Ponpes Al Fattah Sidoarjo

Ponpes Al Fattah Sidoarjo. Jenjang Pendidikan dan Biayanya

Posted by

Yang akan menjadi kunci utama seseorang bisa sukses dan selamat dunia akhirat adalah bekal ilmu agama. Hal inilah yang dijadikan sebagai pedoman oleh Ponpes Al Fattah Sidoarjo, Jatim. Oleh karena itu, pondok ini mampu mencetak generasi yang berwawasan global sekaligus berakhlakhul karimah.

Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo adalah salah satu ponpes yang dikenal secara luas di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Ponpes modern ini memang mempunyai berbagai macam kelebihan. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kami akan memberikan informasi terbaik mengenai Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo. Beberapa pembahasan kami dalam kesempatan ini antara lain mengenai lembaga pendidikan, jenjang pendidikan, kurikulum dan biaya masuk.

Lembaga Pendidikan Ponpes Al Fattah Sidoarjo

Ponpes ini awalnya berdiri pada tahun 1987 dengan mengambil jenjang SMP karena sebelumnya memang belum marak berdiri Islamic Boarding School di tanah air seperti saat ini. Lalu pada tahun 1993 akhirnya berdiri kembali sekolah jenjang SMA. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa ponpes ini sudah cukup matang karena sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Menurut pendapat kami, ponpes ini bisa dibilang masuk sebagai kategori ponpes modern. Yakni ponpes putra dan putri yang mana pendidikan formalnya diberikan untuk menjadi salah satu fokus dengan penjagaan yang baik. Terlebih pendidikan yang ada adalah jenjang SMP dan juga SMA, bukan status MTs dan MA seperti ponpes pada umumnya.

Informasi Lengkap tentang Ponpes Al Fattah Sidoarjo

Pendidikan di Ponpes Al Fattah Sidoarjo

Di pondok pesantren modern Sidoarjo ini terdapat dua jenjang yaitu SMP dan SMA sebagai sekolah formal. Akan tetapi, pada jenjang masing-masing terdapat kelas unggulan. Misalnya seperti sekolah yang menerapkan sistem full day school, mereka lebih fokus dengan pemberian materi sains yang mencakup IPA. Dengan demikian, sekolah ini terbilang cukup variatif untuk menjadi pilihan bagi para santri.

Terdapat kelas pengembangan siswa di pondok pesantren ini misalnya kelas tahfids al-Quran yang mana masing-masing santri akan memperoleh target hafalan. Namun sayangnya, belum diketahui berapa jumlah juz yang wajib dihafalkan dalam masa pendidikan yang ditempuh.

Yang kedua yaitu kelas internasional, dimana aspek bahasa Inggris dijadikan sebagai salah satu kelebihan dalam bahasa internasional. Maka dari itu, siswa diajarkan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris agar terbiasa dan menjadi pandai berkomunikasi dalam bahasa asing tersebut.

Pendidikan Diniyah

Terdapat satu program lain dari Ponpes Al Fattah Sidoarjo, yakni kelas Diniyah untuk para santri. Kelas ini adalah kelas pendidikan Islam khusus untuk mengkaji berbagai kitab sebagai bekal ketika terjun di lingkungan masyarakat. Masing-masing santri harus mengikuti pembelajaran hadist, nahwu, shorf, tafsir, tauhid dan lainnya.

Kelebihan Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo

Menurut pendapat kami, pondok pesantren modern di Sidoarjo ini mempunyai beberapa kelebihan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelajar yang mencari lingkung pondok untuk menimba ilmu agama lebih dalam.

Selain tahfidz al-Quran, disini juga terdapat pendidikan khusus untuk ajang dakwah. Sistemnya bisa berbentuk safari atau berbentuk praktik dakwah langsung di lapangan. Bukan hanya sebatas teori saja, namun para santri juga dibekali sekaligus dibimbing untuk menjadi dai.

Kelebihan yang kedua yakni terdapat pendidikan entrepreuner atau wirausaha yang tentu akan menjadikan pribadi para santri mampu memiliki jiwa bisnis. Di ponpes ini kegiatan wirausaha tentu sangat mungkin dilakukan, terlebih memperoleh pendidikan hingga 24 jam dengan pendampingan ustadz yang berpengalaman. Maka dari itu, pastinya jiwa usaha para tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Mengingat zaman sekarang ini persaingan ekonomi semakin sengit, tentu jiwa untuk menjadi pelaku usaha perlu ditanamkan sejak dini. Disamping itu, penanaman pendidikan entrepreuner ini juga diimbangi dengan ilmu agama sehingga mereka bisa tetap berada di jalur yang benar saat mencoba berwirausaha.

Ektrakulikuler di Ponpes Al Fattah

Salah satu khas pondok pesantren modern yaitu kegiatan ekstra memperoleh porsi yang lebih, begitu pula yang berlaku di ponpes Al Fattah ini. Beberapa ektrakulikuler yang ada di pondok pesantren ini antara lain jurnalistik yang merupakan keperluan di era internet, bela diri dan juga berenang.

Pendaftaran Ponpes PPDB

Bagi anda yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke ponpes ini maka anda perlu mengetahui bahwa tidak semua calon siswa bisa otomatis masuk. Di ponpes ini diadakan seleksi terlebih dahulu untuk dilewati. Misalnya dengan mengikuti tes baca Al-Quran dan tes akademik. Tidak lupa juga terdapat tes wawancara antara pihak ponpes Al Fattah dengan wali santri beserta calon santri itu sendiri.

Waktu pendaftaran santri baru di pondok pesantren ini umumnya dimulai pada bulan Oktober hingga kuota sudah terpenuhi. Kuota yang tersedia memang tidak terlalu banyak mungkin sekitar 30 santri per jenjangnya. Sehingga dalam pendaftaran santri baru ini terbilang cukup ekslusif walaupun pendaftarannya lumayan melimpah.

Biaya Masuk Pondok Pesantren

Untuk biaya masuk ke ponpes Al Fattah antara santriwan dan santriwati dikenai nominal yang berbeda. Berikut ini kisaran biaya masuk calon santri di pondok pesantren Al Fattah Sidoarjo.

  • SMP Putri : Rp 11.975.000
  • SMP Putra : Rp 11.875.000
  • SMA Putri : RP 12. 460.000
  • SMA Putra : Rp 12.350.000

Biaya di atas sudah termasuk biaya SPP bulanan di pondok pesantren Al Fattah. Untuk jenjang SMP sekitar Rp 1.200.000, sedangkan untuk jenjang SMA sekitar Rp 1.300.000.

Angka di atas hanya perkiraan biaya saja. Biaya tentu bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari ponpes Al Fattah. Menurut pendapat kami, kisaran biaya di atas terbilang masih standar mengingat ponpes Al Fattah adalah pondok pesantren modern yang ada di area Sidoarjo.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo

Alamat lengkap ponpes ini yakni Jalan Sudermo, Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk nomor kontak informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi di 085211941469 maupun di website resmi ponpes Al Fattah.

Nah, demikian ulasan lengkap mengenai Ponpes Al Fattah Sidoarjo. Semoga pembahasan kami kali ini bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat anda sedang berburu pondok pesantren yang tepat untuk memasukkan putra-putri anda. Sebagaimana penjelasan di atas bahwa kunci utama sukses dunia akhirat adalah ilmu agama, jadi pastikan anda memilih ponpes untuk menyekolahkan buah hati tercinta.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia Pondok Pesantren, Anda bisa mendapatkan informasi tentang pondok pesantren lainnya di Indonesia di blog ini, AnakIslam.com.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *