Pesantren Darul Ulum Lido Bogor

Pesantren Darul Ulum Lido Bogor. Informasi Lengkap dan Biayanya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Darul Ulum Lido Bogor. Banyak orang tua sekarang ini lebih memilih pondok pesantren sebagai alternatif pendidikan bagi anak-anak mereka. Hal ini karena pesantren adalah lembaga pendidikan agama tradisional khas Indonesia. Salah satu ciri khas pesantren yang menjadikan banyak orang tertarik adalah karena adanya norma serta peraturan tertentu yang wajib dimiliki oleh setiap santri mereka.

Semakin banyaknya ponpes yang bermunculan di Tanah Air tentu menjadikan anda harus selektif dalam memilih yang terbaik. Pemilihan pondok pesantren harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Apabila anda tinggal di kota Bogor, maka Pesantren Darul Ulum Lido Bogor dapat menjadi pilihan.

Ponpes Darul Ulum Lido Bogor atau disebut juga dengan Pesantren Dulido adalah salah satu ponpes yang terkenal namanya di kalangan masyarakat Bogor dan sekitarnya. Pondok pesantren ini memiliki 3 unit pendidikan yakni MTs, MA dan RA untuk santriwan dan santriwati. Bagi anda yang masih awam dengan ponpes di Bogor ini maka anda perlu menyimak penjelasan lengkap kami mengenai Pesantren Darul Ulum Lido di Bogor di bawah ini.

Sejarah Pesantren Darul Ulum Lido Bogor

Pendiri Pondok Pesantren Dulido adalah alm. Drs. KH. Ahmad Dimyati yang merupakan salah seorang santri kesayangan Mudir Ponpes Daarut El Qallam, Drs. KH. Ahmad Rifa’i. Sebelum membangun ponpes sendiri, alm. KH. Ahmad Dimyati dulunya mengabdi kepada kedua ponpes tersebut. Beliau akhirnya diberik kepercayaan untuk mengurus Ponpes Syuja’iyah serta mengembangkannya menjadi Pondok Pesantren Darul Ulum Lido di Bogor.

Menariknya, nama Lido yang ada pada ponpes modern ini bukanlah nama desa atau letak geografisnya, namun singkatan dari berkah doa yang dikabulkan Allah Yang Maha Kuasa. Inilah yang menjadi sisik menarik dari pondok pesantren yang dirintis pada tahun 1996 silam.

Profil Pendidikan di Ponpes Darul Ulum Lido Bogor

Dari segi akademik, ponpes ini mengkolaborasikan 3 kurikulum berbeda yaitu Kemenag, Kemdikbud dan kurikulum pesantren modern dengan mempertahankan tradisi salafus sholeh dalam penerapannya.

Unit Pendidikan di Ponpes Dulido

Sebagaimana yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa ponpes ini mempunyai 3 unit pendidikan yang berbeda-beda.

MTs/ SMP ditujukan bagi santriwan/ santriwati lulusan jenjang SD/ MI. Sama seperti ponpes modern yang lain, pesantren ini juga mempunyai masa studi terintregrasi selama 6 tahun.

Madrasah Aliyah (MA) jenjang pendidikan yang setara dengan SMA yang memiliki masa studi intensif selama 4 tahun. Umumnya 1 tahun tambahan guna penyesuaian masalah bahasa dan pembelajaran terlebih dahulu.

Tahfidz Al- Quran yakni program untuk memperbaiki bacaan serta hafalan Al-Quran setidaknya mutqin 8 juz serta khatam 50 kali. Program ini merupakan program tambahan pilihan untuk para santri. Namun meskipun sebagai program tambahan, justru program ini menjadi salah satu favorit di ponpes Dulido.

Kegiatan Para Santri Pesantren Darul Ulum Lido Bogor

Apa saja kegiatan para santri di ponpes Dulido selama 24 jam? Berikut ini rangkuman berbagai kegiatan para santri di ponpes Darul Ulum Lido Bogor dari brosur.

Kegiatan saat pagi hari diawali dengan menunaikan sholat qiyamul lail dilanjutkan dengan sholat subuh. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan latihan bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arar, pembagian kosakata (tazwid mufrodat) dan juga kuliah subuh hingga pukul 06.00.

Setelah itu para santri mandi, sarapan dan dilanjutkan persiapan untuk sekolah. Santriwan dan santriwati masuk biasa KBM hingga jam 15.00 (diselingi dengan sholah dhuhur sekaligus makan siang).

Adapun kegiatan santri di sore hari diisi dengan ekstrakurikuler. Sedangkan di malam hari selepas sholat magrib adalah mengaji dan sholah isya’. Kemudian santri bermuwajahah untuk aktivitas belajar malam.

Fasilitas Pesantren Darul Ulum Lido Bogor

Untuk sarana dan prasarana yang tersedia di ponpes Dulido tidak perlu anda khawatirkan, sebab ponpes ini menyediakan fasilitas cukup lengkap demi menopang aktivitas para santriwan dan santriwatinya.

Antara lain masjid jami’ ponpes, dapur santri, asrama putra-putri yang terpisah, lapangan olahraga, kantin, perpustakaan, aula, unit kesehatan santri, laboratorium, tempat menjahit, agrowisata, dan laundry.

Selain menawarkan fasilitas lengkap dan memadai, kenyamanan para santri di ponpes ini juga didukung oleh udara Bogor yang sejuk. Letak geografis ponpes ini tepat di kaki gunung Salak yang menyajikan pemandangan indah dengan suasanan nyaman.

Pendaftaran Ponpes Dulido Bogor

Pendaftaran santri baru ponpes Dulido umumnya terbagi menjadi 2 gelombang, yaitu :

  • Gelombang I : Februari – Maret
  • Gelombang II : Meret – Mei

 

Prosedur pendaftaran ponpes ini cukup mudah, yakni dengan mengisi form pendaftaran yang terdapat di web resmi serta membayar biaya pendaftaran. Untuk kisaran biaya pendaftaran calon santri baru adalah Rp 350.000 dan untuk santri yang ingin masuk kelas khusus tahfidz Al – Quran maka dikenai biaya tambahan sekitar Rp 100.000.

Sedangkan untuk seleksi masuk ponpes, santri akan dites tulis psikotes, tes mengaji Al-Quran, dikte bahasa Arab dan juga tes potensi akademik.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Darul Ulum Lido

Adapun untuk biaya masuk setelah dinyatakan lolos seleksi adalah Rp 10 juta bagi jenjang MTs/ SMP dan Rp 9,3 juta untuk jenjang MA.

Sayangnya kami belum menemukan informasi yang lebih lengkap mengenai uang SPP bulanan atau syariah para santri baru. Menurut kami, biaya masuk ponpes tersebut masih terbilang standar dan dapat dibandingkan dengan berbagai pesantren lain yang ada di Bogor. Yang jelas biaya tersebut setara dengan fasilitas dan pemberian program pembelajaran terstruktur dari pondok pesantren Bogor ini.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya anda dapat menghubungi nomor kontak pondok pesantren Dulido yaitu (0251) 8224755. Atau anda juga bisa mencari informasi lengkap melalui website resmi pondok pesantren di alamat https://daarululuumlido.com/.

 

Alamat Lengkap Pondok Pesantren Dulido

Ponpes Darul Ulum Lido ini beralamatkan lengkap di Jalan Mayjen HR Edi Sukma, Desa Muara Ciburury, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Demikian ulasan mengenai Pesantren Darul Ulum Lido Bogor yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat anda ingin memasukkan putra-putri anda di pondok pesantren yang populer ini. Pastikan anda memilihkan ponpes yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan anak agar mereka bisa mengembangkan potensi dan akhlak mulia dengan seimbang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *