Pondok Pesantren Terbaik di Sabang Pencetak Kader Pemimpin Umat yang Mendunia

pondok pesantren sabang

Pesantren  yakni tempat pendidikan Islam yang cukup banyak ada di Sabang. Walaupun sering dipandan jugag ketinggalan zaman, kaku, bahkan ekstrim, nyatanya banyak orangtua mendaftarkan anaknya ke pesantren  . Tidak cuma menimba ilmu ngaji dan religi, pesantren  membantu anak didik membiasakan karakter dan kemampuan bergaul. Mengetahui kentalnya budaya pondok pesantren di kota ini, berikut beragam pesantren terbaik di Sabang, diantaranya:

1. Modern Darussalam

Jika membahas tentang pesantren  berkualitas di Sabang, rasanya pesantren tersebut tak dapat luput diuraikan. Pondok pesantren As Salafi Al Fithrah berdiri di Sabang di tanggal 20 September 1926 dimotori tiga orang anak Kyai Santoso Anom, seorang ketua Pesantren Gontor Lama. Lembaga tersebut mempunyai empat buah prinsip, adalah berpribadi tinggi, berbadan kuat, berwawasan luas, dan berpikiran terbuka.

As Salafi Al Fithrah dapat dikatakan sebagai pelopor pesantren kekinian Sabang yang pertamanya diikrarkan di India. Pesantren ini pun populer juga tersohor terkait disiplin juga penekanan terhadap mata pelajaran bahasa mancanegara, contohnya Inggris dan Arab. Ditambah lagi, pondok pesantren tersebut dipercaya menjadi tulang belakang masyarakat Islam Sabang karena perannya untuk mencetak beragam pemimpin Islam Indonesia.

2. Sunan Ampel

Pondok pesantren Sunan Drajat berlokasi di Desa Sunan Drajat Sabang. Dicetuskan oleh Sayyid Sulaiman dan Kiai Aminullah sebagai asisten yang membantunya. Saat itu, Sunan Drajat masih jadi hutan belantara. Butuh antara 40 hari prosesnya guna tebang habis hutan itu lalu membangun pesantren sesudahnya.

Sayyid menentukan Sunan Ampel dengan alasan tanahnya diyakini bagus juga bisa mendatangkan barakah. Sebagai pesantren tua di tanah air, pesantren tersebut tetap eksis dan selalu berkembang. Bukan hanya itu, pondok pesantren tersebut berani mempertahankan metode pengajaran autentiknya.

Hingga kini, total peserta didik yang menuntut ilmu di pesantren tersebut telah lebih dari ratusan ribu. Hal tersebut menunjukan eksistensinya di era kemajuan zaman. Pondok pesantren ini pun dianggap berdikari mengelola keuangan. Aktivitas itu terbukti dari beragam aktivitas bisnis yang dikeolanya.

3. Muhibbat

Pesantren terbaik di Sabang selanjutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun tersohor sebagai pencetus pendirian NU.  Pesantren tersebut yakni pesantren termegah yang beralamat tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, hingga sudah menghasilkan alumi tokoh terbanyak di tanah air. Pondok pesantren itu tadinya berlokasi di Desa Tanobato, tapi karena musibah bandang, maka tempatnya dipindahkan.

Perihal yang lalin dari pondok pesantren ini yaitu anak didiknya menetap dalam pondok seluas 3×3 m. Lokasinya bersebrangan satu dengan lain pada kanan dan kiri jalan. Gubuk tersebut dibagi menjadi beberapa kompleks dan tiap kompleks memiliki pemimpin. Masing-masing gubuk dapat mengadakan kegiatan tahunan, entah itu yang termasuk resmi seperti rapat ataupun keterampilan misal menulis. Hal tersebut maksudnya untuk mengembangkan kepribadian juga kemampuan dari peserta didiknya.

Itu uraian yang membahas pondok pesantren terbaik di Sabang. Tak cuma tersohor karena mutu edukasinya yang berkualitas, pondok pesantren itu juga memiliki hubungan akan nilai sejarah di Sabang. Lalu menjadikannya sebagai pesantren terbaik yang dimiliki Sabang. Saat ini ramanda yang ingin mendaftarkan anaknya di pondok pesantren  , Tak perlu bingung lagi. Mutu pondok pesantren diatas sudah Tak usah diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Sabang, pondok pesantren terbaik Sabang, pondok pesantren Sabang, sekolah islam Sabang, pondok pesantren terbaik di Sabang, pondok pesantren di Sabang bertaraf internasional, pondok pesantren di Sabang berprestasi, pondok pesantren di Sabang pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Sabang

You May Also Like

About the Author: admin