8 SD Islam Surakarta Solo Unggulan untuk Buah Hati Anda

sd islam surakarta

AnakIslam.com – Sebagai salah satu tempat menimba ilmu, sekolah tidak boleh asal pilih. Pastikan memilih SD Islam unggulan Surakarta yang menyajikan kualitas setara dengan sekolah bertaraf internasional. Senantiasa mencetak generasi yang Islami dengan pengetahuan serta wawasan yang luas. Berikut ini rekomendasi SD Islam unggulan yang berada di kawasan Surakarta:

8 SD Islam Surakarta Solo Unggulan dengan Pendidikan Bertaraf Global

1.   SD Insan Mulia

Pertama, terdapat SDIT Insan Mulia yang berada di kawasan Jalan Duku, Laweyan-Surakarta. Salah satu SD Islam unggulan Surakarta Solo yang memiliki misi untuk mencetak generasi yang dibekali iman dan takwa serta tidak lepas dari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan tetap mengacu pada kurikulum kancah nasional. Namun, di samping itu, setiap murid diberikan bekal mendalam dengan berbagai muatan agama yang lebih dominan.

Menjelang kelulusan, setiap murid harus bisa menghafal minimal 3 juz. Sikap disiplin dan mandiri secara tegas ditanamkan pada setiap murid di sekolah tersebut. Ada satu hal yang unik dari sekolah ini yakni adanya sistem voucher. Keberadaan voucher ini menjadi pencegahan agar murid tidak jajan secara sembarangan.

Jika tertarik mendaftar di sekolah ini, biaya pendaftarannya sekitar 250.000 rupiah. Untuk bisa mengulik informasi lebih lengkapnya bisa mengunjungi website resmi terkait. Kunjungi laman www.sdit.insanmulia.sch.id.

 

2.   SD Islam Al-Fattah

Selanjutnya, ada SD Islam Al-Fatah yang berdiri di kawasan Jalan Supeno, No. 16A, Manahan-Surakarta. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Berbagai prestasi diraih siswa-siswi terbaik dan berprestasi di sekolah Al-Fatah. Prestasi yang diraih beragam tingkat, mulai dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan berpedoman pada KTSP dan Kurtilas. Namun, di samping itu terdapat muatan unggulan mencakup bahasa Arab, tahfidz, bahasa Inggris. Menjelang kelulusan siswa, ditargetkan untuk hafal 2 juz, hafalan Hadits Arbain dan juga hafalan Asmaul Husna.

Biaya pendaftarannya sekitar 100.000 rupiah. Adapun biaya masuk di sekolah Al-Fatah mencapai 4 hingga 5 juta-an. Untuk informasi lengkapnya, bisa mengunjungi website resmi di laman www.sdislamialfattah.com.

 

3.   SD Islam Diponegoro

Terdapat SD Islam unggulan Surakarta Solo lainnya yang cukup tua. SD Islam Diponegoro merupakan salah satu sekolah yang cukup tua, berdiri sejak tahun 1952. Berada di bawah naungan Yayasan yang bernama Pendidikan Islam Diponegoro. Mulanya, sekolah ini hanya diperuntukkan murid putra saja. Namun, dua tahun selanjutnya, SD ini menerima murid putri.

Adapun kurikulum yang digunakan yakni umum dan agama Islam. Setiap pembelajaran dipercayakan pada pengajar yang profesional. Tidak hanya itu, setiap murid memiliki kebebasan untuk bisa meningkatkan minat atau bakat masing-masing murid.

Melalui acara Festival Anak Cerdas Berakhlak, setiap murid berkesempatan untuk tampil dengan minat dan bakat yang dimiliki. Sistem yang disuguhkan berupa perlombaan dengan kategori yang beragam. Untuk bisa bersekolah di sana, tentunya dikenakan biaya pendaftaran dan biaya masuk yang ditentukan. Adapun informasi lengkapnya bisa dilihat di website resmi sekolah. Kunjungi laman www.ypid.or.id.

 

4.   SD Islam Hidayatullah

Selanjutnya, SD Islam unggulan Surakarta Solo lainnya adalah SD Islam Hidayatullah. Sekolah yang berdiri tahun 2010 ini memiliki visi untuk menerapkan Religion and Character Building pada setiap murid-muridnya. Senantiasa memiliki pandangan luas berkancah dunia dengan sifat religious yang seimbang.

Keseimbangan yang dimaksud yakni, selain IPTEK, senantiasa menyajikan pembelajaran rohani, skill, kemampuan berpikir hingga cakap dalam menyelesaikan masalah. Sekolah memiliki misi untuk mencetak generasi yang berbekal IMTAQ dan tidak luput dari IPTEK. Adapun kegiatan pembelajaran yang disuguhkan mengusung metode active learning. Cara ini diharapkan mampu menjadi strategi untuk menuntun peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.

 

5.   SD Islam Nurus Sunah

Sekolah unggulan lainnya yang berada di Surakarta yakni SD Islam Nurus Sunnah. Salah satu sekolah yang menyuguhkan sistem pembelajaran kombinasi sistem Diknas dengan sistem yang dominan ajaran Islam.

Jenis pembelajaran berbasis ajaran Islam ini mencakup tadarus, tahsin dan semacamnya. Setiap peserta didik harus mampu menghafal dua juz di akhir kelulusan. Guru terbaik yang disuguhkan senantiasa menerapkan skema pembelajaran yang unik. Adanya pendekatan khusus guna memahami cara berpikir sang anak.

Dengan adanya pendekatan khusus tersebut diharapkan mampu menggali potensi yang dimiliki sang anak. Selanjutnya, sekolah pun bisa memfasilitasi setiap anak untuk bisa menyalurkan apa yang diminatinya. Setiap peserta didik diharapkan mampu berkembang melalui potensi/ bakat masing-masing. Tentunya hal ini tidak luput dengan bekal iman dan takwa serta IPTEK.

 

6.   SD Islam Sains Ibnu Qoyyim

Sesuai namanya, sekolah ini tidak hanya memprioritaskan pembelajaran agama. Namun, mengedepankan pembelajaran sains dan juga teknologi. Kurikulum yang digunakan pun merupakan kombinasi dari kurikulum Diknas dan Diniyah. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk bisa menerapkan pembelajaran yang setimbang.

Pembelajaran yang dilakukan dengan fasilitas multimedia yang menunjang. Tidak hanya itu, kegiatan outdoor pun dilakukan secara terjadwal. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan anak ketika belajar. Setiap peserta didik ditargetkan untuk menghafal 3 juz di akhir kelulusan.

Setiap peserta didik yang menimba ilmu di sekolah ini dikenakan biaya pendidikan sesuai ketentuan. Untuk informasi lengkapnya, kunjungi website terkait di laman www.ibnuqoyyim.sch.id.

 

7.   SD Islam Terpadu Darul Maárif

Masih ada SD Islam unggulan Surakarta Solo lainnya yakni SDIT Darul Maárif yang berada di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit-Surakarta. Sekolah ini berintegrasi pada sistem bertaraf nasional dan internasional.

Pembelajaran akan lebih efektif dengan adanya pembatasan kuota kelas. Setiap kelasnya hanya diisi oleh 20 peserta didik. Hal ini diharapkan mampu memberikan pengajaran yang maksimal dan efisien.

Terdapat ekstrakulikuler yang siap menumbuhkembangkan minat/bakat setiap peserta didik. Selain itu adanya tahfidz quran di mana menjelang kelulusan dituntut hafal hingga dua juz. Tidak hanya itu, hafalan lainya yang harus disiapkan adalah doa sehari-hari serta hadits.

 

8.   SD II Unggulan Al-Abidin

Sekolah unggulan lainnya yang berada di Surakarta yakni Sekolah Dasar berbasis Islam yang berdiri sejak tahun 2004. SD Unggulan Al-Abidin ini berada dalam naungan Yayasan Al-Abidin. Salah satu lembaga pendidikan yang digagas oleh seorang tokoh muslim sekaligus pengusaha di kawasan Solo.

Adapun kurikulum yang digunakan mengacu pada KTSP. Selanjutnya didukung dengan nilai keislaman serta standar kompetensi yang setara dengan dengan kurikulum untuk negara yang bergabung dalam sebuah organisasi yang disebut OECD.

SD Islam unggulan Surakarta yang satu ini disebut-sebut sebagai sekolah islami formal-modern. Senantiasa siap untuk bersaing yang sifatnya global. Tidak heran, biaya masuknya pun cukup fantastis yakni mencapai 9 juta-an. Adapun SPP bulanannya sekitar 800.000 rupiah. Informasi lengkapnya bisa mengunjungi www.sdii.alabidin.sch.id.

 

Demikianlah ulasan terkait rekomendasi SD Islam unggulan Surakarta Solo yang bisa dipilih. Sekolah berkualitas berpeluang tinggi mencetak generasi yang berkualitas pula. Senantiasa memilih yang terbaik guna menghasilkan penerus bangsa yang berbekal IMTAQ dan IPTEK.

 

Kata kunci: sekolah dasar islam terbaik Surakarta, sd islam terbaik Surakarta, sd islam Surakarta, sekolah islam Surakarta, sd islam terbaik di Surakarta, sd islam di Surakarta bertaraf internasional, sd islam di Surakarta berprestasi, sd islam di Surakarta pilihan orang tua, sd islam unggulan di Surakarta

Incoming search terms:

  • https://www anakislam com/sd-islam-surakarta-solo/

You May Also Like

About the Author: admin