Lembaga-2BPendidikan-2BIslam-2Bdi-2BIndonesia.jpg

Bagaimana Cara Memilih Lembaga Pendidikan untuk Anak?

Lembaga-2BPendidikan-2BIslam-2Bdi-2BIndonesia.jpg
Cara Memilih Lembaga Pendidikan Anak

AnakIslam.com – Bagaimana CaraMemilih Lembaga Pendidikan untuk Anak? Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Pembahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana cara memlih lembaga pendidikan untuk anak kita tercinta. Karena anak kita ini kan amanah dari Allah, maka sepatutnya lah jika kita memberikan lembaga pendidikan yang baik bagi mereka.

Kini memang mulai banyak lembaga pendidikan yang ada di sekitar kita. Mulai yang negeri hingga swasta dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Tentu ini akan membingungkan kita sebagai orangtua untuk memilihnya. Berbeda mungkin dengan saat kita masih kecil dulu, orang tua kita mempunyai sedikit pilihan, sehingga untuk menyekolahkan anaknya biasanya selain ditentukan oleh nilai kelulusan anak juga berdasarkan pengalaman keluarga dan saudara-saudara tertua.

Ya, dulu memang seperti itu. Jadi misal dalam keluarga bapak dan ibunya sekolah di sekolah A, tidak jarang anak-anaknya juga dimasukkan di sekolah tersebut. Jarak sekolah yang relatif dekat juga menjadi opsi bagi orang tua menyekolahkan anaknya. Tapi tentu saat ini tidak bisa seperti itu, banyak pertimbangan yang menjadikan kita harus lebih selektif dalam memilih sekolah untuk anak.

BACA JUGA   Makin Maraknya Sekolah Islam di Indonesia

Menentukan Prioritas dalam Lembaga Pendidikan
Sekolah sudah banyak jumlahnya, tentu langkah yang bijak untuk memilih sekolah bagi anak kita adalah dengan menentukan prioritas apa yang harus ada di sebuah sekolah yang menjadi pilihan. Misalnya jika yang menjadi prioritas kita adalah nilai-nilai agama, maka yang bisa menjadi pilihan adalah sekolah Islam dan pesantren.

Kini sudah banyak sekolah Islam yang ada di lingkungan kita yang didirikan oleh pribadi-pribadi yang kompeten dengan pendidikan bernuansa Islam. Sekolah Islam ini biasanya berusaha untuk menyeimbangkan antara porsi pelajaran umum dengan pelajaran agamanya. Atau jika pun tidak seimbang, biasanya porsi untuk pelajaran agamanya lebih banyak dari sekolah umum lainnya yang hanya memberikan tidak lebih dari 2 jam pelajaran untuk pelajaran agama setiap minggunya.

Tapi tentunya sebelum anak masuk sekolah yang menjadi pilihan kita sebelumnya kita beri pemahaman kepada mereka bahwa tujuan kita memasukkan mereka ke Sekolah Islam adalah agar mereka lebih mendapat pelajaran Islam yang akan berguna bagi mereka kelak. Tidak jarang mereka yang sekolah di Sekolah Islam jika memang merasa butuh porsi pelajaran agama yang lebih banyak lagi maka pada jenjang berikutnya mereka tidak akan keberatan saat orang tua atau gurunya mengarahkan untuk masuk ke pesantren.

BACA JUGA   Makin Maraknya Sekolah Islam di Indonesia

Semua memang harus bertahap dan sebaiknya dilakukan tanpa paksaan, karena sesuatu yang baik sekalipun jika dipaksakan akan membawa dampak yang kurang baik pada diri anak. Jadi, coba mulai saat ini mulailah berdiskusi dengan anak kemana mereka akan sekolah berikutnya. Lebih awal lebih baik, misalnya anak kita sekarang masih duduk di SD, maka harus mulai direncanakan kemana nanti SMP dan SMA mereka sekolah. Sudah banyak Sekolah Islam dan pesantren yang menerima anak didiknya mulai jenjang SMP dan SMA yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mempercayakan buah hati Anda untuk menuntut ilmu disana.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Bagaimana Cara Memilih Lembaga Pendidikan untuk Anak. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sobat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Islam News di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *