5 Tips agar ASI Melimpah yang Bisa Diterapkan Para Ibu

1 min read

tips agar asi melimpah

Seperti yang sudah semua orang ketahui bila ASI memiliki banyak sekali kandungan nutrisi untuk pertumbuhan bayi. Sayangnya tidak setiap ibu punya asi melimpah untuk putra putrinya. Tapi jangan langsung kecewa, sebab ada banyak tips agar asi melimpah yang bisa dicoba.

Buat para ibu ada baiknya jangan anggap remeh tentang pemberian ASI pada buah hati. Terutama pada 6 bulan pertama pasca kelahiran. Namun tidak berarti harus panik saat mendapati ASI tidak keluar banyak. Lebih baik coba terapkan tips agar ASI melimpah berikut ini:

1. Lakukan Pemijatan pada Payudara

Bila memungkinkan coba lakukan pemijatan payudara ibu. Upayakan untuk memijat dengan lembut saja jangan terlalu kasar. Supaya lebih mudah, gunakan baby oil lalu setelah itu kompres menggunakan waslap bersih.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada kuman atau bakteri yang mungkin saja tertinggal sehingga dapat membahayakan pencernaan bayi. Teknik pemijatan yang tepat biasanya akan membuat produksi ASI tetap lancar. Bahkan bisa sampai meningkat.

BACA JUGA   Ketahuilah Penyebab Bayi Lambat Tumbuh Gigi di Usia 8-9 Bulan

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Tidak jarang ibu malah lebih panik jika ASI tidak keluar banyak. Artinya hanya berfokus pada kuantitas saja, tanpa menghiraukan kualitas ASI itu sendiri. Hal ini justru keliru, para ibu seharusnya mengimbangi antara kuantitas dan kualitas ASI.

Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas dan banyak, makanan bergizi perlu dikonsumsi para ibu. Makanan bergizi untuk para ibu menyusui paling baik adalah sayuran dan buah buahan. Para ibu juga boleh menambahkan suplemen penambah ASI jika memang dibutuhkan.

Ada banyak jenis suplemen penambah ASI yang dijual di pasaran. Bentuknya ada yang semacam teh, susu, bahkan pil. Namun sebelum mengkonsumsi suplemen, ada baiknya para ibu konsultasi terlebih dulu pada dokter untuk kenyamanan si kecil.

3. Mencukupi Kebutuhan Minum

ASI mempunyai bentuk cair, artinya para ibu harus memperhatikan asupan cairan dalam tubuhnya. Salah satu caranya adalah cukupi kebutuhan minum per hari. Normalnya ibu menyusui harus minum sebanyak 3 sampai 4 liter air mineral.

BACA JUGA   Proses Bayi Tabung Seperti Apa? Yuk Cari Tahu Di Sini!

Namun ada baiknya para ibu tidak hanya minum air mineral saja. Ibu juga boleh minum jus tanpa gula, baik dari buah atau sayuran. Sebagai informasi saja, minum jus juga berpotensi memperbanyak kuantitas ASI.

4. Hindarkan Diri dari Stres

Kebanyakan ibu menyusui akan merasa stres, terutama ketika menyadari dirinya tidak bisa menghasilkan ASI melimpah. Padahal, stres malah bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh di ibu. Akibatnya ASI malah jadi susah keluar, atau sedikit.

Tidak jarang alasan para ibu stres adalah membandingkan diri dengan ibu menyusui lain yang dengan mudah mengeluarkan ASI dalam jumlah banyak. Sebaiknya hindari pemikiran semacam ini. Pasalnya semua butuh proses, lagipula setiap orang itu berbeda. Tetap santai, hindari stres adalah cara terbaik untuk membuat ASI keluar lebih banyak.

5. Memompa Payudara

Tips agar ASI melimpah terakhir adalah coba dengan memompa payudara. Dengan rajin memompa payudara, akan membuatnya makin terangsang untuk memproduksi ASI. Akibatnya adalah ASI yang dikeluarkan semakin banyak.

BACA JUGA   Berikut Cara Gendong M Shape Agar Si Buah Hati Nyaman

Untuk alat pompanya sendiri juga perlu diperhatikan. Selama ini pompa payudara untuk kebutuhan ASI ada 2 jenis yaitu manual dan mesin. Jika ingin membuat produksi ASI makin banyak usahakan untuk memakai pompa payudara mesin. Penggunaan pompa mesin dipercaya lebih bekerja dengan baik ketimbang pompa payudara manual.

Itu tadi apa saja tips agar ASI melimpah. Para ibu menyusui harus paham, jika bayi sangat butuh ASI setidaknya sampai usia 6 bulan. Maka jika mengetahui ASI tidak cukup lancar, bisa langsung terapkan tips di atas. Ibu tenang, bayi pun bisa sehat dan bisa berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *