. Alangkah baik jika sekolah yang dipilih jaraknya tidak jauh dari rumah. Dengan begitu tidak memberatkan mereka yang mengantar anak.

  1. Pahami lingkungan sekolah

Faktor lingkungan tidak bisa diabaikan dalam proses pendidikan. Lingkungan sekolah juga akan mempengaruhi alam bawah sadar anak, karena lingkungan ini akan terus dilihat oleh anak saat mereka menjalani proses pendidikan. Maka sebaiknya kita memperhatikan lingkungan sekolah untuk supaya anak bisa mendapatkan pengaruh yang positif, baik dari sekolah juga dari lingkungan sekitar sekolah.

  1. Fasilitas dan ekstrakurikuler

Setelah semua diatas sudah dilakukan dan mendapatkan beberapa alternative yang akan dipilih, maka yang tidak boleh diabaikan adalah fasilitas dan kegiatan ekstra kulikuler yang disediakan sekolah.

Fasilitas sekolah ini penting demi kenyamanan anak-anak saat menjalani proses belajar. Dengan fasilitas yang baik, tentunya mereka lebih merasa nyaman dalam menerima pelajaran dari guru. Kegiatan ekstrakulikuler juga tidak bisa diremehkan, karena pada usia ini anak selalu ingin mencoba hal-hall baru, maka tidak ada salahnya untuk memberi mereka kesempatan untuk memilih kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai dengan minatnya.

  1. Survei langsung ke sekolah

Jika semua sudah sesuai dan tersisa pilihan hanya sedikit saja, maka untuk memastikan lagi sebelum mengambil keputusan untuk memasukkan anak ke sekolah tertentu, adalah dengan datang langsung survei ke sekolah.

Hal ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya apa yang tertera dalam website atau keterangan yang didapat dari beberapa orang tidak sesuai dengan kenyataan.

Dalam tahap inilah orang tua harus bisa memperhatikan dengan seksama, sekolah mana yang baik dan layak untuk anak-anak mereka, karena nantinya sekolah ini bisa menjadi rumah kedua bagi mereka. Sebagian waktu mereka dalam 2 tahun ke depan akan dihabiskan disana.

Dari berbagai pertimbangan di atas, pastikan Anda sudah bisa untuk memilih sekolah yang tepat dan baik untuk anak guna mendukung masa depan mereka kelak. Itulah pembahasan kita kali ini tentang Cara Memilih Sekolah TK untuk Anak, semomga bermanfaat.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *