Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Profil, Keunggulan dan Pendaftarannya

Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Pesantren Darul Muttaqien Bogor adalah salah satu pesantren populer dan favorit yang memiliki model pendidikan modern. Lokasinya berada di Parung dan cukup strategis sehingga banyak masyarakat Jabodetabek yang berminat untuk memasukkan putra-putri mereka di pesantren ini. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih lengkap mengenai Pesantren Darul Muttaqien Bogor.

Kami merangkum informasi yang didapat dari website resmi pondok pesantren, brosur yang didapatkan serta sejumlah komentar dari kami. Adapun yang akan kami bahas dalam penjelasan artikel ini diantaranya profil sekolahan, keunggulan, fasilitas pondok pesantren dan biaya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang mencari referensi ponpes menarik di wilayah Jabodetabek.

Informasi Lengkap tentang Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Profil Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Ponpes Darul Muttaqien Bogor berdiri pada tahun 1988. Menurut sejarah, pondok pesantren ini masih berkaitan erat dengan ponpes Darunnajah Jakarta sebab dua tokoh didalamnya ikut serta dalam pendirian ponpes yang saat ini sudah banyak dikenal masyarakat Jabodetabek ini.

Ponpes ini mengalami perkembangan yang lumayan pesat dan mempunyai beragam jenjang pendidikan untuk putra-putri anda. Mulai dari RA, SDIT, SMP dan juga TMI. Jenjang terakhir yang tersedia yakni khusus untuk ponpes. Dalam pembahasan artikel ini kami lebih fokus pada jenjang pendidikan TMI ponpes Darul Muttaqien Bogor.

 

Keunggulan Pondok Pesantren Darul Muttaqien

Keunggulan yang dimiliki oleh pesantren di Parung Bogor ini yakni menawarkan tempat yang sangat luas serta suasana yang sejuk. Meskipun tidak terletak di area sekitar pegunungan namun suasana yang dihadirkan sangatlah teduh. Bisa dibayangkan luas lahan yang tersedia di ponpes ini sekitar 39 hektar. Sejumlah pesantren besar yang lain umumnya hanya memiliki luas lahan antara 10-15 hektar.

Dengan demikian pergerakan para santri di pondok pesantren ini pun menjadi lebih leluasa. Kami juga pernah berkunjung di ponpes ini sebanyak dua kali. Menurut kami, pemandangan yang dihadirkan di ponpes ini cukup indah dengan tatanan ruang sangat bagus di antara banyak pepohonan nan rindang.

Suasana yang dihadirkan membuat para penghuni ponpes seperti berada di tengan luasnya hutan yang sejuk. Bisa dijamin siapa pun akan merasa betah menikmati suasana di ponpes favorit ini.

 

Fasilitas Ponpes Darul Muttaqien Bogor

Menurut pendapat kami terkait fasilitas yang dihadirkan di pondok pesantren ini termasuk sesuai standard, tidak terlalu mewah layaknya boarding school terkenal di luaran sana. Kamar pondok pesantren diisi oleh beberapa santri. Fasilitas standard disediakan dengan baik misalnya kelas, masjid, lapangan dan lain sebagainya untuk mendukung aktivitas para santri setiap harinya.

 

Pendidikan di Pesantren Darul Muttaqien Bogor

Sistem pendidikan yang dianut di pondok pesantren ini yakni TMI yang merupakan singkatan Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyah. TMI adalah sistem pendidikan yang mempersatukan antara kurikulum pesantren dan umum dalam satu sistem unggul dengan model pembelajaran kelas.

Sistem TMI merujuk pada kurikulum KMI dari Pondok Pesantren Gontor Ponorogo. Perlu anda ketahui bahwa Pesantren Darul Muttaqien Bogor memang dikenal sebagai alumni dari Gontor Ponorogo tersebut. Maka dari itu, banyak sekali aspek yang dirasa hampir sama dalam sistem pendidikan.

Sistem pendidikan TMI ponpes Darul Muttaqien menerima santri yang merupakan lulusan SD/ sederajat yang sudah menempuh pendidikan enam tahun. Sedangkan jika lulus SMP sederajat akan memperoleh pendidikan selama 4 tahun. Terdapat hitungan 1 tahun tambahan guna membimbing bahasa agama serta aspek yang lainnya.

Ijazah yang akan diterima juga bisa dimanfaatkan untuk mendaftar di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Jika pada pesantren yang lain dinamakan sebagai ijazah Mu’adalah dan sudah diakui pemerintah Indonesia.

 

Review Kegiatan Harian di Pondok Pesantren

Kegiatan para santri dimulai pada pukul 03:45, dengan diawali oleh shalat Sunnah dan membaca Al-Quran mandiri hingga pukul 05:15. Berikutnya santri akan diberikan materi bahasa kurang lebih selama 15 menit.

Sedangkan untuk KBM di Ponpes Darul Muttaqien Bogor ini cukup dominan sekali, mulai dari pukul 07:00 pagi sampai menjelang shalat ashar. Selanjutnya, baik sebelum dan sesudah ashar terdapat sesi baca Al-Quran / halaqah sekitar 30 menit.

Pada sore hari ada waktu yang dikhususkan untuk kegiatan ekstra sekitar 1 jam. Lalu sebelum tiba waktu magrib akan ada kegiatan membaca Al-Quran kembali. Adapun setelah shalat magrib akan kembali diadakan halaqah. Dari sini bisa dilihat bahwa aktivitas membaca Al-Quran sangatlah dominan.

Porsi bahasa akan hadir kembali menjelang malam dengan durasi 15 menit. Dari kegiatan tersebut terlihat bagaimana pendidikan yang dilakukan di luar dan di dalam kelas dijalankan secara teratur pada Pesantren Darul Muttaqien Bogor.

 

Pendaftaran dan Biaya Masuk Ponpes Darul Muttaqien Bogor

Pendaftaran di ponpes Darul Muttaqien Bogor dimulai pada tanggal 15 September serta akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Calon santri bisa mendaftar melalui website resmi yang tersedia. Namun pastikan untuk mempersiapkan diri dalam tes masuk yang harus dilalui.

Terdapat beragam tes yang harus diikuti yakni tes kesehatan, pengetahuan umum dan pengetahuan dasar misalnya Bahasa Arab dan Matematika. Adapun perihal administratif adalah standard yang jelas bagi lulusan SD maksimal berusia 14 tahun, lulusan SMP maksimal 17 tahun dengan membayar biaya pendaftaran Rp 500.000.

Biaya masuk ponpes Bogor ini pada tahun ajaran 2021 – 2021 adalah Rp 23.600.000, namun biaya ini masih belum termasuk uang kegiatan dan seragam bukum. Adapun untuk biaya SPP setiap bulannya adalah Rp 1.650.000 dan sudah termasuk biaya makan, biaya pendidikan, asrama dan laundry.

Meski demikian masih terdapat biaya tambahan untuk seragam dan keperluan lainnya sebesar 3,5 jutaan. Sehingga apabila dijumlah biaya masuk ponpes yang dibutuhkan sekitar 27 jutaan. Biaya ini mungkin bisa dibilang cukup lumayan masih sesuai dengan fasilitas dan layanan pendidikan yang ditawarkan.

Adapun lokasi pondok pesantren ini adalah di Jl. Jakarta – Bogor Nomor KM 4.1, Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Bogor, Jabar. Lokasinya cukup strategis karena berada di tepi jalan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke pondok ini. Jika Anda membutuhkan informasi tentang Pondok Pesantren di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

 

 

 

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *