12 SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan Tahun 2021

3 min read

SD Islam Terpadu Insan Mandiri

Di Kota-kota besar sebenarnya banyak sekali pilihan sekolah favorit untuk anak-anak, khususnya di daerah Jakarta Selatan. Referensi yang cukup lengkap ada di artikel ini karena akan membahas SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan.

Sebagai salah satu kota administratif di Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Selatan memiliki luas wilayah sebesar 145,37km persegi. Jumlah luas tersebut merupakan 22,41% dari total luas wilayah DKI Jakarta dan terdiri dari 10 kecamatan.

Karena luasnya yang cukup besar, maka terdapat banyak piihan SD Islam untuk anak-anak Anda.

SD Islam Al-Achfas Dwi Matra

  1. SD Islam Al-Achfas Dwi Matra

Berada di bawah naungan Yayasan Dwi Matra, SD Islam Al-Achfas merupakan buah dari kepedulian dan perjuangan para pendirinya seperti Ir. H. Moch Soeyoethi dan H. Achfas bin H. Subuh.

Visi misi dari sekolah ini bertujuan untuk menjadi sekolah yang unggul dengan keterampilan untuk hidup mandiri dan berbudaya islami. Sebagai SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan, sekolah ini memiliki peringkat akreditasi A Plus tahun 2019.

Prestasi akademik dan non akademik juga pernah diraih oleh siswa-siswi dan guru.

  1. SD Islam Annajah

Sekolah Dasar Islam Annajah berusaha mewujudkan generasi bangsa yang beriman, berakhlak, berimul mandiri dan memiliki martabat tinggi. Lokasinya sendiri berada di Jalan Ciledug Raya No 10, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Prestasi yang membanggakan pernah dicapai oleh siswa SD Islam Annajah dengan meraih juara Konser Marching in Harmony Piala Kemenpora 2014. Meraih medali emas Taekwondo tingkat Provinsi pada tahun 2014.

Harapan besar dimiliki oleh SD Islam Favorit Annajah untuk melahirkan siswa yang menguasai ilmu dan teknologi berlandaskan budaya islam.

  1. SD Islam As-Syafiiah 01

SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan yang berlokasi Jalan Mesji Al-Barkah No 17, Balimatraman, Tebet Jakarta Selatan memiliki visi untuk membentuk pribadi muslim yang berilmu ilmiyah dan berakhlaku karimah.

BACA JUGA   Daftar 7 SD Islam Terbaik di Bekasi Tahun 2021

Kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum yang berhasil disusun oleh Perguruan Islam As-Syafi”iyah dipadukan untuk menghasilkan konsep belajar yang lebih baik.

Sebelum proses belajar dimulai biasanya anak-anak diajak untuk membaca Al-Qur’aan atau tahfidz qur’an. Kemudian sholat dhuha dan mengulang hafalan do’a yang sudah diajarkan.

  1. SD Islam Terpadu Insan Mandiri

Sekolah itu merupakan salah satu dari sembilan cabang yang dimiliki Sekolah Insan Mandiri.

Pendidikan yang diterapkan SD IT Insan Mandiri yakni menyeimbangkan ilmu kauniyah dan ilmu qauliyah, antara fikir – jasad dan ruhiyah. Dengan begitu bisa melahirkan murid dengan memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spritual yang tinggi.

Sekolah ini meluncurkan program 10 jam Al-Qur’an setiap pekan agar anak-anak cinta Al-Qur’an. Tambahan pelajarannya seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Komputer.

  1. SD Islam Unggulan Harapan Ibu

Berada di bawah Yayasan Harapan Ibu Pondok Pinang yang sudah berdiri sejak lama tahun 1979.

Kurikulum yang digunakan oleh SD Islam Paling Diminati Unggulan Harapan Ibu mengembangkannya sesuai visi misi pendidikan. Bahkan untuk melahirkan anak-anak lulusan SD harus mengedepankan character building, languages, science ICT.

Alamatnya berada di Jalan H. Banan No. 1 Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

  1. SD Islam Favorit Annash

Sekolah ini diyakini bermanhaj ahlusunnah pada sekolah tingkat dasar. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2019 di bawah Yayasan Silam Annash Ahsan.

Misinya dengan mewujudkan pendidikan yang islami dengan memahami juga salaf as-shalih. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ditambah kurikulum khas SD Islam Annash.

Pembina dan gurunya berasal dari lulusan Darul Hadis Yaman, Universitas Islam Madinah atau LIPIA Jakarta. Untuk itu SD Islam Annash bisa termasuk sebagai salah satu SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan.

BACA JUGA   Pilihan SD Islam Terbaik di Semarang Tahun 2021 Langganan Juara Nasional

SD Islam As-Syafiiah 01

  1. SD Islam Al-Azkar Cilandak

Dikenal juga dengan sebutan Al-Azkar Islamic Elementary School yang berada di bawah naungan Yayasan Darul Azkar.

Motto yang diusung oleh sekolah ini adalah “Cerdas Berkarakter”. Sedangkan kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional Plus, perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum Singapura meliputi Bahasa Inggris, Matematika dan Sains.

Siswa kelas VI diwajibkan untuk khatam Al-Qur’an dan hafal juz 30. Selain keunggulan dalam bidang akademik, beberapa cabang olahraga seperti renang, basket dan tenis pernah meraih juara tingkat nasional.

  1. SD Islam Al-Azhar 1 Kebayoran

Sekolah yang berlokasi di Kebayoran Baru ini merupakan kelompok sekolah dari Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Buya Hamka juga pernah membesarkan yayasan tersebut yang berdiri pada 7 April 1952.

Proses belajar sangat didukung oleh teknologi informasi agar tidak ketinggalan zaman, seperti communication, critical thinking, collaboration and creativity. Pendekatan yang dilakukan untuk konsep belajar itu berupa Problem Based Learning, Discovery Learning dan Contextual Teaching Learning.

SD Islam Al-Azhar menjalin kerjasama dengan Okinawa Shogaku Junior and Senior High School Jepang. Ada juga Shih Jia Junior High School dari Taiwan.

Kerjasama tersebut bertujuan agar mendapatkan pengalaman atau studi banding yang lebih baik.

  1. SD Manaratul Islam Cilandak

Yayasan Pendidikan Manaratul Islam menaungi sekolah ini sebagai lembaga pendidikan dasar, lokasinya berada di Daerah Cilandak Jakarta Selatan.

Program pendidikannya berbasis penguatan karakter dan akhlak. Tujuannya untuk melahirkan karakter islami yang berprestasi, mandiri, kreatif untuk menghadapi era globalisasi.

Siswa dibina untuk bisa tahfidz Qur’an juz 30 dan diberikan pelajaran lain seperti fiqih dan bahasa Arab. Sejumlah ekstrakuler tersedia sesuai minat dan bakat seperti karate, silat, tari, marawis, hadrah dan lainnya.

  1. SD Islam Terpadu Al-Ittihad Tebet
BACA JUGA   8 SD Islam Terbaik di Palembang Tahun 2012

Secara resmi, SD IT Al-Ittihad didirikan tahun 2004 bahkan Menteri Pendidikan saat itu, Prof. Malik Fajar meresmikan sekolah ini.

Program pembelajaran Al-Qur’an menggunakan kaidah Thariq Asysyatibiyah sehingga layak disebut sebagai SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan.

Program unggulan yang dimiliki SDIT Al-Ittihad cukup banyak diantaranya ada program Latihan Dasar Kedisiplinan dan Latihan Dasar Kepemimpinan. Program lainnya seperti field trip, renang, outbound dan pentas seni bisa menghibur para siswa.

  1. SD Islam Darunnajah Pesanggrahan

Lembaga pendidikan dasar ini berada di bawah naungan Yayasan Darunnajah. Sudah berdiri sejak 1973 dan menjadi pesantren yang terbaik di Jakarta.

Kurikulum yang digunakan yakni perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum pendidikan agama islam.

Prestasi yang paling berharga adalah juara kompetisi futsal di Kemenpora, MTQ se-Jabodetabek dan juara kontes robot nasional.

  1. SD Islam An-Nuriyah Jagakarsa

Terakhir, SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan itu bernama SD Islam An-Nuriyah yang sudah berdiri sejak tahun 2001 di bawah naungan Yayasn An-Nuriyah.

Konsep pendidikannya bernuansa islami dan mengutamakan adab islami full day school. Pendekatannya pada penguatan karakter dan belajar sesuai tahapan usia anak.

SD Islam An-Nuriyah memiliki program tiada hari tanpa Al-Qur’an dan program jiwa entrepreneur.

Pada dasarnya SD Islam Terbaik di Jakarta Selatan memiliki kurikulum yang hampir sama. Kini keputusan pilihan ada di tangan Anda, sesuaikan kembali minat dan kemampuan Anak.

SD Islam An Najah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *