8 SD Islam Purwokerto Terunggul. Para Orang Tua Wajib Tahu

sd islam purwokerto

Ingin memiliki anak yang tumbuh dengan jiwa Islami? Sudah saatnya para orang tua untuk melirik kearah sekolah dengan sistem Islam. Adapun di Purwokerto terdapat beberapa SD Islam terunggul Purwokerto. Sekolah-sekolah ini tentunya memiliki reputasi yang baik, tidak hanya urusan agama Islam, tetapi juga bidang ilmu umum.

Sekolah adalah tempat menuntun anak untuk mampu berfikir dan bersikap. Tetapi sekolah yang baik harus juga mampu membuat anak berfikir dan bersikap dengan adanya tuntunan batasan moral. Ini penting karena pemikiran dan sikap yang bebas, cenderung akan menghasilkan pemikiran dan sikap yang liar.

Mengapa Harus Sekolah Islam?

Ilmu pengetahuan selalu bergerak bebas ke arah yang tidak diketahui. Pergerakan bebas dari ilmu pengetahuan itu tentunya harus dapat dikontrol oleh manusia agar tidak berkembang ke arah yang berbahaya. Akan tetapi kontrol manusia ini tentu tidak akan sempurna jika tanpa adanya sikap dan moral yang kuat.

Sikap dan moral yang kuat ini tentu dapat diperoleh dari pendidikan rohani. Dari pendidikan ini manusia akan mengetahui batasannya sebagai makhluk hidup. Sebagai seorang muslim, pendidikan rohani yang tepat tentunya adalah pendidikan agama Islam. Dengan pendidikan iman yang tepat tentunya seorang anak akan berkembang menjadi baik dalam komunitasnya.

Rekomendasi Sekolah Dasar Islam Terunggul di Purwokerto

Hanya karena predikat Islam dalam suatu sekolahan, belum tentu menjadikan sekolah itu bagus. Ilmu Islam haruslah disampaikan secara tepat agar tidak adanya pemahaman yang keliru. Pemahaman ilmu Islam yang tepat tentu hanya dapat dilakukan oleh beberapa sekolah yang kompeten. Berikut adalah beberapa sekolah SD yang kompeten dalam bidang ilmu Islam:

1. SDIT Mutiara Hati

Sekolah ini memang pantas disebut SD Islam terunggul Purwokerto. Ini karena SDIT Mutiara Hati telah menerapkan kompetensi nasional 2013 dalam pembelajarannya yang disempurnakan dengan sistem belajar tematik integratif. Sistem belajar ini yang tentunya akan lebih memudahkan siswa menyerap pelajaran dan membangun suasana yang menyenangkan.

Sekolah ini sangat menjunjung tinggi pemahaman dalam Al-Quran. Maka dari itu, sekolah ini memiliki metode penghafalan Al-Quran yang sangat kuat yaitu minimal 4 juz. Sekolah ini juga telah mengedepankan pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab. Untuk membangun suasana belajar yang menyenangkan, sekolah sering mengadakan aktivitas luar ruangan dan eksperimen sains.

2. SDIT Al Izzah

SDIT Al Izzah menerapkan pendidikan yang fitrah disertai dengan wawasan inklusif. Sekolah ini juga tetap memperhatikan kemampuan setiap siswa dengan memberikan fasilitas dan bimbingan yang sesuai dengan fitrah setiap siswa. Setiap siswa juga akan ditanamkan sikap dan prilaku yang sesuai dengan hadist dan Al-Quran agar menjadi dasar kepribadian yang baik.

Al-Quran dalam sekolah ini adalah fokus utama dalam membina iman siswa. Maka dari itu, sekolah sangat menekankan pada pembelajaran tahfiz, tahsin, serta pengamalan dari Al-Quran. Yang menjadi poin tambahan dari sekolah ini adalah adanya beasiswa bagi setiap murid berprestasi yang kurang mampu.

3. SD Unggulan Harapan Bunda

Sekolah ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan dan ilmu kemasyarakatan. Pemberian gelar SD Islam terunggul Purwokerto menjadi tepat karena kepedulian itu disempurnakan dengan nilai-nilai Islam di dalamnya. SD Unggulan Harapan Bunda juga menerapkan sistem pendidikan keseimbangan antara Al-Quran dan juga sains.

Sekolah ini sangat kuat menerapkan ilmu Al-Quran. Untuk dapat menghasilkan generasi yang Qurani, sekolah ini memiliki target hafalan 6 juz dalam kurun waktu 6 tahun. 6 Juz dalam 6 tahun ini sebenarnya angka yang cukup besar, karena tak banyak sekolah Islam yang berani mentargetkan sebanyak itu.

4. SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah

Untuk dapat menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas, sekolah ini menerapkan sistem kurikulum nasional yang dikolaborasi dengan prinsip Islam. Selain prinsip Islam, sekolah juga sangat memperhatikan kepribadian siswa agar menjadi siswa yang pemberani dan memiliki jiwa bertanggungjawab. Hal itu tentunya akan berpengaruh pada rasa simpati dan empati di dalam masyarakat.

Sekolah ini sangat memperhatikan iman Islami melalui penghayatan Al-Quran. Salah satu upaya untuk mengembangkan iman Islam pada setiap siswa adalah metode hafalan Al-Quran yang minimal 6 juz dalam 6 tahun. Selain ilmu agama, sekolah juga tidak melupakan pendidikan ilmiah serta keterampilan hidup sebagai bekal siswa setelah sekolah.

5. SD Terpadu Putra Harapan

Sekolah ini pantas disebut SD Islam terunggul Purwokerto karena menerapkan 3 kompetensi pembelajaran sekaligus, yaitu KTSP, kurikulum putra harapan, serta kurikulum nasional. Kurikulum-kurikulum tersebut tentunya akan memperkuat pembelajaran siswa baik di bidang ilmu agama maupun dibidang pendidikan umum. Ini juga tentunya akan berdampak pada penguatan karakter siswa.

Pada pengembangan ilmu Islam pada siswa, sekolah ini memfokuskan pembelajarannya pada haditz dan Al-Quran, serta praktik pada peribadatan. Sekolah juga memberikan pelatihan kemampuan pada siswa melalui program pembentukan karakter, kemampuan bilingual, serta praktik ICT. Melalui program tersebut siswa akan dilatih berjiwa pemimpin dan mandiri.

6. SD Islam Al Azhar 39

SD Islam Al Azhar sebenarnya adalah sekolah dasar yang sudah menasional dan tidak hanya terdapat pada kota purwokerto saja. Angka 39 di belakang namanya merupakan angka dari cabang sekolah SD Islam Al Azhar ini. Maka ini memang tepat jika sekolah ini disebut SD Islam terunggul Purwokerto.

Sekolah ini menerapkan kurikulum nasional dalam metode pembelajarannya yang diselaraskan dengan kurikulum Islam yang dimiliki. SD Islam Al Azhar 39 telah menelurkan sejumlah prestasi yang salah satu diantaranya juara cerdas cermat se-kecamatan pada tahun 2019. Sekolah ini memiliki fasilitas yang mumpuni seperti kolam renang, area bermain, serta ruangan kelas ber-AC.

7. SDIT Bina Anak Soleh

SDIT Bina Anak Soleh adalah sekolah Islam yang mengedepankan prinsip Tauhid dan penerapannya pada akhlak. Sekolah ini berdiri pada tahun 1994 dan telah memiliki jaringan mulai dari Jawa Tengah hingga provinsi DI. Yogyakarta. Jenjang pendidikannya pun tidak hanya SD, tetapi ada juga TK, SMP, hingga SMA.

SDIT Bina Anak Soleh menerapkan berbagai metode dalam penerapan pembelajarannya. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Al-Quran dalam setiap kebiasaan sehari-hari. Dengan metode ini siswa akan lebih mudah menghayati serta memahami Al-Quran. Kemudian pembelajaran diberikan secara persuasif agar komunikasi dengan siswa dapat berjalan dengan baik.

8. SD Qita

SD Qita memegang teguh prinsip Islam yaitu Rahmatan Lil Alamin sebagai harapan manusia berguna untuk seluruh jagat raya. Dengan prinsip ini, sekolah SD Qita mencoba mendorong siswa untuk menjadi pribadi yang berguna melalui program pendidikan yang dimilikinya.

SD Qita menggunakan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum khas yang dimilikinya. Sekolah ini juga tetap memperhatikan kemampuan siswa dengan menerapkan metode pendidikan contextual learning. Selain pemahaman aqidah, sekolah ini juga tidak lupa pada pendidikan karakter seperti ilmu kemandirian, kepemimpinan, kesehatan fisik, serta intelektual.

Pemilihan sekolah bagi anak adalah hal yang penting. Termasuk juga pemilihan sekolah Islam yang tepat agar aqidah anak tetap terjaga. Melalui artikel SD Islam terunggul Purwokerto ini diharapkan para ibu dan ayah tidak kesulitan lagi menentukan sekolah anak. Ilmu yang baik selalu ada pada tempat yang baik.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terunggul di Purwokerto. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *