Pondok Pesantren Babussalam Tangerang

Pondok Pesantren Babussalam Tangerang. Kegiatan dan Biaya

Posted by

AnakIslam.com – Pesantren Babussalam Tangerang. Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam informal, tradisional sekaligus tertua di Indonesia. Memiliki sistem pendidikan yang khas, saat ini sudah banyak pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia salah satunya di Tangerang. Jumlah ponpes di Tangerang cukup banyak dan kebanyakan pondok pesantren tersebut merupakan ponpes yang menerapkan sistem modern.

Ponpes Babussalam Tangerang atau juga dikenal masyarakat sebagai Babussalam Karawaci adalah pondok pesantren di Tangeran yang masih memiliki nilai-nilai salafiyah sangat kental di tengah modernisasi ponpes saat ini. Sebelum dinamakan sebagai Babussalam Tangerang, ponpes ini dikenal dengan nama Pesantren Pabuaran dengan cikal bakal perintisan pondok jauh sebelum Indonesia merdeka.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami sangat tertarik untuk merekomendasikan ponpes ini dan mengulas lebih lanjut mengenai pondok pesantren Babussalam Tangerang. Bagi anda yang ingin menyekolahkan putra-putri anda di pondok pesantren maka pesantren Babussalam Tangerang bisa anda pilih. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai bahan pertimbangan saat memilih ponpes Babussalam Tangerang ini.

Informasi Penting tentang Pondok Pesantren Babussalam Tangerang

Sejarah Pesantren Babussalam Tangerang

Pondok Pesantren Babussalam Tangerang awal dirintis dari masjid yang merupakan tempat menuntut ilmu agama sebelum tahun 1945 dengan pendiri KH. Arsyad. Estafet perjuangan pengembangan pendidikan diteruskan oleh anak pertama beliau yang bernama KH. Ahmad Rifa’i. Pada orde kedua sekitar tahun 1961, majlis pengajian tersebut berubah menjadi Pesantren Pabuaran.

Ditengah perjuangan untuk mensyiarkan agama yang naik turun melalui pendidikan, pesantren Pabuaran menjadi semakin berkembang hingga berganti nama menjadi Ponpes Babussalam Tangerang tahun 1993. Pada saat itu mudir pondok juga diserahkan pada menantu beliau yaitu KH. Anwar Wahdi Hasi. Pesantren Babussalam yang berdiri kokoh di Tangerang ini beridentitas salafiyah serta modern.

Ponpes 3 Warna

Sebagaimana yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa ponpes ini adalah perpaduan dari pesantren modern dan pesantren salafiyah. Beberapa unsur modernitas pesantren ini diambil dari sistem pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo serta Pondok Pesantren Al-Amin. Adapun untuk sisi salafiyahnya merujuk pada ponpes Daarul Rahman Jakarta.

Inilah salah satu keunikan tersendiri yang menjadi daya tari dari ponpes Babussalam. Pondok Pesantren Babussalam Tangerang memberikan metode pendidikan terbaik bagi para santrinya dengan menyerap sejumlah nilai positif yang diperoleh dari beberapa pondok lain. Dengan demikian, bisa dibilang sistem pendidikan di ponpes Babussalam Tangerang sangat lengkap dan cocok untuk perkembangan para santri di tengah modernitas saat ini.

Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Babussalam

Sistem pendidikan di ponpes Babussalam Tangerang cukup teratur mulai dari paha hari yang mengharuskan para santri belajar pendidikan formal hingga sore hari sebagai waktu untuk mengaji kitab.

Maka dari itu, kurikulum pendidikan yang dipakai di pondok pesantren ini merupakan kurikulum K-13 atau nasional. Namun beberapa mapel khas pesantren modern pun juga diajarkan di pondok pesantren ini. Misalnya seperti muthala’ah, bahasa arab, nahwu, tamrin lughoh, musthalahul hadist dan lainnya.

Pembagian kelas di pondok pesantren ini pun mengacu pada ponpes modern. Kelas satu setara dengan tingkat SMP/ Mts yang ditujukan bagi para santri lulusan MI/ SD/. Sedangkan kelas 4 merupakan kelas intensif khusus bagi lulusan MTs/ SMP dengan masa pendidikan selama 4 tahun.

Kegiatan Harian di Pondok Pesantren Babussalam

Aktivitas keseharian para santri di pondok pesantren ini dimulai sejak jam 3 dini hari. Setelah bangun santri dianjurkan untuk melaksanakan qiyamullail lalu dilanjutkan dengan sholat subuh serta persiapan sekolah. Sedangkan untuk aktivitas belajar formal akan dilaksanakan pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Sepulang sekolah, para santri dibimbing untuk sholat dhuhur sera makan siang. Santri diizinkan untuk memanfaatkan waktu di jam-jam ini untuk beristirahat maupun melakukan aktivitas lain seperti mencuci baju.

Pada sore hari setelah sholat ashar, aktivitas santri dilanjutkan dengan mengaji Al Quran serta mengaji kutubutturots. Adapun saat malam sesudah sholat magrib diisi dengan tahsinul Quran serta mengaji kutubutturots. Ba’da sholat isya’ terdapat mudzakaroh lailiyah sebelum tidur selama kurang lebih 2 jam.

Sehingga, kegiatan para santri di pondok pesantren Babussalam di Tangerang ini selain belajar pendidikan umum juga difokuskan pada kegiatan mengaji yang merupakan salah satu khas anak ponpes salafiyah. Inilah yang juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ponpes Babussalam Tangerang.

Biaya Masuk Pondok Pesantren

Berdasarkan informasi dari brosur yang kami dapat, untuk biaya masuk ponpes Babussalam Tangerang bagi calon santri baru adalah sekitar 5,5 jutaan untuk tahun ajaran 2021-2022. Kisaran biaya ini sudah termasuk dengan uang pangkal, lemari untuk santri, 3 stel seragam, uang buku tulis dan kitab, iuran organisasi, SPP bulan juli dan PHBI. Adapun untuk SPP yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp 500.000. Berikut rincian pembayaran tersebut :

  • Asrama : Rp 50.000
  • SPP : Rp 170.000
  • Uang makan : Rp 300.000

Menurut pendapat kami kisaran biaya diatas cukup terjangkau mirip seperti beberapa pesantren lain yang ada di Indonesia. Selain itu, sistem pembelajaran di ponpes ini juga sangat terarah diserta fasilitas yang  lengkap sehingga biaya tersebut sesuai dengan apa yang akan santri dapatkan.

Pendaftaran Calon Santri PPDB

Adapun pendaftaran calon santri pondok pesantren Babussalam Tangerang ini bisa dilakukan secara langsung dengan berkunjung ke kantor sekretariat pendaftaran calon santri serta mengisi form dan menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Misalnya SKHUN atau STTB yang sudah dilegalisir, KK, akta lahir paling lambat tanggal 30 Juni.

Pastikan anda juga menyediakan biaya pendaftaran Rp 100.000. Persyaratan lainnya yang perlu dipenuhi oleh calon santri di pondok pesantren Babussalam adalah bebas Narkoba, berbadan sehat, mengikut peraturan ponpes dan siap bermukim di pesantren.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Pesantren Babussalam sendiri terdiri dari dua alamat yang berbeda. Kampus satu terletak di Jalan Merdeka Gg. Pesantren 1 Nomor 47, Desa Pabuaran, Kecamatan Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten.

Adapun kampus 2 berlokasi di Kp. Rajeg, Kosambi, Rajeg, Tangerang, Banten. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor kontak 021 55792889.

Demikian ulasan mengenai pondok pesantren Babussalam Tangerang yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda saat ingin memasukkan putra-putri tercinta ke ponpes yang ada di Tangerang. Dengan menuntut anak untuk masuk ke pondok diharapkan mereka bisa memiliki bekal ilmu agama yang luas tanpa harus tertinggal dengan ilmu umum yang juga diajarkan di ponpes ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *