10 SMP Islam Bekasi Terkemuka dan Paling Favorit

smp islam bekasi

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemeluk agama muslim yang dominan. Pada dunia pendidikan pun sudah banyak yang menerapkan pendidikan berlandaskan Islam. Salah satu banyaknya sekolah yang mengedepankan pendidikan keagamaan terlihat pada banyaknya SMP Islam terkemuka Bekasi yang kualitasnya bertaraf nasional.

SMP Islam yang akan dibahas ini memiliki keunggulan tersendiri di setiap sekolahnya. Banyaknya prestasi yang ditorehkan di setiap tahunnya menjadikan banyak sekolah Islam yang berlomba-lomba untuk memajukan sekolahnya. Kualitas dari sekolah Islam sekarang sudah banyak yang bertaraf nasional maupun internasional. Berikut beberapa rekomendasi SMP Islam terkemuka Bekasi:

Daftar 10 SMP Islam Bekasi Terkemuka dan Paling Favorit

1. Gema Nurani Integrated Islamic School

Sekolah Islam elit ini didirikan pada tahun 1989 di daerah Kaliabang, Bekasi Utara. Program pembelajaran yang digunakan di sekolah ini yaitu kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum JSIT. Ada beberapa jenjang sekolah mulai dari TKIT sampai SMAIT, jenjang Quba juga ada di Sekolah Islam elit ini.

Jenjang yang menerapkan kurikulum internasional yaitu jenjang Quba dengan kurikulum Cambridge International Curriculum dan IHES. Program yang diajarkan tidak hanya tentang sains tetapi juga pengembangan sikap dan karakter sesuai dengan ajaran Al-qur’an. Tidak heran jika sekolah Islam ini menjadi sekolah favorit yang menciptakan lulusan terbaik.

2. SMP Al-Azhar 8 Kemang Pertama

SMP Islam terkemuka Bekasi yang satu ini menjadi sekolah Islam elit dengan fasilitas lengkap dan kualitas yang di atas rata-rata. Biaya masuk untuk bisa bersekolah di SMP Al Azhar 8 ini bisa mencapai 27 jutaan. Jadi tidak heran jika banyak anak dari kalangan menengah ke atas lah yang bersekolah di sini.

Mata pelajaran yang diajarkan tidak hanya muatan lokal seperti bahasa Arab dan tahfidz, namun juga mata pelajaran formal. Materi sains di sekolah ini diajarkan secara intensif untuk mencetak kelulusan dengan nilai yang memuaskan.

3. SMP Islam Terpadu Iqro’ Kota Bekasi

Sekolah dengan konsep semi Boarding School dan pesantren ini terletak di Rawa Gede Wetan, Kelurahan Jati Melati, Kacamata Pondok Melati. Setiap siswa tidak wajib untuk berada di asrama selama seminggu, namun cukup lima hari saja. SMP ini menerapkan kurikulum nasional dalam proses pembelajarannya.

Untuk ajaran keagamaannya selain di sekolah juga diterapkan di pesantren. Siswa mengikuti program menghafal Al-Qur’an sebanyak 3 juz. Pada malam harinya diadakan kajian rutin di pesantren yang bisa mengembangkan dan menambah ilmu bagi siswanya. Biaya untuk bisa masuk sekolah ini sekitar 18 juta dengan SPP setiap bulan 1,3 juta.

4. SMPIT Al Husnayain Bekasi Barat

SMP yang didirikan pada tahun 1993 ini bertempat di Jalan Rambutan Raya Harapan Baru, Bekasi Barat. Sekolah yang mengusung konsep pesantren ini mewajibkan siswanya untuk belajar tahfidz Quran. Minimal targetnya surah Al-baqarah, juz 29, dan juz 30.

Tidak hanya tentang agama, di SMPIT ini juga mengajarkan ilmu multimedia seperti desain grafis, informasi teknologi, dan multimedia. Kemampuan berbahasa seperti bahasa Arab dan Inggris juga diajarkan setiap harinya. Tak heran jika SMP ini masuk daftar smp islam terkemuka bekasi.

5. MIMha Tsanawiyah Informatika

Sekolah Islam di Bekasi ini sudah bertaraf internasional. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk menunjang program KMB agar berjalan dengan lancar. Tidak hanya pembelajaran keagamaan yang baik, pembelajaran formal lainnya pun sangat didukung di sekolah ini buktinya banyak prestasi internasional yang diperoleh.

