Pondok Pesantren Terbaik di Bekasi Pencetak Kader Ulama yang Mendunia

Pondok Pesantren Bekasi

Pondok pesantren  adalah wadah pendidikan Islam yang banyak ada di Bekasi. Walau kerap dinilai ketinggalan, kaku, hingga subversif, nyatanya cukup banyak orang tua mengajak anaknya ke pondok pesantren  . Tak hanya belajar mempelajari dan juga religi, pondok pesantren  membantu santri membentuk kepribadian hingga keterampilan bersosialisasi. Menyadari kentalnya kebiasaan pondok pesantren di stersebut, berikut beberapa pondok pesantren terbaik di Bekasi, diantaranya:

1. As Salafi Al Fithrah

Jika membahas terkait pesantren  terbaik di Bekasi, sepertinya pondok pesantren tersebut tidak bisa lepas diuraikan. Pesantren Al Fatah ada di Bekasi di tanggal 20 September 1926 diinisaiasi tiga orang anak Kyai Santoso Anom, yakni pemimpin Pondok Gontor Lama. Lembaga pendidikan ini menganut empat dasar pegangan, yaitu berakhlak luhur, berbadan fit, berwawasan luas, hingga berpikiran bebas.

As Salafi Al Fithrah dapat disebut sebagai penggerak pondok pesantren kekinian Bekasi yang pertama kali dicetuskan di India. Pesantren ini pun tersohor juga tersohor terkait kedisiplinannya serta penekanannya terkait pengajaran bahasa mancanegara, misalnya Inggris dan Arab. Bukan hanya itu, pesantren tersebut dinilai jadi tulang punggung masyarakat Muslim Bekasi disebabkan jasanya untuk melahirkan beragam pemimpin Islam Nusantara.

2. Sunan Drajat

Pondok pesantren Sunan Drajat berlokasi di Desa Sunan Drajat Bekasi. Diinisiasi oleh Sayyid Sulaiman bersama Kiai Aminullah selaku kepercayaan yang membantunya. Saat itu, Sidogiri masih jadi hutan lebat. Membutuhkan antara 40 hari prosesnya guna menebang habis pohon-pohon itu lalu membangun pondok pesantren setelahnya.

Sayyid mendirikan di Sunan Drajat dengan alasan tanahnya dipandang baik juga dapat menghadirkan keberkahan. Sebagai pesantren senior di nusantara, pondok pesantren ini masih eksis dan juga terus berkembang. Tak cuma itu, pesantren tersebut berani mempertahankan sistem pendidikan aslinya.

Hingga saat ini, total peserta didik yang belajar di pondok pesantren tersebut telah melebihi ratusan ribu. Hal ini menunjukan eksistensinya di era perkembangan teknologi. Pondok pesantren ini juga dianggap independen mengelola keuangan. Bukti itu terlihat dari banyaknya kegiatan wirausaha yang dipegangnya.

3. Al-Hamdaniyah

Pondok pesantren terbaik di Bekasi berikutnya dibangun oleh Hadhrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari yang pun tersohor menjadi tokoh pendirian NU.  Pondok pesantren ini yakni pesantren tertua yang ada sejak tanggal 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein, dan juga sudah menghasilkan alumi kiyai berlimpah di tanah air. Pondok pesantren itu tadinya berlokasi di Desa Tanobato, namun karena musibah banjir, maka tempatnya dipindahkan.

Sesuatu yang lalin dari pesantren ini yaitu peserta didiknya tinggal dalam tempat berukuran 3×3 meter. Lokasinya bersebrangan satu sama lainnya di kanan serta kiri jalan. Pondok tersebut terbagi menjadi beberapa kompleks dan tiap kompleks memiliki pemimpin. Setiap tempat dapat mengadakan kegiatan tahunan, baik itu yang termasuk resmi seperti rapat maupun keterampilan seperti menulis. Hal tersebut tujuannya untuk meningkatkan karakter juga skill dari anak didiknya.

Itu pembahasan yang membahas pesantren terbaik di Bekasi. Tak cuma tersohor oleh kualitas edukasinya yang terjamin, pesantren itu pun kuat terkait makna sejarah di Bekasi. Lalu membuatnya jadi pondok pesantren terbaik yang dimiliki Bekasi. Kini ayah bunda yang mau mendaftarkan buah hatinya di pondok pesantren  , Tidak perlu bingung lagi. Mutu pesantren tersebut sudah Tidak usah diragukan lagi.

 

 

 

Kata kunci: pondok pesantren terbaik Bekasi, pondok pesantren terbaik Bekasi, pondok pesantren Bekasi, sekolah islam Bekasi, pondok pesantren terbaik di Bekasi, pondok pesantren di Bekasi bertaraf internasional, pondok pesantren di Bekasi berprestasi, pondok pesantren di Bekasi pilihan orang tua, pondok pesantren unggulan di Bekasi

You May Also Like

About the Author: admin