pondok pesantren surabaya

Pondok Pesantren Terbaik di Surabaya Pencetak Generasi Pemimpin Umat yang Mendunia

Posted by

Pesantren  merupakan sarana pendidikan Islami yang cukup banyak ada di Surabaya. Walau kerap dipansertag kuno, kaku, maupun radikal, faktanya Tidak sedikit ayahbunda mengirimkan anaknya ke pesantren  . Tak cuma menuntut ilmu mengaji serta ilmu agama, pesantren  membantu santri membiasakan karakter serta keterampilan menyesuaikan diri. Mengingat kentalnya budaya pesantren di sini, tersebut beberapa pesantren terbaik di Surabaya, diantaranya:

1. Modern Darussalam

Saat menguraikan terkait pondok pesantren  berkualitas di Surabaya, sepertinya pesantren satu ini tak bisa luput diuraikan. Pondok pesantren Modern Darussalam mulai didirikan di Surabaya di tanggal 20 September 1926 dimotori tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yang merupakan pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga pendidikan tersebut menganut 4 dasar motto, merupakan berakhlak tinggi, bertubuh sehat, berpengetahuan banyak, dan berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat disebut sebagai penggerak pondok pesantren modern Surabaya yang pertama kalinya dicetuskan di India. Pondok ini pula terkenal pun terkenal terkait disiplinnya juga penekanannya mengenai pelajaran bahasa luar negeri, contohnya Inggris dan Arab. Bukan hanya itu, pondok pesantren tersebut dinilai jadi tulang punggung warga Muslim Surabaya sebab peranannya telah mencetak banyak pemimpin Islam Nusantara.

2. Sunan Drajat

Pesantren Sunan Drajat berlokasi di Desa Sidogiri Surabaya. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman dan Kiai Aminullah selaku utusan yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih berbentuk hutan lebat. Membutuhkan kisaran 40 hari lamanya guna babat tuntas pohon-pohon disana berikutny membuat pondok pesantren sesudahnya.

Sayyid menentukan Sunan Drajat dengan landasan tanahnya dipercaya baik juga bisa mendatangkan berkah. Sebagai pondok pesantren tua di tanah air, pesantren ini masih eksis dan juga selalu bertumbuh. Tak cuma itu, pesantren tersebut komit menegakkan metode pengajaran autentiknya.

Sampai sekarang, total peserta didik yang menuntut ilmu dalam pondok pesantren tersebut telah melebihi puluhan ribu. Hal ini menunjukan keberadaannya di tengah kemajuan zaman. Pondok pesantren ini pun dipandang mandiri mengelola keuangan. Kegiatan itu terbukti dari beragam aktivitas bisnis yang dipegangnya.

3. Tebuireng

Pesantren terbaik di Surabaya selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang juga tersohor sebagai tokoh pendiri NU.  Pondok pesantren ini adalah pesantren terbesar yang beralamat tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, serta sudah mencetak jebolan kiyai terbanyak di tanah air. Pondok pesantren itu semula berada di Desa Tanobato, namun dikarenakan musibah banjir, jadi letaknya berpindah.

Perihal yang berbeda dari pondok pesantren ini merupakan siswa-siswinya menetap dalam tempat berdimensi 3×3 m. Tempatnya bersebrangan satu dengan lainnya di kanan serta kiri jalan. Tempat ini dibagi menjadi beberapa kompleks serta setiap kompleks memiliki pemimpin. Setiap pondok bisa menyelenggarakan program tahunan, baik itu yang berkategori resmi misal diskusi maupun kreasi contoh menulis. Hal tersebut tujuannya untuk meningkatkan kepribadian juga skill dari peserta didiknya.

Itu pembahasan yang membahas pesantren terbaik di Surabaya. Tak cuma dikenal oleh mutu edukasinya yang bagus, pondok pesantren di atas pun memiliki hubungan terkait makna sejarah di Surabaya. Selanjutnya membuatnya sebagai pesantren terbaik yang dimiliki Surabaya. Sekarang ramanda yang hendak memasukan buah hatinya ke pesantren  , Tidak usah kebingungan lagi. Kualitas pesantren ini sudah Tidak usah dicemaskan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Surabaya, pondok pesantren terbaik Surabaya, pondok pesantren Surabaya, sekolah islam Surabaya, pondok pesantren terbaik di Surabaya, pondok pesantren di Surabaya bertaraf internasional, pondok pesantren di Surabaya berprestasi, pondok pesantren di Surabaya pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Surabaya