8 SD Islam Pekanbaru yang Terkemuka Pencetak Siswa Berprestasi

sd islam pekanbaru

SD Islam Pekanbaru. Pendidikan terbaik kepada anak, pastinya akan selalu diberikan oleh orang tua, terutama untuk tingkat sekolah dasar. Bagi para orang tua yang tinggal di Pekanbaru, memilih SD Islam terkemuka Pekanbaru tentunya menjadi cara terbaik. Demi masa depan anak yang lebih terjamin dalam hal pembelajaran dan fasilitas yang tersedia.

Pemilihan SD Islam bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya kurikulum tambahan berupa ajaran agama Islam. Tak jarang, SD Islam memiliki kualitas dalam bidang pembelajaran yang setara dengan pendidikan internasional. Beberapa rekomendasi SD Islam yang terdapat di wilayah Pekanbaru:

Daftar 8 SD Islam Pekanbaru yang Terkemuka Pencetak Siswa Berprestasi

1. Bintang Cendekia Islamic and Leadership School

Merupakan salah satu SD Islam terkemuka Pekanbaru yang telah berdiri sejak Mei 2006 lalu. Memiliki konsep awal sebagai sekolah alam yang menerapkan basis Islam. Namun saat ini sudah menyesuaikan dengan lebih banyak melakukan kegiatan pembelajaran di kelas di bandingkan kegiatan di alam.

Menerapkan Kurikulum Leadership Life Skill dan juga Nasional, yang mampu membantu siswa untuk memiliki pribadi muslim. Selain itu, standar kelulusan sekolah ini yang meliputi kriteria indikator dari tujuan sekolah, memiliki kebiasaan membaca, menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Kemudian, memiliki komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris dasar, menunjukkan presentasi yang baik, serta lainnya.

 

2. SD Islam Nurus Sunah

Mempunyai kurikulum dasar yang diperoleh dari Diknas, akan tetapi tetap berafiliasi dengan sistem pendidikan berbasis Syar’i, salah satunya tentang adab. Kemudian, sekolah ini juga memiliki standar yang perlu diraih oleh setiap siswanya, yaitu mampu menghafal 2 juz Al Quran.

Sekolah juga menerapkan pendekatan terhadap murid untuk mengasah bakat serta minat dari masing-masing siswa yang ada. Tak hanya pembelajaran di dalam kelas, akan ada saat siswa diajak belajar mengasah minat dan bakatnya di luar kelas.

Selanjutnya, sekolah SD Islam Nurus Sunnah mampu menjadi pilihan bagi yang sedang menentukan sekolah Islam terkemuka di Pekanbaru. Penerapan konsep yang berbeda dari sekolah lain, menjadikan sekolah tersebut dapat masuk ke daftar pilihan.

 

3. SDIT Full Day School Al Manar

Menerapkan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Al Manar yang merupakan kurikulum lokal dari sekolah itu sendiri. Kurikulum Al Manar meliputi bakat seni, keterampilan, serta nilai keislaman, yang akan diterapkan kepada para siswanya. Kemudian, sekolah tersebut juga menggunakan sistem full day school, dan juga tersedia kegiatan panahan, berenang, silat, serta pramuka.

Selain itu, program pendidikan yang merupakan salah satu keunggulan dari sekolah ini yaitu penerapan baca, tulis, dan menghafal Al Quran. Lalu, siswa kelas 6, wajib untuk khatam Juz Amma, siswa lainya akan diajari tentang bahasa Arab dan Inggris, praktik ibadah.

 

4. SD Islam Al Azhar Syifa Budi

Program Mumtaz School yang merupakan program andalan yang mampu diterapkan oleh SD Islam Al Azhar Syifa Budi. Selain itu, sekolah Al Azhar memang sudah tidak diragukan lagi dalam kualitas pendidikannya.

Program unggulan yang ditawarkan oleh sekolah ini, meliputi pengembangan sistem spiritualisasi dalam pendidikan dan juga life skill mode catur tunggal. Hal tersebut yang artinya life skill dalam hal aqidah, kebangsaan, teknologi dan juga sains. Program tersebut yang membuat sekolah ini menjadi salah satu SD Islam terkemuka Pekanbaru yang cocok direkomendasikan.

 

5. Islamic School of Riau Global Terpadu

Sekolah yang telah berdiri sejak Mei 2003 lalu ini telah memiliki beberapa program unggulan sebagai kelebihan yang bisa didapatkan. Menerapkan penghayatan secara Islam, sebagai nizamul hayyah, sehingga mampu melahirkan siswa dengan memiliki aqidah yang kuat.

Selain itu, Islamic School of Riau Global Terpadu, memiliki educational award, edu tourism, dan juga English camp sebagai program unggulannya. Menggunakan kurikulum K13 sebagai landasan nasionalnya, sekolah ini juga menggunakan Kurikulum EURICA 165. Kurikulum tersebut meliputi Enthusiasm, Unique, Resilience, Integrity, Confidence, and Academic, yang artinya 1 ihsan, 6 iman, dan juga 5 Islam.

Kemudian, sekolah ini juga telah banyak menorehkan banyak prestasi yang dicapai oleh siswanya yang memiliki kemampuan luar biasa. Tak salah apabila sekolah ini menjadi sekolah Islam favorit banyak orang yang ada di daerah Pekanbaru.

 

6. SDIT Miftahul Iman Pekanbaru

Masuk ke dalam daftar SD Islam terfavorit di Pekanbaru, menjadi SDIT Miftahul Iman Pekanbaru tak salah menjadi pilihan orang tua. Menggunakan kurikulum K13 yang dipadukan dengan Kurikulum Islam Terpadu, yang terdiri dari Bahasa Arab, Arab Melayu, SKI, Aqidah Akhlak, PAI. Kemudian, Tahfidz Hadits, Tahfidz Quran, ekstrakulikuler, dan juga Outing Class.

Selain pembelajaran di dalam kelas yang meliputi beberapa aspek tersebut, sistem pengajaran di sekolah ini juga menggunakan pendekatan student centered. Penerapan sistem tersebut diharapkan bisa menambah kenyaman siswa dalam pembelajaran, dengan metode yang menyenangkan serta inovatif.

 

7. SDIT Al Hidayah Pekanbaru

Pembangunan sekolah yang dimulai pada 2013 yang di bawah naungan Yayasan Al-Hidayah Riau. SDIT Al Hidayah Pekanbaru telah berhasil melakukan proses izin serta menerima siswa angkatan pertamanya pada tahun ajaran 2014/2015.

Menerapkan sistem Kurikulum K13, yang menjadikan struktur muatan pada sistem pendidikannya dibagi ke dalam 3 kelompok besar. Kelompok tersebut yaitu A, memperoleh pendidikan dalam bidang agama dan budi pekerti, PPKN, IPA, IPS, bahasa Indonesia, dan juga Matematika.

Kemudian, B, akan mendapatkan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, lalu ada Seni Budaya Prakarya. Berikutnya C, terdiri dari TIK, Hadits, Budaya Melayu Riau, bahasa Arab, Al Quran, Sains, bahasa Inggris, dan juga ada Matematika.

Adanya pengelompokkan dalam sistem pembelajaran tersebut, diharapkan para siswa bisa lebih fokus terhadap pembelajaran di setiap kelompoknya. Siswa juga akan diajari dengan teliti untuk bisa mengerti sistem pembelajaran pada setiap kelompoknya. Benar-benar rekomendasi bagi anak.

 

8. Al Fikri Islamic Green School

Memiliki konsep untuk menciptakan siswa generasi muslim yang bisa sadar serta peduli terhadap lingkungan. Sesuai dengan nama dari sekolahnya, menjadikan Al Fikri Islamic Green School merupakan salah satu sekolah favorit yang menyukai kepedulian lingkungan.

Mempunyai kegiatan utama yang mampu dikembangkan dengan kurikulum berwawasan lingkungan, peningkatan kualitas kawasan di sekolah. Kemudian, ada juga pengembangan sistem pendukung, serta pengembangan manajemen sekolah berwawasan lingkungan.

Menerapkan sistem tentang kepedulian lingkungan terhadap siswa, menjadi salah satu tujuan utama dari sekolah ini. Selain itu, biaya yang dibebankan kepada siswa tidak terlalu mahal untuk setara sekolah swasta.

Biaya yang dibebankan kepada siswa meliputi jalur reguler sebesar Rp.250.000 biaya pendaftar, sarana dan prasarana sebesar 5.000.000 rupiah. Lalu, Rp. 1.000.000 untuk biaya operasional sekolah, 450.000 rupiah untuk biaya SPP, raport dikenakan sebesar 65.000 rupiah. Kemudian, untuk biaya seragam dengan 6 stel 1.100.000 rupiah, dan juga biaya bukunya sebesar Rp.600.000.

Keberadaan SD Islam terkemuka Pekanbaru tentu saja membantu para orang tua yang akan menempatkan anaknya pada sekolah yang berkualitas. Selain itu, sekolah-sekolah tersebut juga memiliki fasilitas dan kurikulum yang tidak bisa diperoleh pada sekolah biasa.

 

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terkemuka di Pekanbaru. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

 

Kata kunci: sekolah dasar islam terbaik Pekanbaru, sd islam terbaik Pekanbaru, sd islam Pekanbaru, sekolah islam Pekanbaru, sd islam terbaik di Pekanbaru, sd islam di Pekanbaru bertaraf internasional, sd islam di Pekanbaru berprestasi, sd islam di Pekanbaru pilihan orang tua, sd islam unggulan di Pekanbaru

You May Also Like

About the Author: admin