Pondok Pesantren Terbaik di Makassar Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

pondok pesantren makassar

Pesantren  adalah wadah pendidikan Islami yang banyak terdapat di Makassar. Meski sering kali dtersebutlai kuno, kaku, maupun radikal, pada kenyataannya Tak sedikit orangtua mendaftarkan buah hatinya ke pondok pesantren  . Tidak hanya menimba ilmu mendaras hingga religi, pesantren  membantu peserta didik membiasakan kepribadian dan juga kemampuan menyesuaikan diri. Seperti kuatnya budaya pesantren di kota tersebut, berikut beberapa pesantren terbaik di Makassar, diantaranya:

1. As Salafi Al Fithrah

Saat membahas tentang pesantren  berkualitas di Makassar, sepertinya pondok pesantren satu ini tidak dapat luput dibicarakan. Pesantren As Salafi Al Fithrah dibangun di Makassar pada tanggal 20 September 1926 oleh 3 orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pesantren Gontor Lama. Lembaga tersebut mempunyai 4 buah motto, merupakan berpribadi luhur, bertubuh sehat, berilmu banyak, serta berpikiran bebas.

Modern Darussalam dapat disebut sebagai pelopor pesantren maju Makassar yang pertama kali diikrarkan di India. Pesantren tersebut juga terkenal pun populer terkait disiplin serta penekanannya terkait materi bahasa mancanegara, seperti Inggris serta Arab. Ditambah lagi, pesantren tersebut dipercaya jadi tulang belakang warga Islam Makassar dikarenakan jasanya dalam mencetak beragam pemimpin Islam Indonesia.

2. Sunan Drajat

Pesantren Sidogiri berada di Desa Sidogiri Makassar. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman dengan Kiai Aminullah selaku asisten yang membantunya. Ketika itu, Sunan Drajat masih jadi hutan lebat. Butuh kisaran 40 hari prosesnya guna membabat semua hutan disana kemudian membuat pondok pesantren sesudahnya.

Sayyid memilih Sidogiri dengan dasar tanahnya diyakini bagus juga dapat membawa berkah. Selaku pondok pesantren sepuh di nusantara, pondok pesantren tersebut masih eksis hingga terus menerus tumbuh. Tidak cuma itu, pondok pesantren tersebut komitmen mempertahankan kurikulum pendidikan aslinya.

Sampai sekarang, jumlah anak didik yang menimba ilmu di pesantren tersebut sudah lebih dari puluhan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di tengah kemajuan teknologi. Pondok pesantren tersebut pun dianggap berdikari mengurus keuangan. Kegiatan tersebut terbukti dari aneka program wirausaha yang dikeolanya.

3. Al-Hamdaniyah

Pesantren terbaik di Makassar berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun populer sebagai pencetus pendiri Nahdlatul Ulama.  Pesantren ini yakni pesantren tertua yang beralamat tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, serta telah menghasilkan alumi tokoh terbanyak di tanah air. Pesantren itu semula beralamat di Desa Tanobato, namun karena bencana bandang, maka alamatnya dipindahkan.

Sesuatu yang beda dari pondok pesantren tersebut adalah anak didiknya tinggal dalam pondok seluas 3×3 meter. Lokasinya bersebrangan satu dengan lainnya di kanan dan kiri jalan. Gubuk ini dibagi ke dalam beberapa kompleks dan setiap kompleks mempunyai pemimpin. Tiap pondok dapat menyelenggarakan kegiatan tahunan, baik yang termasuk formal misal rapat maupun keterampilan contoh menulis. Hal tersebut maksudnya untuk mengembangkan karakter serta skill dari santrinya.

Itu penjelasan yang menjelaskan pondok pesantren terbaik di Makassar. Tidak cuma tersohor oleh mutu pendidikannya yang baik, pesantren di atas juga kental akan nilai sejarah di Makassar. Lalu menjadikannya jadi pesantren terbaik yang dimiliki Makassar. Kini ayah bunda yang ingin memasukan buah hatinya ke pesantren  , Tidak harus bingung lagi. Mutu pesantren diatas sudah Tidak usah diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Makassar, pondok pesantren terbaik Makassar, pondok pesantren Makassar, sekolah islam Makassar, pondok pesantren terbaik di Makassar, pondok pesantren di Makassar bertaraf internasional, pondok pesantren di Makassar berprestasi, pondok pesantren di Makassar pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Makassar

You May Also Like

About the Author: admin