10 SD Islam Padang Terbaik dan Terfavorit bagi Anak Didik

sd islam padang

Sekolah dasar adalah pendidikan formal pertama sehingga menjadi saat yang tepat untuk memulai pendidikan agama yang berkualitas untuk anak. Karenanya, penting untuk memilihkan sekolah dasar Islam terbaik untuk anak-anak. Untuk masyarakat Kota Padang, berikut adalah rekomendasi SD Islam terfavorit Padang yang cocok untuk peserta didik yang menuju ke sekolah dasar:

SD Islam Padang Terbaik dan Terfavorit bagi Anak Didik

1. Sekolah Dasar Islam Terpadu Arafah Andalas Padang

Bagi warga Padang Timur khususnya Andalas pasti sudah tidak asing lagi dengan SDIT Arafah Andalas. SD Islam terfavorit Padang yang satu ini mengandalkan program Tahfidz yang dimilikinya. SDIT Arafah Andalas memiliki lingkungan belajar yang tenang sebagai pendukung keefektifitasan proses belajar dan mengajar.

SDIT Arafah Andalas mengusung kurikulum standar nasional dengan perpaduan pendidikan agama Islam serta penanaman akhlak luhur. Untuk mendaftarkan anak-anak di SDIT Arafah Andalas, orangtua perlu menyediakan biaya sebesar 7,8 juta rupiah serta SPP sebesar 575 ribu rupiah. Kunjungi www.sditarafahpadang.sch.id untuk info lebih lanjut.

2. Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia Kuranji Padang

Sekolah yang didirikan oleh Yayasan Adzkia Sumatera Barat pada tahun 1996 ini termasuk SD Islam yang tertua. Sistem full day school yang diterapkan SDIT Adzkia Kuranji ini menjadi program andalannya. Kurikulum yang dilakukan adalah Integrated Curriculum and Integrated Activity yang membantu siswa belajar maksimal namun tetap merasa senang.

Pencapaian prestasi yang dimiliki oleh SDIT Adzkia Kuranji sudah tidak perlu diragukan lagi. Karenanya, para orangtua tidak perlu meragukan kualitas sekolah Islam yang satu ini. Untuk mendaftar di SD ini, orangtua bisa melakukan pembayaran 12 juta rupiah dan SPP sebesar 1 juta rupiah. Kunjungi www.ppdb.adzkiasumbar.or.id untuk info lengkapnya.

3. International Islamic School Padang

Di nomor tiga ada International Islamic School (IIS) yang juga termasuk pionir sekolah Islam di Padang. IIS mengembangkan bakat siswa dengan cara pandang dan nilai-nilai Islam tanpa mengesampingkan pandangan yang global. Kompetensi yang digunakan oleh IIS juga dilengkapi dengan kompetensi kepemimpinan serta akademis tentunya.

IIS memiliki lingkungan yang asri dan luas sehingga kegiatan belajar dan mengajar bisa membuat siswa dan guru tetap nyaman. Dengan penciptaan tempat belajar yang nyaman, harapannya siswa bisa merasakan sekolah sebagai rumah mereka juga.

4. Sekolah Nasima

Sekolah Nasima berlokasi di Samarinda yang juga menjadi salah satu SD Islam terfavorit Padang. Di sekolah Nasima, siswa ditanamkan nilai-nilai iman dan taqwa serta mengedepankan etos kerja yang tinggi. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang jujur dan amanah.

Sekolah Nasima dibangun di lokasi yang sangat luas serta suasana yang asri. Di sini, siswa akan mendapatkan pembelajaran dengan e pedoman yang dipegang teguh oleh Sekolah Nasima. Pedoman Tersebut adalah Agama, Ekstensif, mancanegara, Hijau, dan wirausaha.

5. SD Islam Firdaus Pleburan

Jika dua sekolah sebelumnya adalah sekolah yang termasuk sekolah Islam tertua di Padang, SD Islam Firdaus Pleburan termasuk yang baru. Sekolah ini baru saja didirikan dan beroperasi pada tahun 2020. Meski baru, sekolah ini menawarkan pengajaran dengan kualitas tinggi.

SD Islam Firdaus Pleburan dianggap favorit karena dapat memancing keaktifan siswa di kelas melalui program active learning. Selain itu, sekolah ini tidak hanya mengedepankan penyampaian ilmu pengetahuan. Sebagai sekolah Islam, poin penting dalam pembelajaran adalah pembekalan iman dan takwa kepada seluruh siswa.

6. Sekolah Alam Arroyyan Pangambiran

SD Islam terfavorit Padang selanjutnya adalah Sekolah Alam Arroyyan Pangambiran. Sekolah ini mengambil konsep belajar sambil bermain sehingga siswa bisa menikmati masa sekolahnya. Minat dan bakat siswa tidak hanya dinilai dari keaktifan di dalam kelas namun juga dari potensi yang ditunjukkan saat sedang beraktivitas di luar kelas.