Ekstrakurikuler yang terdapat di sekolah ini sangat mengedepankan minat dan bakat para siswanya. Seperti ekstrakurikuler robotik, English club, fotografi, hingga anggar. Fasilitas seperti taman gizi, laboratorium, gedung olahraga, ruang konseling, CCTV, LCD, dan AC di setiap kelasnya. Tidak heran jika siswa yang bersekolah di sini dari kelas menengah ke atas.

6. Al Lathif Islamic School

Sekolah Boarding School yang berada di Bekasi ini menerapkan tiga kurikulum yaitu nasional, pesantren, dan internasional. Terdapat beberapa jenjang sekolah di tempat ini mulai dari PAUD sampai SLTA. Fasilitas yang disediakan untuk mendukung pembelajaran juga lengkap seperti adanya fasilitas internet, laboratorium, jogging track, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2015 sekolah ini telah mengadakan program tahfizd untuk menciptakan lulusan hafiz yang mampu menghafal Al Qur’an jus 30. Program ini berstandar Cambridge dan IB. Sekolah ini juga memiliki sarana untuk mengembangkan diri para muridnya sesuai dengan bakat masing siswa.

7. SMP An Ni’mah Al Karimah

SMP ini bertujuan mencetak generasi yang mempunyai rasa sadar terhadap agama dan berpola pikir kritis pada perkembangan zaman. Kurikulum yang digunakan untuk proses pembelajarannya yaitu kurikulum nasional, pesantren, dan internasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu active learning yang sangat membantu pembelajaran.

Program menghafal al-qur’an selama tiga tahun mewajibkan siswa untuk bisa menghafal 15 juz al-qur’an. Tidak hanya program menghafal di sekolah ini juga ada program latihan kepemimpinan pada kelas kepemimpinan untuk menciptakan pemimpin yang berkualitas.

8. SMP Islam Bintang Madani

Sekolah ini merupakan sekolah kolaborasi dari dua yayasan yaitu yayasan As-Syifa dan Zamzam Global Insani. Sistem pembelajaran bilingual untuk mengembangkan kepribadian siswa, potensi, dan ilmu siswa. Siswa juga diajarkan untuk terus menerapkan nilai-nilai Islam di kehidupannya.

Sekolah ini mampu untuk menciptakan alumni yang memiliki kepribadian yang religius dengan sikap kepemimpinan yang berkualitas. Pendidikan entrepreneurship dan intelektual yang diajarkan sudah tidak diragukan lagi kehebatannya.

9. SMP Islam PB. Soedirman Bekasi Utara

Sekolah Islam elit di Bekasi ini memiliki banyak variasi program pembelajaran. Seperti kelas bahasa, kelas sains, kelas SKS, dan kelas reguler. Untuk kelas bahasa, bahasa pengantar yang digunakan saat pembelajaran yaitu bahasa Inggris. Kelas sains yang dikedepankan yaitu mata pelajaran IPA dan Matematika.

Pada kelas SKS jumlah siswanya hanya 32 orang dan waktu yang ditempuh selama dua tahun. Di kelas reguler atau standar jumlah siswa 35 orang dengan jangka waktu pembelajaran seperti pada umumnya. Di sekolah ini juga ada program tahfidz yang harus mendaftar terlebih dahulu sebesar Rp250. 000,00, siswa diwajibkan menghafal 3 juz.

10. SMP Islam Terpadu Gameel Akhlaq

Berikutnya SMP Islam yang memiliki akreditasi A di Bekasi ini beralamat lengkap di Jln. Bambu Kuning No.25 Lumbu, Bekasi. Sekolah ini menerapkan sistem kelulusan yang sangat baik dengan beberapa kriteria kelulusan. Contohnya banyaknya hafalan yang ditargetkan untuk bisa lulus dan nilai TOEFL minimal score 380.

Standar kelulusan nilai mata pelajaran juga cukup tinggi yaitu minimal nilai 8 untuk Matematika, IPA, dan Bahasa. Tidak hanya mata pelajaran formal, akidah dan akhlak juga akan dipertimbangkan untuk kelulusan siswanya.

Sekolah dengan mengedepankan keagamaan memang memiliki biaya yang fantastis. Namun, fasilitas, pembelajaran, dan sarana prasarana yang disediakan juga di atas rata-rata. Seperti SMP Islam terkemuka Bekasi di atas yang kebanyakan biaya pendaftarannya cukup mahal. Kurikulum dan sistem pembelajarannya pun tidak hanya berstandar nasional, namun internasional.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Bekasi Terkemuka dan Paling Favorit. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin