SD Islam Surabaya Terbaik. Rekomendasi untuk Setiap Orang Tua

7 min read

sd islam surabaya

Pembahasan kita kali ini adalah tentang SD Islam Terbaik di Surabaya. Sebagaimana kita tahu, Surabaya sebagai kota besar ke-dua di Indonesia selalu menarik perhatian. Bukan hanya tentang pertumbuhan ekonominya, tapi juga geliat dunia pendidikannya yang terus maju berkembang secara signnikan dari waktu ke waktu.

Sebagaimana umum kita ketahui, bahwa masa belajar seorang anak yang paling lama adalah di Sekolah Dasar (SD), karena mereka harus menghabiskan waktunya selama enam tahun untuk bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Karena itu memberikan tempat pendidikan yang nyaman dan berkualitas adalah keputusan yang tepat bagi para orang tua. Apalagi jika pendidikan itu juga dibekali dengan nilai-nilai agama yang cukup, tentu memberi dampak yang sangat baik bagi Anak.

Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya, berikut kami berikan informasi SD Islam Terbaik di Surabaya, dengan harapan bisa menjadi pilihan bagi tempat belajar buah hati Anda, sehingga kelak mereka bisa menjadi generasi islami yang bukan hanya melek perkembangan zaman, tapi juga berpegang teguh pada ajaran Islam.

Rekomendasi 10 SD Islam Terbaik di Surabaya

  1. SD Al Uswah Keputih

SD Islam Terbaik pertama yaitu SD Al Uswah Keputih. Sebagaimana SD Islam lainnya di Surabaya yang mempunyai keunggulan masing-masing, yang menjadi keunggulan sekolah ini adalah program tahfidz Qurannya.

Berbeda denga SD Islam lainnya yang biasanya rata-rata hanya mewajibkan siswanya untuk menghafal Juz 30, SD Al Uswah Keputih mewajibkan siswanya untuk menghafalkan lebih dari itu, yaitu minimal 2 juz, bahkan ada yang mereka yang mempunyai kemampuan menghafal yang baik bisa menghafalkan 3 – 4 juz.

Kelebihan inilah yang membuatu banyak orang tua yang tertarik memasukkan anaknya ke sekolah ini.

Dengan target hafalan Quran yang lebih banyak, bagaimana cara sekolah ini merealisasikannya?

Caranya adalah dengan memberikan pembelajaran quran dengan sangat intensif, yaitu dilakukan empat kali dalam seminggu, hal ini juga ditunjang dengan murajaah dan evaluasi hafalan setiap siswa akan sholat. Hal inilah yang membuat para siswa untuk terus tergerak dalam menghafalkan al quran, karena ada target yang jelas dari sekolah tempat mereka belajar.

Untuk sekolah yang mempunyai keunggulan ini memberikan biaya pendidikan yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 21 juta untuk biaya masuknya. Sedangkan untuk biaya SPP bulannya 850 ribu rupiah. Tentu biaya yang dibayarkan ini sepadan dengan apa yang diterima anak didiknya.

Selain mempunyai SD Islam, lembaga pendidikan ini juga memiliki jenjang lanjutan hingga tingkat SMA.

 

  1. SD Al Falah Darmo

Jika Anda pernah mengunjungi Masjid Al Falah, Darmo, Surabaya, pasti Anda pernah melihat anak-anak berseragam SD yang berlalu lalang disana. Ya, salah satu unit pendidikan Masjid Al Falah adalah jenjang SD, yaitu dengan nama yang sama dengan masjidnya, SD Al Falah.

Sebagaimana masjidnya yang termasuk masjid terbaik di Surabaya, bahkan Indonesia. SD Al Falah Darmo juga termasuk dalam jajaran SD Islam Terbaik di Surabaya.

Karena letaknya yang bersebelahan dengan masjid, maka kelebihan dari SD Islam ini adalah menjadikan anak didiknya untuk terbiasa sholat jamaah dan melakukan kegiatan keagamaan di masjid sebagai kebiasaan yang kelak akan membekas pada diri tiap siswanya. Proses belajar al Quran juga bisa terkondisikan dengan baik dengan nuansa masjid yang sangat mendukung.

Dengan tagline sekolah berakhlaq mulia dan berprestasi, SD Al Falah bisa membuktikan dirinya  bukan hanya bisa mennghasilkan anak didik yang berakkhlaq baik, tapi juga membekali mereka dengan ilmu umum yang baik sehingga mejadikan anak didiknya berprestasi. Salahsatu prestasinya adalah dengan menyabet juara robotik di International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) Malaysia pada tahun 2018.

 

  1. SD Al Azhar Kelapa Gading Mulyorejo

SD Islam terbaik lainnya yang ada di Surabaya adalah SD Al Azhar Kelapa Gading. SD ini termasuk sekolah dengan usia lumayan lama, 20 tahun. dengan jam terbang sekolah yang tinggi inilah yang menjadi pertimbangan para orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah ini.

Selain itu ada daya tarik lainnya yang menjadikan sekolah ini menjadi primadona bagi para orang tua, diantaranya adalah kemampuannya menyeimbangkan system pendidikan modern dengan muatan local agama Islam. Bahasa pengantar yang bilingual dengan bekerja sama dengan Cambidge juga menjadi nilai tambah SD Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Apalagi kerjasama sama ini diwujudkan dalam bentuk pengajaran Bahasa Inggris yang menggunakan native speaker cukup mengacu semangat siswa untuk belajar Bahasa Inggris.

Bagaimana untuk nilai-nilai keagamaannya?

Jangan diragukan, karena sekolah ini memiliki target hafalan 3 juz untuk lulusannya. Jauh lebih banyak dari SD Islam lainnya yang biasanya hanya menargetkan hafalan 1 juz untuk lulusannya.

Untuk merangsang kreativitas siswa, maka kegiatan ekstrakulikuler juga disediakan beranekaragam, misalnya dengan adanya beladiri, olah raga, robotic dan computer kids.

Dengan kualitas layanan pendidikan yang tidak perlu diragukan ini, sekolah membebankan biaya masuk sebesar 25 juta. Sedangkan untuk SPP nya 1 juta lebih. Tentu biaya yang dikeluarkan oleh para orang tua ini sesuai dengan apa yang diterima anak mereka di sekolah. Untuk informasi dan pendaftaran SD Al Azhar Kelapa Gading Mulyorejo bisa menghubungi nomor 0856-0600-0606

 

  1. SD Al Azhar 35 Pakuwon City

Sekolah Al Azhar lainnya di Surabaya yang mempunyai lisensi resmi dari Cambridge University adalah SD Al Azhar 35 Pakuwon City. Sebagaimana ulasan kami sebelumnya, dengan adanya kerjasama dengan Cambridge ini menjadikan kemampuan berbahasa Inggris anak didik di sekolah ini lebih unggul dari sekolah lainnya.

Yang menarik dari SD Al Azhar 35 Pakuwon City ini adalah Kurikulumnya yang tergabung dari tiga aspek, yaitu:

  • Kurikulum khas Al Azhar sebagaimana yang diterapkan di sekolah Al Azhar se-Indonesia yang bertujuan membentuk anak didik menjadi pribadi muslim
  • Kurikulum Cambridge, yang menekankan pada pembiasaan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pengajaran, dan
  • Kurikulum nasional, yang mempelajari pelajaran umum sebagaimana sekolah pada umumnya di Indonesia.

Dengan kolaborasi 3 sistem pendidikan dengan cara yang proporsional inilah yang menjadilan SD Al Azhar 35 Pakuwon City menjadi salahsatu SD Islam Terbaik di Surabaya.

Dengan kualitas pendidikan yang bagus ini maka tidak aneh jika sekolah ini bisa meraih prestasi yang gemilang. Ada beberapa prestasi yang diraih baik tingkat nasional dan internasional, seperti salah satu siswanya yang menjadi top scorer dalam ajang World Scholar’s Cup Global Round di Malaysia yang diikuti oleh ribuan peserta dari 30 negara.

Bagi Anda yang berminat menyekolahkan buah hati Anda di sekolah ini, harus mengetahui bahwa biaya masuk sekolah ini sebesar 34 juta. Sedangkan untuk biaya bulanan SPP nya sebesar 1,7 juta.

 

  1. SD Al Hikmah Gayungsari

SD Islam Terbaik di Surabaya lainnya adalah SD Al Hikmah Gayungsari. Boleh dikatakan sekolah inilah yang menjadi pioneer Sekolah Islam Terpadu di Surabaya bahkan di propinsi Jawa Timur.

Karena usianya yang sudah masuk usia 30 tahun, maka tidak heran jika sekolah ini mempunyai fasilitas sekolah yang lumayan lengkap, diantaranya perpustakaan, kantin, aula makan, lapangan futsal, basket, kolam renang, dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan kurikulum Islamnya yang sangat kuat hingga bisa menguatkan jiwa anak-anak didik untuk lebih menyintai Al Quran.

Memang tidak berlebihan jika  menyebut sekolah ini sebagai ikon sekolah Islam terkemuka di Surabaya. Karena selain karakter nilai Islamnya yang kuat, sekolah ini juga menyeimbangkan dengan kemampuan pelajaran umum yang sepadan untuk anak didiknya.

Maka sejalan dengan itu, pantas jika dalam beberapa ajang lomba antar sekolah, SD Al Hikmah menjadi langganan juara bukan hanya tingkat kota dan propinsi, tapi juga nasional dan internasional. Diantara juara yang pernah diraih antara lain adalah lomba mendongeng di festival lomba literasi tingkat nasional, juara kompetisi matematika nalaria realistic yang biasanya melibatkan ratusan ribu siswa mulai jenjang SD hingga SMA se-Indonesia.

Dengan kualitas pendidikan sekolah yang sangat baik ini, Anda bisa memasukkan buah hati Anda di dalamnya dengan uang gedung sebesar 32 juta. Sedangkan untuk biaya SPP bulanannya sebesar Rp1.900.000.

 

  1. SD Luqmanul Hakim Keputih

Anda pasti tahu Yayasan Hidayatullah yang biasanya melakukan dakwan hingga ke berbagai pelosok di penjuru tanah air? Jika Anda mengetahuinya, maka SD Luqmanul Hakim Keputih adalah salahsatu sekolah yang menjadi salahsatu lini pendidikannya dalam jenjang Sekolah Dasar.

Sebagaimana Yayasan Hidayatullah yang menjadi induknya, maka sekolah ini juga membawa karekter pendidikan keislaman yang kuat. Sebagaimana Hidayatulllah yang terkenal bisa survive dan eksis di berbagai belahan tanah air.

Adapun kelebihan sekolah ini adalah nilai tauhid yang ditanamkan sangat kuat dengan berdasarkan al Quran. Dua hal inilah yang menjadi ciri khas SD Luqmanul Hakim Keputih, sehingga banyak diminati oleh para orang tua memasukkan anaknya ke sekolah ini.

Dengan kelebihannya di bidang agama ini ternyata juga diimbangi dengan prestasi di bidang akademik umum, misalnya dengan beberapa kali menjuarai kejuaraan antar sekolah tingkat kota dan propinsi.

Bagi Anda yang tertarik menyekolahkan buah hatinya ke sekolah ini, maka Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 26 juta untuk uang masuknya dan biaya bulanan sebesar 1.250.000. tentu apa yang Anda keluarkan untuk biaya pendidikan anak ini sepadan dengan apa yang akan didapatkan anak Anda di sekolah.

 

  1. SD At Taqwa Wiyung

Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya Barat, maka SD At Taqwa Wiyung bisa menjadi pilihan bagi sekolah buah hati Anda. Sebagaimana SD Islam terbaik lainnya, sekolah ini juga berhasil memadukan antara kurikulum nasional dengan kurikulum Islam.

Untuk program unggulan yang ada di sekolah ini, sebagaimana sekolah islam lainnya,  bentuknya adalah pembiasaan pendidikan keislaman dengan praktek shalat, belajar membaca Al Quran dengan metode Qiroati, hafalan Juz Amma dan sebagainya. Dengan pembiasaan pendidikan Islam seperti diatas, maka sekolah ini lumayan bisa merebut hati penduduk sekitar dengan menyekolahkan anaknya.

Pembiasaan pendidikan islam ini ditunjang dengan prestasi sekolah dalam berbagai lomba. Meskipun masih dalam tingkat kecamatan dan kabupaten, tapi sekolah ini terbilang sering menyabet juara dalam berbaai lomba.

Diantara SD Islam Terbaik di Surabaya, sekolah ini relative lebih murah biayanya. Siswa yang baru masuk diharuskan membayar uang gedung sebesar 16 jutaan, dengan biaya bulanan SPP sebesar 1.250.000 rupiah.

 

  1. SD Muhammadiyah Pucang

Siapa yang tidak mengenal Ormas Muhammadiyah? Sebagai salahsatu ormas terbesar di Indonesia, Muhammadiyah identic dengan bidang pendidikan dan kesehatannya yang bagus. Bagi Anda yang ingin menyekolahkan anak Anda dengan basic pendidikan Muhammadiyah, maka SD Muhammadiyah Pucang bisa menjadi solusinya.

Tak perlu diragukan lagi, SD Muhammadiyah Pucang adalah salahsatu SD Islam Terbaik di Surabaya. Dengan ciri khas Muhammadiyah yang berbasis keislaman, kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab, sekolah ini seakan menjelma menjadi sekolah yang berhasil menyeimangkan unsur agama dan umum dengan baik.

Sebagaimana sekolah unggulan lainnya, SD Muhammadiyah Pucang mempunyai program yang sangat unik, yaitu dengan melatih siswanya menjadi imam sholat dan memberikan kultum. Tentu ini adalah latihan mental yang cukup baik bagi anak didik di usia Sekolah Dasar.

Untuk prestasi di berbagai di lomba, sekolah ini tidak perlu diragukan lagi, karena memang telah  banyak juara yang telah didapatkan, diantaranya adalah dengan meraih predikat The Most Leading Character Education Islamic School of The Year dari Indonesia Achievement Center (IAC). Untuk sains juga pernah meraih juara dalam lomba International Mathematic Olympiad 2019 di Thailand. Untuk bidang teknologi, pernah meraih juara robotik nasional di tahun 2020.

Dengan berbagai kelebihan dan prestasi ini, maka pantas jika SD Islam yang berafiliasi dengan Muhammadiyah ini menetapkan biaya sebesar 15 juta untuk uang masuknya, sedangkan untuk biaya bulanannya sebesar 1,5 juta.

 

  1. SD Al Irsyad Ampel

Sebagaimana SD Muhammadiyah dan SD Luqmanul hakim yang berafilisasi dengan organisasi yang lebih besar, SD Al Irsyad Ampel juga berafiliasi dengan induknya, Al Irsyad. Bahkan yang menjadi daya tarik sekolah ini adalah posisi sekolah yang menyatu dengan masjid. Sungguh merupakan suasana yang sangat diharapkan oleh para orang tua, karena setidaknya memberikan miliu yang agamis.

Suasana agamis ini semakin lengkap dengan adanya fasilitas penunjang sekolah seperti memiliki kebun, flying fox, kolam ikan, dan fasilitas lainnya yang membuat buah hati Anda betah berada di sekolah. Kesan asri memang bisa didapatkan di sekolah ini. Ditambah lagi aksesnya yang mudah, karena terlihat jelas bersebelahan dengan masjid, membuat sekolah makin mempunyai nilai lebih.

Untuk prestasi yang telah diraih, diantaranya sekolah ini pernah menjadi juara 1 1 lomba Adiwiyata tingkat kota Surabaya tahun 2017. Bahkan ditahun yang sama juga sekolahini menjadi juara Lingkungan Sekolah Sehat tingkat Nasional. Pernah juga menjadi juara Budaya Mutu tingkat Kota Surabaya. Inilah yang menjadikan sekolah ini layak menyandang predikat salahsatu SD Islam Terbaik di Surabaya.

Bagi Anda yang tertarik menyekolahkanbuah hatinya di sekolah ini, maka Anda harus menyiapkan biaya sekitar 14 juta untuk biaya masuk, dan 900 an ribu untuk biaya SPP bulanan anak Anda.

  1. SD Islam Terpadu Saroja

SD Islam Terbaik yag terakhir kami rekomendasikan dalam artikel ini adalah SD Islam Terpadu Saroja. Sekolah ini memang tergolong baru dibanding SD Islam lainnya yang ada diatas. Tapi dengan keseriusan para pendiri dan tenaga pengajarnya, SD ini terus melakukan terobosan untuk turut memeriahkan layanan pendidikan bagi anak usiak Ssekolah Dasar di Surabaya.

SD Islam Terpadu Saroja berada dalam naungan kemendikbud dan LPI. Ma’arif. Dengan begitu terlihat jelas bahwa memang di sekolah ini memadukan pendidikan umum dangan pendidikan agama dengan berimbang. Untuk kurikulum yang dilaksanakan sudah mengacu pada kurikulum 2013 yang mendapat sentuhan dari SDIT Seroja.

Untuk prestasi yang pernah diraih salahsatunya adalah juara dalam lomba Pekan Seni Pelajar bidang Baca Puisi tingkat SD dengan mewakili Surabaya untuk tingkat propinsi. Tentuk ke depannya akan makin banyak lagi penghargaan yang akan diraih oleh SD Islam ini.

Belum kami dapatkan berapa biaya untuk uang masuk dan bulanan untuk sekolah yang beroperasi kurang dari 10 tahun ini. Pastinya biayanya pasti lebih murah dari sekolah-sekolah diatas yang lebih lama berdiri dengan fasilitas dan prestasi yang lebih banyak.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terbaik di Surabaya. Bagi Anda yang ingin  mendapatkan informasi tentang SD Islam Terbaik di Indonesia lainnya, Anda bisa mendapatkannya di blog ini, AnakIslam.com.