Pondok Pesantren Ambon Terbaik. 3 Pesantren Ini Rekomendasinya

pondok pesantren ambon

Berbeda dengan Sekolah Islam yang jumlahnya masih sedikit, di Ambon untuk pondok pesantrennya terbilang sudah cukup banyak. tapi karena keterbatasan referensi yang berada di internet, maka kami hanya bisa merangkumkan beberapa profil pondok pesantren dengan informasi yang mencukupi.

Dari sekian banyak pondok pesantren, hanya beberapa yang bisa kami rekomendasikan disini, tentunya yang memiliki aset digital yang bisa diakses oleh umum. Berikut nama-nama pondok pesantren yang kami rekomendasikan:

Beberapa Pondok Pesantren di Ambon yang Direkomendasikan

Pondok Pesantren Hidayatullah Liang-Ambon

Pondok pesantren ini berada dibawah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Liang-Ambon (YPPH-LA), yaitu merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang Da’wah, Pendidikan dan Sosial yang berdiri pada tanggal 05 April 1993 yang didirikan oleh Ust. Ismail Ernas.

Pondok pesantren ini mempunyai lahan seluas 70.250 M2 yang berlokasi di Dusun Tanah Merah Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Propinsi Maluku. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, pesantren ini sudah berusia 27 tahun.

Pondok pesantren ini sempat terhenti untuk beroperasi, hingga beroperasi kembali pada tahun 2005 hingga saat ini. Alhamdulilllah dengan berjalannya waktu pesantren ini berjalan dengan baik dalam peningkatan santri, bangunan dan usaha seperti sekolah penikatan ini bukan dari segi kualitatif tetapi juga dari segi kualitatif.

Informasi SMP Islam Ambon 

 

Pesantren Ishaka Ambon

Para santri Pesantren Ishaka Ambon yang rata-rata berasal dari kalangan ekonominya lemah tidak mengendorkan semangat para pengajar untuk tetap komitmen mendidik para santri menjadi orang yang teguh dalam keimanan.

Pesantren Ishaka Ambon sangat jauh dari kesan komersil apalagi bisnis. Untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah saja pihak pesantren hanya memungut biaya sebesar Lima ribu rupiah per bulan untuk tiap siswa. Bahkan meskipun biaya pendidikan di pesantren ini relatif sangat murah, kenyataannya hanya sekitar setengah dari jumlah siswaa saja siswa yang membayar iuran SPP.

Tapi hal ini cukup dimaklumi oleh pihak pesantren karena memang keadaan masyarakat muslim Ahuru secara ekonomi begitu memprihatinkan. Dengan berbagai kekurangan yang ada, pesantren ini didirikan dengan latar belakang semangat:

Pertama, Melihat kebutuhan masyarakat Muslim Ahuru akan pendidikan Islam, karena pendidikan Islam yang ada di Ahuru sangat kurang.

Kedua, dukungan dari tokoh-tokoh Islam di Ambon untuk membuat pesantren sebagai sarana untuk mempertahankan ‘aqidah dan wilayah Islam pasca konflik Ambon tahun 1999.

Ketiga, mencegah generasi Islam Ahuru dari menempuh pendidikan di lembaga pendidikan non-muslim untuk mempertahankan aqidah mereka.

Keempat, Adanya dukungan dari muhsinin yang mewakafkan tanah seluas satu hektar untuk pesantren.

Dengan berdirinya pesantren Ishaka problem masyarakat muslim Ahuru untuk persoalan dakwah, pembinaan dan pendidikan bisa mendapatkan jalan keluari. Sebab para pengajar Pesntren Ishaka disamping mengelola pendidikan formal juga aktif berdakwah kepada masyarakat setempat.

Kegiatan Santri

Untuk santri yang menetap di pesantren program yang diprioritaskan oleh penyelenggara pendidikan adalah tahfidz qur’an, bahasa Arab dan kaligrafi. Adapun kegiatan ekstra kurikuler untuk semua santri baik yang menetap di asrama maupun yang tidak menetap adalah pencak silat, bahasa Inggris dan pecinta alam.

Kepedulian kepada Kondisi Santri

Kepedulian pesantren Ishaka Ambon juga ditunjukkan ketika sebagian besar dari santri yang menetap di pesantren berasal dari keluarga miskin dan anak yatim dari pulau Buru. Semuanya tidak dipungut biaya sepeser pun baik biaya pendidikan maupun biaya makan sehari-hari.

Meskipun Pesantren Ishaka sampai hari ini belum memiliki donatur tetap namun semangat untuk tetap melanjutkan dan mengembangkan dakwah senantiasa menggelora di hati para pengelola dan pengajarnya.

Informasi SD Islam Ambon

 

Pondok Pesantren Al Anshar

Pondok pesantren ini didirikan oleh seorang H. Abu Imam Abdu Rohim Rumbara S. Pd.I. Ust Abu Imam, begitu ia biasa disebut, mendirikan pondok ini karena merasa ada keterpanggilan moril melihat anak-anak yang putus sekolah akibat konflik kemanusiaan yang melanda kota Ambon 1999 kala itu.

Maka dengan bermodal sebuah rumah kosong yang berada dikawasan Warasia, Desa Batu Merah, kota Ambon dimulailah Pondok Pesantren Al Anshar. Rumah kosong di kawasan daerah kumuh dan tak berpenghuni itulah cikal bakal lahirnya lembaga  Pendidikan Islam kelak cukup memberi kontributif di negeri Maluku, Pesantren Al Anshar.

Semua berjalan dengan bertahap, dimulai dari 12 orang anak yang ditampungnya yang sebagian besar dari mereka adalah anak dari keluarga tidak mampu. Dengan berjalannya waktu hingga kini jumlahnya santrinya sudah lebih dari 500 an orang yang tersebar di empat pondok yang berbeda, tapi masih dalam satu naungan, Pondok pesantre Al Anshar.

Pesantren Al Anshor menjadi satu diantara lembaga pendidikan di Maluku yang cukup kontributif. Bahkan, mulai menunjukan prestasinya dengan menjadi satu-satunya pondok pesantren di Maluku yang resmi mengelola Bank Waqaf Mikro dan satu dari 55 BWM di Indonesia yang mendapatkan izin operasional dari OJK RI.

Selain itu, sebanyak 52 santri yang dikirim ke luar Maluku untuk menempuh Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Yayasan Al Anshar juga menjajaki kerjasama perguruan tinggi dengan sejumlah Universitas diantaranya Universitas Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Maluku Uatara, Universitas Muhammadiyah Makassar, di Solo, di Jogja, di Jakarta, Bekasi, Bandung bahkan ada di Aceh.

Selain di dalam dalam Negeri, santri Al Anshor juga sudah ada yang menempuh Pendidikan di luar negeri, ada yang di Universitas Islam Madinah dan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Santri yang keluar negeri didukung beasiswa full, sementara di dalam negeri Yayasan Al Anshor masih terus meberi tanggungan, dan membuat nota kesepakatan setelah usai menempuh Pendidikan dia kembali mengabdi di Al Anshar. Selain itu pesantren Al Anshor juga memiliki masyarakat binaan yang tersebar di seantero Maluku.

Begitulah kiprah pondok pesantren Al Anshar di bawah kepemimpinan Ust Abu Imam. Bagi Anda yang ingin memondokkan buah hatinya, pesantren ini adalah salahsatu lembaga pendidikan Islam yang tepat.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Pondok Pesantren di Ambon. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu Pondok Pesantren di atas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang Pondok Pesantren Islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Ambon, pondok pesantren terbaik Ambon, pondok pesantren Ambon, sekolah islam Ambon, pondok pesantren terbaik di Ambon, pondok pesantren di Ambon bertaraf internasional, pondok pesantren di Ambon berprestasi, pondok pesantren di Ambon pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Ambon

You May Also Like

About the Author: admin