8 SD Islam Makassar Terunggul dengan Sistem Pendidikan Bertaraf Global

sd islam makassar

Moralitas pada anak dapat diajari sejak dini. Anak seharusnya mendapatkan pelajaran ini sejak sekolah dasar. Salah satu lembaga pendidikan yang dapat mengajari soal moral adalah sekolah agama. Di Makasar sendiri sebenarnya ada beberapa SD Islam terunggul Makassar yang cukup kompeten dalam mengajari soal moral. Mungkin ini dapat menjadi pertimbangan pemilihan sekolah anak.

Sekolah adalah tempat menuntut ilmu. Tetapi dibalik itu, sekolah seharusnya dapat membentuk karakter anak. Selain harus memiliki kecerdasan intelektual yang baik, anak juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sekolah agama adalah salah satu tempat yang tepat untuk mendapatkan kedua ilmu ini secara bersamaan dan seimbang.

Mengapa Harus Sekolah Islam?

Pada umumnya sekolah mengajarkan tentang ilmu akademis dan keterampilan. Tetapi ilmu dan keterampilan yang didapatkan pada anak tentunya harus diikuti sikap yang bijak. Maka dari itu pengembangan karakter anak sangatlah penting. Ini agar anak dapat menentukan sikapnya terhadap ilmu dan keterampilan yang dimilikinya agar tidak mengarah pada hal yang buruk.

Sekolah Islam adalah salah satu sekolah yang mengajarkan tata krama, norma, moral, dan etika. Dengan pelajaran Islam yang intens, anak akan mengetahui bahwa setiap tindakannya memiliki batasan dan harus selalu berorientasi pada kebaikan. Seperti pada sikap Rasulullah yang selalu berpikir bijak dan bertindak tepat sesuai dengan kebaikan seluruh umat.

Daftar 8 SD Islam Makassar Unggulan dengan Sistem Pendidikan Bertaraf Global

Sebagai kota yang pernah menjadi basis Islam terbesar di Sulawesi, tentu sangatlah wajar jika kota ini memiliki banyak lembaga pendidikan Islam. Beberapa lembaga pendidikan Islam di kota ini bahkan memiliki kualitas yang baik dan populer di berbagai daerah. Berikut adalah rangkuman dari beberapa sekolah berbasis Islam ternama di Makassar:

1. SDIT Al Biruni

Sekolah ini memiliki prinsip keseimbangan pendidikan global dan pendidikan Islami. Tujuannya agar manfaat SDIT Al Biruni dapat mencapai dunia global dengan tetap memegang teguh prinsip Islami. Untuk mencapai misinya itu, SDIT Al Biruni selain menerapkan kurikulum Islam dalam pembelajarannya, SD ini juga menerapkan kurikulum dari Cambridge.

Dalam pendidikan Islamnya, sekolah ini sangat menekankan pada pemahaman Al-Quran. Untuk mencapai target pemahaman Al-Quran tersebut, SDIT Al Biruni menerapkan program penghafalan Al-Quran hingga 30 juz. Di sekolah ini siswa juga akan diberikan pelatihan ekstrakurikuler seperti panahan, pramuka, karate, badminton, futsal, dan lain sebagainya.

2. SD Islam Athirah

SD Islam Athirah menerapkan kurikulum standar nasional sebagai dasar pembelajarannya. Untuk melengkapi kurikulum tersebut, SD Islam Athirah juga menerapkan kurikulumnya sendiri dalam aktivitas pembelajarannya.

Selain berfokus pada agama Islam, sekolah ini juga tidak lupa pendidikan ilmu umum yang dimilikinya. Sekolah ini pantas disebut SD Islam terunggul Makassar karena telah meraih prestasi dalam ajang International Mathematics Contest Singapore 2019. Pada ajang itu, sekolah ini mendapatkan medali emas untuk kelas 2 dan 4 dan perunggu di kelas 3.

3. Al Akhyar Islamic School

Sekolah Al Akhyar Islamic School juga menerapkan kurikulum standar nasional, tetapi dengan dilengkapi kurikulum keislaman IMTAQ. Di sekolah ini seluruh proses belajar mengajar difokuskan pada siswa. Jadi siswa akan diajarkan untuk aktif dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar atau lebih dikenal dengan metode student active learning.

Sekolah ini mengedepankan dua prinsip utama yaitu unggul dan berakhlak. Setiap siswa akan diajarkan untuk terus menggali potensi yang dimiliki. Selain itu siswa juga akan diajarkan untuk selalu memiliki pemikiran dan sikap yang baik. Pembelajaran Islam dalam sekolah ini difokuskan pada akhlak siswa dan kearifan siswa dalam bersikap.

4. SDIT Al Fatih

SDIT Al Fatih memiliki impian untuk mencetak generasi ungu yang memiliki karakter Qur’ani. Salah satu upaya sekolah ini untuk mewujudkan impiannya itu adalah dengan mendidik siswa dengan orientasi ajaran Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ajarannya adalah dengan mengajarkan siswa hadist dan doa harian yang kemudian diimplementasikan kedalam kebiasaan sehari-hari.

Untuk memudahkan penghafalan Al-Quran pada siswa, sekolah ini juga menerapkan metode kaisa yaitu metode menghafal Al-Quran melalui ilustrasi gerakan. Inilah yang membuat sekolah ini pantas disebut SD Islam terunggul Makassar. Sekolah SDIT Al Fatih juga tak lupa pada pendidikan umumnya. Siswa tetap mendapatkan pengajaran sains, matematika, serta sastra.

5. Ar Raafi’ Islamic School

Sekolah ini awalnya adalah sekolah umum yang kemudian diubah fungsi menjadi sekolah berlandaskan Islam pada tahun 2018. Untuk menyaingi sekolah Islam lain yang bertaraf nasional, sekolah Ar Raafi’ Islamic School juga ikut menerapkan kurikulum standar nasional. Kurikulum tersebut kemudian dipadukan dengan pengajaran Islami yang khas dan hanya dimiliki sekolah ini.

Dalam pengajaran Islamnya sekolah ini sangat berfokus pada Al-Quran serta Haditz, sejarah Islam, bahasa Arab, dan pengembangan karakter Islami pada siswa. Terkhusus pada pembinaan hafalan Al-Quran, Ar Raafi’ Islamic School menerapkan metoda tahsin dan juga tahfidz.

6. SDIT Wahdah Islamiyah

SDIT Wahdah Islamiyah memiliki impian untuk memegang teguh salafus shalih dengan cara mengamalkan Al-quran dan As-Sunnah. Pengamalan yang sangat dipegang teguh ini membuat SDIT Wahdah Islamiyah pantas diberi predikat SD Islam terunggul Makassar. Karena bagaimanapun juga faktor utama dalam lembaga pendidikan Islam adalah keimanannya.

Selain di bidang keagamaan, sekolah ini juga tidak lupa memperhatikan siswanya di bidang pengetahuan umum dan keterampilan. Di bidang keterampilan sendiri, sekolah ini telah menelurkan prestasi dengan memborong 5 juara di Virtual Series International Karate Championship. Selain siswanya yang berprestasi, salah satu gurunya pun ikut berprestasi dengan menjadi Guru Inspiratif Non-PNS 2021.

7. SIT Nurul Fikri

Sekolah ini telah mendapatkan predikat akreditasi A, maka tak heran jika sekolah ini merupakan salah satu SD Islam terunggul Makassar. Akreditasi A tentunya tidak didapatkan secara tiba-tiba. Lihat saja seperti kondisi sekolahnya yang cukup layak menjadi lembaga pendidikan. Sekolah ini memiliki fasilitas ruang terbuka yang dapat dinikmati siswa untuk belajar dan bermain.

Untuk kegiatan Islaminya, sekolah ini memfokuskan pada pelatihan pemahaman Al-Quran, pembentukan karakter berakhlak, serta kebiasaan untuk beribadah. Pelatihan Al-Quran dilakukan melalui metode tahfidz. Sekolah ini juga sering melaksanakan kegiatan positif seperti kunjungan edukatif, science camp, research expo, dan lain sebagainya.

8. Lazuardi Athaillah Global Compassionate School Makassar

Lazuardi sendiri merupakan lembaga pendidikan yang sudah menasional. Sedangkan Lazuardi Athaillah Global Compassionate School Makassar sendiri merupakan cabang ke-13 dari yayasan ini. Dalam metode pengajarannya, sekolah ini memadukan 2 kurikulum yaitu kurikulum berstandar nasional dan kurikulum Cambridge.

Sekolah ini memiliki mimpi untuk mencetak generasi yang berakhlak baik, berwawasan luas, serta penuh belas kasih. Untuk mewujudkan hal itu, setiap siswa diberikan pelatihan pemahaman Al-Quran melalui metode tahfidz.

Sejak dini anak sudah seharusnya diajarkan moralitas dan rasa kemanusian melalui figur agama. Tetapi banyaknya ideologi yang menyesatkan tak jarang orang tua menjadi khawatir untuk mendaftarkan anaknya pada sekolah agama. Maka dari itu, rekomendasi SD Islam terunggul Makassar ini dibuat agar para orang tua mengetahui sekolah mana saja yang terpercaya.

Mungkin cukup sekian pembahasan kami tentang SD Islam Terunggul di Makassar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memasukkan buah hati Anda ke salahsatu sekolah diatas. Jika Anda membutuhkan informasi tentang sekolah islam di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke blog ini, AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin