Wisuda TK Islam. Tema, Susunan Acara dan Persiapan yang Harus Ada. Apa Saja ?

Wisuda TK Islam

Mempunyai anak yang sekolah di TK memang sangat membahahagiakan. Ya, ini adalah tahapan pertama bagi mereka untuk sekolah dan berinteraksi dengan teman-temannya. Apa yang mereka jalani dalam kesehariannya akan menjadi bekal kelak saat berinteraksi dengan teman-teman lainnya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tapi dengan berjalannya waktu, sebahagia apapun anak kita menjalani proses belajarnya di TK, akan datang waktunya bagi mereka untuk berpisah dengan teman-temannya. Acara ini biasanya dikenal dengan acara Wisuda / Perpisahan TK Islam. Acara ini cukup seremonial, membahagiakan sekaligus mengharukan karena bagi seorang pendidik untuk sampai di momen ini sangat melegakan, karena telah meluluskan anak didiknya untuk lanjut ke jenjang selajutnya.

Tapi di sisi lain mengharukan, karena esok hari sang pendidik sudah tidak bisa bertemu dengan anak-anak didiknya lagi, yang biasanya rutin mereka didik setiap harinya. Karena itu bisa dikatakan bahwa acar wisuda TK ini sangat penting dilakukan bagi pendidik dan murid-muridnya.

Karena acara ini dilakukan sekali dalam setahun, maka penting untuk memperhatikan berbagai hal yang perlu disiapkan, dengan harapan nantinya acara wisuda TK Islam ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan. Dengan suksesnya acara ini juga menjadi daya tarik bagi orang tua dan calon siswa di tahun ajaran selanjutnya.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam setiap pagelaran acara Wisuda TK Islam ? Berikut diantaranya:

Berbagai Hal yang Perlu Disiapkan saat Acara Wisuda / Perpisahan TK Islam

  1. Tema Wisuda TK islam

Saat akan melakukan suatu acara pagelaran tertentu, penting untuk menentukan temanya lebih dahulu, begitu juga dengan acara wisuda TK Islam ini. Tema diperlukan untuk menentukan apa saja yang diperlukan nanti saat acara. Dengan pemilihan tema yang benar, maka berbagai hal yang terkait dengan acara bisa direncanakan dengan baik.

Adapun beberapa  contoh Tema Wisuda TK Islam yang bisa dipakai adalah sebagai berikut:

  1. Jadilah generasi qur’ani kebanggaan agama, nusa dan bangsa
  2. Menuju generasi muslim yang tangguh, cerdas dan berakhlak mulia
  3. Lahirkan generasi rabbani yang cinta Quran
  4. Siapkan anak hebat, cerdas dan berakhlak menuju Indonesia emas
  5. Bersama mengukir prestasi menuju generasi rabbani
  6. Generasi cerdas, ceria dan berakhlakul karimah
  7. Cetak generasi beriman dan bertaqwa sejak dini

Diatas hanya contoh, masih banyak lagi tema yang bisa dipilih. Yang perlu diingat adalah tema ini harus ada keterkaitan antara harapan bagi anak-anak dari unsur agama dan negara (masyarakat). Karena kelak anak-anak didik kita ini akan banyak berkiprah dan bermanfaat di keduanya.

  1. Persiapan Wisuda TK Islam

Persiapan yang dimaksud disini adalah segala hal yang diperlukan saat acara harus jauh-jauh hari disiapkan dengan baik. Mulai dari apa-apa yang nanti dipakai oleh anak-anak, guru dan yang lainnya yang terlibat hingga untuk urusan konsumsi dan akomodasi yang diperlukan.

  1. Baju Wisuda TK Islam

Baju Wisuda TK biasanya diwesa dari tempat persewaan baju setempat. Tapia ada juga sekolah yang sengaja membeli baju sendiri dengan alasan tertentu. Pastinya saat acara baju wisuda ini sudah dipastikan bisa dipakai oleh setiap anak-anak yang akan diwisuda di hari itu.

Belakangan ada beberapa orang yang memermasalahkan tentang TK yang diwisuda ini dengan dalih banyak pengeluaran untuk acara ini. Menurut admin semua kembali kepada niat masing-masing. Karena segala rangkaian pendidikan di TK termasuk di penghujungnya di acara wisuda ini adalah bentuk pendidikan bagi semua pihak, baik guru, anak didik dan orang tuanya.

Sebaiknya bagi wali murid untuk menyampaikan kelluh kesahnya tentang acaar wisuda ini baik-baik dengan pihak sekolah, bukan membahasnya di social media yang menjadi bola liar yang akhirnya mengakitkan keikhlasan dari pihak pendidik berkurang. Yang perlu diingat saat anak kita telah kita titipkan di sebuah lembaga untuk dididik, maka saat itulah kita juga belajar untuk menjadi wali murid yang siap patuh pada semua kebijakan sekolah yang kita pilih untuk mencerdaskan buah hati kita.

  1. Teks MC Wisuda TK

Teks MC Wisuda TK ini sebaiknya dipersiapkan dengan baik, sehingga saat MC tampil tidak terjadi kesalahan yang fatal, misalnya salah membacakan urutan acara yang membuat jalannya acara wisuda TK ini kurang berjalan dengan khidmat.

  1. Teks Prosesi Wisuda TK

Saat prosesi wisuda dimana anak-anak biasanya naik ke panggung dan melakukan seremonial layaknya wisuda pada umumnya, penting untuk menyiapkan teksnya dengan harapan urutan-urutannya bisa berjalan dengan benar.

  1. Susunan Acara Wisuda / Perpisahan TK Islam

Susunan acara wisuda / perpisahan TK Islam biasanya secara garis besar terdiri dari pembukaan yang berisi sambutan dan tausiyah dari Kepala Sekolah / Yayasan, tausiyah dari tokoh ulama setempat. Selanjutnya baru acara hiburan yang menampilkan aksi anak didik. Baru selanjutnya di penghujung acara dilakukan prosesi wisuda.

  1. Acara Wisuda / Perpisahan TK yang Menarik

Besar harapan para guru agar acara Wisuda / Perpisahan TK ini bisa Menarik dan memberi kesan yang mendalam bagi orang tua dan anak didiknya masing-masing. Tentunya untuk mewujudkan ini dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

 

Sekian pembahasan kita kali ini tentang wisuda TK Islam. Anda dapat membaca bacaan berkualitas lainnya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam di website ini, AnakIslam.com.

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *