Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan. Berbagai Informasi untuk Santri Baru

pondok pesantren dalwa bangil pasuruan

Salah satu pondok pesantren di Pasuruan yang dijadikan para santri untuk menuntut ilmu dan juga mempelajari Agama Islam yaitu Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan. Pada tahun 1981 Abuya Habib Hasan Baharun mendirikan pondok pesantren ini. Penerapan pola pendidikan dan juga adanya kurikulum yang ideal pada pondok pesantren ini adalah jawaban bagi kebutuhan masyarakat.

Awal mulanya pondok pesantren ini hanya seperti rumah kontrakan, hingga kemudian dapat berkembang pesat sampai sekarang ini. Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan berusia tiga puluh tahun, yang menandakan sudah lama berdiri  sehingga sudah memiliki pengalaman yang cukup matang untuk lembaga pendidikan.

Kata Dalwa adalah singkatan dari Darullugoh Wadda’wah yang memiliki arti tempat persemaian untuk bahasa dan dakwah. Dengan dibekali bahasa Arab maka pada pondok pesantren ini salah satu bekal untuk berdakwah di kalangan masyarakat.

Pada pondok pesantren ini santrinya berasal dari penjuru tanah air dengan jumlah mencapai 4.000 orang. Pengasuh pondok pesantren ini bernama Habib Zain Hasan sebagai mudirul ma’had, yang mengasuh pesantren putri yaitu Habib Segaf Baharun, dan Habib Ali Hasan Baharun yang bertanggung jawab pada pesantren Dalwa II sebagai tempat untuk santri usia remaja.

Berbagai Informasi untuk Santri Baru Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan

Program Diniyah

Program diniyah pada pesantren ini memiliki empat tingkatan yaitu:

  1. I’dadiyah, kata dari I’dadiyah yang memiliki arti masa persiapan.
  2. Ibtidaiyah, kata Ibtidaiyah yang memiliki arti tingkatan ula
  3. Madrasah Tsanawiyah, kata tsanawiyah yang memiliki arti tingkatan wustho
  4. Madrasah Aliyah, kata aliyah yang memiliki arti tingkatan ulya

Selain 4 tingkatan diatas, terdapat tingkatan takhassus yang memiliki arti program khusus pada suatu bidang tertentu.

Sekolah Formal dan Akreditasi

Tersedia sekolah formal pada Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan yaitu untuk MI, MTs dan MA. Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan akreditasi A, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan akreditasi B dan untuk Madrasah Aliyah (MA) tersedia program bahasa dan IPS dengan akreditasi A.

Sistem dan Kurikulum Pembelajaran

Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan adalah salah satu pondok pesantren yang diakui oleh banyak pihak sebagai contoh sempurna dari konsep sebuah pondok pesantren yang diterapkan, yaitu pesantren fokus pada pemantapan pembelajaran yang berbasis salaf. Selain itu pada pondok pesantren juga terdapat pembelajaran resmi untuk mendukung dakwah santri kala terjun di masyarakat.

Salah satu pertimbangan utama warga terhadap Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan yaitu tidak mengganti nilai utama pada ajaran salaf dan mengakomodasi kebutuhan warga institusi pembelajaran resmi, hal tersebut merupakan keputusan untuk membuka pembelajaran resmi. Dari situ maka muncul beberapa kader dakwah Islam seperti Habib Segaf, Habib Zain, dan Habib Ali.

Modul yang ada dalam kitab kuning salaf yang diakui memiliki bobot serta sanadnya oleh pondok- pondok salaf di Indonesia yaitu metode pengajaran yang diberikan kepada para santri. Modul diniyah diberikan mulai dari jam 07. 30 sampai dengan jam 12. 00 WIB dan terbagi menjadi 4 jam pelajaran.

Fokus pengajaran tidak hanya pada diniyah saja,  selain itu pondok pesantren juga mengadakan aktivitas olahraga dan juga senam pagi mulai dari jam 06. 00 sampai jam 06. 30. Untuk belajar tambahan (Halaqah Hadramiyyah) dilaksanakan ba’da shalat subuh jam 05. 00 sampai jam 06. 00 pagi dan juga ba’da shalat Maghrib jam 18. 30 sampai jam 19. 30.

Selain itu pada Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan terdapat latihan pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris  yang dilaksanakan setiap malam Senin ba’da shalat Isya. Latihan pidato wajib diikuti oleh semua santri mulai dari kelas IV Ibtidaiyah ke atas. Selain itu terdapat program tahfidz mutun, tahfidz quran, munaqosyah nahwiyyah, bahtsul masail fiqhiyyah, masih banyak program pengembangan lain.

Jenjang pendidikan pada Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan, mulai dari madrasah Ibtidaiyah sampai madrasah Aliyah. Apabila santri telah menamatkan pendidikan madrasah Aliyah, maka diwajibkan untuk mengajar ataupun mengabdi di pondok pesantren selama 2 tahun ataupun melanjutkan pendidikan keluar negeri seperti ke Madinah atau Makkah Almukarromah.

Keunggulan dari Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan

Terdapat 3 keunggulan utama dari sisi sistem pembelajaran pada pondok pesantren ini, antara lain:

1. Kemampuan dan Pengajaran Bahasa Arab

Secara intensif, pondok pesantren ini diakui sebagai salah satu pondok pesantren yang menghidupkan bahasa arab di Indonesia. Untuk bahasa arab yang diterapkan yaitu terdapat 3 divisi khusus diantaranya penerapan, akademik, pengembangan pentas drama, pidato, ceramah, dan lainnya.

2. Memiliki Jaringan Luas

Pondok pesantren ini memiliki jaringan yang luas dengan lembaga- lembaga pembelajaran Islam dan juga akademi besar luar negeri khusunya dari Timur Tengah.

3. Melakukan Program Terpadu

Program terpadu dilakukan antara kurikulum pembelajaran nasional serta kurikulum pondok pesantren.

 

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Terdapat beberapa persyaratan untuk pendaftaran pondok pesantren ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Diantar orang tua atau wali

Santri baru saat awal masuk pondok pesantren harus diantar oleh orang tua ataupun wali.

2. Surat keterangan sehat

Persyaratan yang kedua yaitu membawa surat keterangan sehat untuk santri baru.

3. Ada restu pimpinan pondok

Apabila santri pindahan dari pondok lain, maka harus ada restu dari pimpinan pondok yang lama untuk masuk ke dalam pondok pesantren ini.

4. Bisa baca dan tulis Al-Quran

Santri yang akan masuk pondok pesantren ini harus bisa membaca dan menulis Al-Quran.

5. Mentaati peraturan pondok pesantren

Santri harus mentaati peraturan pondok pesantren seperti tidak boleh membawa barang elektronik.

Sedangkan untuk biaya pendaftaran masuk Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan untuk putra dan putri yaitu untuk santri MI sebesar Rp 8.275.000, santri MTs sebesar Rp. 8.355.000, dan untuk antri MA sebesar Rp. 8.405.000, untuk SPP makan perbulan yaitu sebesar Rp 500.000. Untuk SPP sekolah tergantung dari jenjang pendidikannya mulai dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 40.000.

Biaya yang dibayarkan sudah termasuk uang pangkal, uang sumbangan pembangunan, uang pendaftaran, uang syahriyah/uang makan 1 bulan, administrasi dan kitab dasar bhs, SPP bulanan, untuk tingkat MI / MTs ada biaya seragam, untuk ujian semester dan UN menyesuaikan (pembayaran dapat dilakukan di kantor muadalah).

Itulah sekolah tentang berbagai informasi tentang Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan. Semoga artikel ini bermafaat bagi Anda yang ingin memondokkan anaknya ke pesantren ini. Untuk informasi lainnya tentang pondok pesantren di Indonesia, bisa Anda dapatkan di blog ini, AnakIslam.com

 

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *