9 SD Islam Samarinda Terunggul dengan Akreditasi A

sd islam samarinda

AnakIslam.com – SD Islam Samarinda Terunggul. Pendidikan merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan, sebab anak-anak akan bertumbuh dan berkembang sesuai lingkungannya terlebih lagi ketika masih kecil. Sekolah dasar menjadi tingkatan basic dan tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya. Kini juga banyak SD dengan fokus tertentu, salah satunya mengajarkan ilmu agama. Orang tua perlu tahu SD Islam terunggul Samarinda untuk menjadi pilihan.

Tidak hanya itu, Sekolah Dasar Islam di Samarinda biasanya jumlahnya cukup banyak yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat masyarakatnya. Sekolah yang memiliki kurikulum umum, berbasis Al Quran dan hadis, hingga sistem pendidikan full day juga mudah ditemukan. Penasaran apa saja SD Islam terunggul Samarinda tersebut? Berikut adalah sedikit ulasannya yaitu:

1. SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda

Rekomendasi pertama untuk para orang tua untuk mencari SD Islam terunggul Samarinda bagi anak-anaknya adalah SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Memiliki fasilitas sekolah yang lengkap dengan fokus untuk mengembangkan siswanya dalam lingkup sekolah hingga nasional. Selain itu, SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda juga sebisa mungkin menciptakan komunikasi kondusif antar sekolah dan orang tua.

Memiliki Akreditasi A sejak tahun 2016 membuktikan bahwa SD ini memang cocok dan bagus dari segi kualitas, fasilitas, dan tenaga pengajarnya. Berdiri sejak tahun 2004, SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda telah memiliki lulusan sebanyak 1265 dengan ratusan prestasi. Hadir dengan tagline “Sekolah Islam Berkemajuan” memerlukan beberapa tes sebelum diterima menjadi peserta didik.

2. Sekolah Dasar Islam Ar Rajwaa Samarinda

Selanjutnya adalah SD Islam terunggul Samarinda yakni Ar Rajwaa Samarinda yang berlokasi di Kelurahan Sungai Keledang, Kecamatan Samarinda Seberang. Sejak tahun 2018, SDI Ar Rajwaa Samarinda memperoleh akreditasi A yang menandakan bahwa fasilitas dan kualitas pengajarnya sangat baik. Selain itu, peserta didik di SD ini akan belajar selama 5 hari dengan waktu tertentu.

Pada sekolah ini juga ada berbagai pilihan mulai Madrasah Ibtidaiyah, taman pendidikan Al Quran, Raudhatul Athfal, hingga pesantren. Ditambah dengan pilihan pengajar serta sarana dan prasarana yang berkualitas tentu akan menjadikan lulusan yang terbaik.

3. SD Islam Al Hikmah Samarinda

Berikutnya yaitu SD Islam Al Hikmah Samarinda yang memiliki akreditasi A dengan waktu pelaksanaan kegiatan belajar adalah 6 hari. Memiliki sekitar 14 kelas ditambah berbagai fasilitas penunjang lainnya, sehingga SD ini akan cocok untuk perkembangan anak-anak.

4. Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda

Kemudian pembahasan SD Islam terunggul Samarinda adalah Sekolah Bunga Bangsa Samarinda yang hadir dengan berbagai prestasi menakjubkan. Fasilitasnya tidak perlu diragukan, sebab sekolah Islam ini sudah berskala Internasional. Selain itu, kurikulum yang digunakan mengikuti capaian Internasional yaitu Cambridge, pendidikan nasional atau K13, dan kurikulum internal.

Setiap peserta didik melakukan kegiatan full day yang berarti bahwa kegiatan, pembelajaran, hingga makan siang dilakukan di sekolah. Hal ini tentu untuk memaksimalkan potensi dan menemukan minat anak. Untuk biaya setiap bulan atau SPP dihargai sekitar 1 juta rupiah dengan biaya masuk 17.5 juta rupiah. Akan tetapi, hal ini sepadan karena pendidikan bukan hal mudah.

5. SD Al Firdaus Islamic School Samarinda

Telah berdiri sekitar 10 tahun, SD Islam terunggul Samarinda ini memang memiliki lokasi yang strategis karena berada di tengah perkotaan. Dinaungi oleh yayasan Uswatun Hasanah Samarinda yang fokus untuk perbaikan kualitas, kemampuan, dan sikap peserta didiknya. Tidak hanya itu, setiap tenaga pengajar yang ditugaskan di sekolah ini juga memiliki telah tersertifikasi UMMI.

Pemberlakuan kurikulum dalam SD Al Firdaus Islamic School juga dikembangkan berdasarkan capaian pembelajaran tingkat dasar dan menengah. Beberapa kegiatan menarik dan selalu ditunggu oleh peserta didik adalah family gathering dan perlombaan baik di dalam ataupun luar sekolah. Setiap peserta didik juga dituntut untuk patuh terhadap peraturan yang dimiliki dan dapat menemukan bakatnya.

6. Sekolah Dasar Islam Fastabiqul Khairat

SD Islam terunggul Samarinda berikutnya adalah Sekolah Dasar Islam Fastabiqul Khairat yang cukup terkenal dan diunggulkan se-Kalimantan Timur. Tidak main-main, sekolah ini sudah bekerja sama dengan berbagai layanan atau institusi pendidikan di negara lainnya yang berskala internasional. Mulai dari Cambridge University Press, Chinese Language Center, Singapore Mathematical Olympiad, dan sebagainya.

Selain itu, sistem pembelajarannya didasarkan pada Al Quran dan hadis, serta beberapa capaian target seperti menghafal 3 juz Al Quran. Kemudian ada juga program multi bahasa yang terdiri dari bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, dan Arab yang dapat dipelajari. Penggunaan multiple intelligences juga dilakukan untuk melakukan observasi terhadap perbedaan kemampuan peserta didik yang dimiliki.

7. SD Islam Tahfidz Quran Al Quds

Awalnya didirikan SD Islam Tahfidz Quran Al Quds adalah untuk membumikan dan memperkenalkan pendidikan Al Quran di Kalimantan Timur. Sistem pendidikannya juga diadaptasi dari sekolah Al Quran di Mesir yang menggabungkan dan mengkombinasikan pendidikan Al Quran dan formal. Akan tetapi model atau gaya pembelajarannya tetap mengikuti aturan pemerintah.

Serupa dengan namanya, SD Islam terunggul Samarinda memang didirikan bagi orang tua yang menginginkan pendidikan cocok untuk anaknya sebagai tahfidz. Pasalnya ada target hafalan Al Quran yang dimiliki yaitu sekitar 2 juz per tahun serta ratusan hadis. Dibanding sekolah umum lainnya, tentu target ini dapat dikatakan cukup tinggi dan peserta didik harus membacanya setiap hari.

8. SDIT Favorit Cordova Samarinda

Kemudian rekomendasi lainnya yaitu SDIT Favorit Cordova Samarinda yang telah ada cukup lama karena didirikan pada tahun 2000 awal. Pendirian tersebut merupakan hasil buah pemikiran bersama dari berbagai cendekiawan, pemuka dan ahli agama, serta tokoh masyarakat. Seperti tujuannya, SDIT Favorit Cordova Samarinda menginginkan peserta didiknya untuk sekolah, namun tidak melupakan agama.

Memiliki fasilitas beragama yang lengkap untuk menunjang kegiatan peserta didik yang terpusat di Masjid dan paham nilai tauhidiyah. Tidak kalah bersaing dengan sekolah umum lainnya, SDIT Favorit Cordova juga sering membawa lulusannya mencapai tingkat lanjut yang lebih berkualitas. Tidak lupa juga bahwa SDIT Favorit Cordova Samarinda ini memiliki akreditasi A.

9. SDIA Unggulan Al Fatah Samarinda

Pembahasan terakhir dalam SD Islam terunggul Samarinda adalah SDI Unggulan Al Fatah Samarinda yang disebut juga sebagai SD Islam Alam. Berbeda dengan beberapa sekolah dasar lainnya, sistem pendidikan ini mengkombinasikan ilmu hidup dengan kurikulum pemerintah. Oleh karena itu, diharapkan lulusannya akan memiliki life skills yang berkualitas dan dapat berguna.

Untuk pembelajaran, sebenarnya tidak jauh berbeda yaitu mempelajari mata pelajaran umum, bahasa Arab dan Inggris, kitab kuning, dan penguatan ilmu agama lainnya. Dibawah naungan dan dikelola oleh pondok pesantren Shuffah Hizbullah Samarinda menjadikan cukup kuat dalam ilmu agama. Selain itu, SDIA Unggulan Al Fatah Samarinda juga mengajarkan manasik haji untuk peserta didiknya.

Itulah beberapa daftar SD Islam terunggul Samarinda yang patut menjadi pilihan dan pertimbangan orang tua untuk memasukkan putra putrinya. Beberapa SD Islam memang lebih kuat pada agamanya, namun hal ini tidak melupakan pelajaran umum sehingga meningkatkan kualitas lulusan. Selain itu, anak juga dapat bersaing dengan seumurnya karena juga dibekali ilmu umum sekaligus agama yang kuat.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terunggul di Samarinda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini.

 

You May Also Like

About the Author: admin