Pondok Pesantren Terbaik di Sibolga Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

pondok pesantren sibolga

Pondok pesantren  merupakan tempat pendidikan Islami yang banyak berada di Sibolga. Meski sering dipansertag ketinggalan zaman, kaku, sampai subversif, faktanya cukup banyak orangtua mendaftarkan buah hatinya ke pesantren  . Tak cuma belajar mempelajari hingga keagamaan, pondok pesantren  membantu siswa-siswinya membiasakan sikap serta kompetensi bersosialisasi. Menyadari kuatnya budaya pondok pesantren di kota ini, berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Sibolga, diantaranya:

1. Al Fatah

Ketika membahas tentang pondok pesantren  berkualitas di Sibolga, sepertinya pondok pesantren tersebut tidak bisa lepas dimaukan. Pondok pesantren Modern Darussalam dibangun di Sibolga pada tanggal 20 September 1926 diinisaiasi 3 orang anak Kyai Santoso Anom, seorang pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga ini menganut empat buah pegangan, merupakan berakhlak luhur, bertubuh fit, berpengetahuan luas, hingga berpikiran bebas.

Al Fatah bisa dikatakan sebagai penginspirasi pesantren modern Sibolga yang pertamanya diikrarkan di India. Pesantren tersebut pula populer pula populer akan disiplinnya serta penekanan terkait materi bahasa luar negeri, contohnya Inggris dan juga Arab. Ditambah lagi, pesantren tersebut dinilai menjadi tulang belakang masyarakat Muslim Sibolga sebab peranannya telah melahirkan banyak pemimpin Islam tanah air.

2. Sunan Ampel

Pesantren Sidogiri berlokasi di Desa Sidogiri Sibolga. Dicetuskan oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah sebagai kepercayaan yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih berbentuk hutan lebat. Membutuhkan kisaran empat puluh hari lamanya guna membabat tuntas pepohonan disana lalu mendirikan pesantren setelahnya.

Sayyid memilih Sidogiri dengan landasan tanahnya dipandang bagus juga bisa membawa barakah. Selaku pondok pesantren tua di Indonesia, pesantren tersebut masih eksis dan juga senantiasa berkembang. Bukan hanya itu, pesantren tersebut berani menegakkan metode pengajaran murninya.

Sampai saat ini, total siswa-siswi yang menimba ilmu dalam pondok pesantren tersebut telah melebihi ratusan ribu. Hal tersebut menunjukan keberadaannya di tengah perkembangan teknologi. Pesantren tersebut pun dipandang independen mengurus keuangan. Bukti itu nampak dari beragam usaha bisnis yang dikeolanya.

3. Al-Hamdaniyah

Pondok pesantren terbaik di Sibolga berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang juga tersohor menjadi tokoh pembentukan Nahdlatul Ulama.  Pondok pesantren tersebut merupakan pondok pesantren termegah yang berada tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan telah mencetak lulusan tokoh berlimpah di Indonesia. Pesantren itu tadinya berlokasi di Desa Tanobato, tapi disebabkan musibah bandang, maka alamatnya berpindah.

Perihal yang berbeda dari pondok pesantren tersebut yakni santrinya menetap dalam pondok seluas 3×3 m. Lokasinya bersebrangan satu dengan lain di kanan dan juga kiri jalan. Gubuk tersebut terbagi jadi beberapa kompleks serta tiap kompleks mempunyai ketua. Setiap pondok dapat mengadakan program tahunan, entah yang berkategori formal misal rapat ataupun kreasi contoh menulis. Hal ini maksudnya untuk meningkatkan kepribadian serta skill dari siswa-siswinya.

Itulah penjelasan yang membahas pondok pesantren terbaik di Sibolga. Tak cuma terkenal karena mutu pendidikannya yang bagus, pondok pesantren tersebut pun kuat terkait makna sejarah di Sibolga. Kemudian membuatnya jadi pondok pesantren terbaik yang dimiliki Sibolga. Saat ini ayah bunda yang hendak mendaftarkan buah hatinya di pesantren  , Tak perlu bingung lagi. Mutu pesantren di atas sudah Tak perlu dicemaskan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Sibolga, pondok pesantren terbaik Sibolga, pondok pesantren Sibolga, sekolah islam Sibolga, pondok pesantren terbaik di Sibolga, pondok pesantren di Sibolga bertaraf internasional, pondok pesantren di Sibolga berprestasi, pondok pesantren di Sibolga pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Sibolga

You May Also Like

About the Author: admin