Sekolah Alam Arroyyan memiliki sistem belajar yang menjadikannya banyak diminati. Namun kuota penerimaan yang disediakan sangatlah terbatas, hanya sekitar 50 siswa baru setiap tahunnya. Untuk mendaftarkan anak-anak ke sekolah ini, orangtua bisa mempersiapkan dana sebesar 5-6 juta rupiah. Kemudian untuk SPP sebesar 500 ribu rupiah yang dibayarkan setiap bulannya.

7. SD Islam Terpadu Dar el-Iman Padang

Di nomor tujuh ada sekolah dasar Islam yang berdiri dibawah naungan yayasan Dar el-Iman.  Dalam pembelajarannya SDIT Dar el-Iman mengedepankan pembelajaran agama, akidah, dan akhlak dalam Islam sebagai sekolah Islam terpadu. Meski begitu, pembelajaran di sekolah juga tidak meninggalkan pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan yang juga penting untuk diberikan kepada siswa.

SDIT Dar el-Iman memiliki prinsip pembelajaran active learning sehingga kemampuan siswa bisa diuji dan ditingkatkan. Dar el-Iman memiliki dua lokasi sekolah yang bisa dipilih sesuai dengan jarak tempat tinggal. Untuk biasa pendaftaran, orangtua bisa menyiapkan dana sebesar 7 juta. Untuk info lengkap, kunjungi situs web resmi http://www.dareliman.sch.id/.

8. Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Iman Pondok Bambu

Sekolah ini memiliki sistem kurikulum yang menggabungkan kurikulum pemerintah dengan kurikulum khas milik Nurul Iman sendiri. Program yang dikedepankan oleh SDIT Nurul Iman adalah program belajar Alquran seperti tahsin dan tahfidz. Sekolah ini bisa menjadi pilihan untuk masyarakat Padang khususnya Pondok Bambu.

SDIT Nurul Iman juga menerapkan kelompok belajar terbatas. Kelompok belajar dalam kelas hanya diikuti oleh sedikit siswa. Biasanya satu kelas berisi maksimal 25 siswa. Dengan begitu KBM dan program belajar Alquran bisa dilakukan dengan lebih efektif.

9. Isriati Baiturrohman

Berikutnya adalah Isriati Baiturrohman yang berada dalam naungan Afkaaruna yaitu Isriati Baiturrohman. Keunggulan sekolah ini ada pada perpaduan 3 jenis kurikulum yang diadaptasi. Isriati Baiturrohman menggunakan kurikulum internasional Cambridge, kurikulum nasional, serta kurikulum pesantren.

Dengan kurikulum yang diadaptasi oleh sekolah ini, siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan namun juga ilmu agama. Adaptasi kurikulum pesantren dianggap bisa membantu siswa mendapatkan pembelajaran Islam yang lebih mendalam.

10. Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Padang

Yang terakhir adalah SDIT Permata Padang. SD Islam yang satu ini masih terakreditasi B, namun berhasil menjadi salah satu SD Islam terfavorit Padang. Keunggulan sekolah ini adalah pada sistem belajarnya yang berbentuk kelompok kecil. Dengan begitu, siswa bisa lebih fokus belajar dan guru pun bisa lebih fokus mengenali gaya belajar setiap siswa.

Pendaftaran SDIT Permata Padang bisa dikatakan sangat eksklusif karena memang kuota yang disediakan sangat terbatas. Untuk mendaftarkan anak-anak di SDIT Permata Padang, perlu disediakan dana sebesar 6,5 juta, serta SPP sebesar 350 ribu per bulannya. Untuk ukuran SD Islam terfavorit, biaya ini relatif murah. Kualitas pembelajaran yang diberikan pun sangat berkualitas dan terjamin.

Banyaknya pilihan yang tersedia dapat membantu para orangtua untuk memilihkan sekolah terbaik untuk anak-anak. Sepuluh pilihan SD Islam terfavorit di Padang diatas bisa membantu para orangtua untuk memilihkan sekolah dasar yang berkualitas. Sekolah dasar Islam tersebut juga bisa menjadi langkah awal para orangtua untuk memberikan pendidikan formal dan pendidikan agama kepada anak-anak.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terbaik di Padang. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

 

Kata kunci: sekolah dasar islam terbaik Padang, sd islam terbaik Padang, sd islam Padang, sekolah islam Padang, sd islam terbaik di Padang, sd islam di Padang bertaraf internasional, sd islam di Padang berprestasi, sd islam di Padang pilihan orang tua, sd islam unggulan di Padang

You May Also Like

About the Author: admin