Pesantren Al Fusha Pekalongan

Pesantren Al Fusha Pekalongan. Kelebihan dan Biayanya

Posted by

AnakIslam.com – Pondok Pesantren Al Fusha Pekalongan. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kabupaten Pekalongan yang terdapat di Provinsi Jateng (Jawa Tengah). Kawasan ini menghubungkan Semarang, Surabaya dan Jakarta. Salah satu kelebihan dari daerah tersebut yakni mempunyai daftar pondok pesantren yang cukup banyak.

Mayoritas pondok pesantren yang ada di Pekalongan memiliki bangunan yang megah di atas lahan yang luas. Sehingga ponpes tersebut mampu menampung sarana pendidikan yang modern untuk mengembangkan keilmuan para santri berdasarkan perkembangan zaman.

Seluruh ponpes di Pekalongan meniktikberatkan kurikulum pendidikan berbasis agama Islam. Adapun pembelajaran ilmu umum dijadikan sebagai pendukung. Salah satu pesantren ternama di Pekalongan adalah Pesantren Al Fusha.

Pesantren Al Fusha Pekalongan adalah ponpes yang berkembang cukup pesat di Jawa Tengah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami ingin mengulas mengenai pesantren Al Fusha yang bisa anda jadikan pilihan saat anda ingin menyekolahkan putra-putri anda disana.

Pesantren Al Fusha Pekalongan

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 2010 dengan naungan Yayasan Fashihul Lisan atau berarti lisan yang fasih. Sedangkan jika dilihat berdasarkan riwayat pendidikan dari pendiri dan pengasuh yakni K.H.M. Dziqon, nama Al Fusha adalah akronim dari berbagai nama pondok yang dulunya pernah menjadi tempat menuntut ilmu bagi beliau. Yakni Al Anwar, Futuhiyah serta Asmaul Chusna.

Ponpes ini dimulai dari berbagai kegiatan non formal yang akhirnya tumbuh pada pendidikan formal hingga memiliki santri yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia khususnya Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Al Fusha ditujukan bagi putra maupun putri, dengan jenjang pendidikan SMP, SMK dan SMA. Program pendidikan yang bisa dipilih cukup lengkap sehingga mampu memenuhi harapan para santri yang turut bergabung ke dalam pondok pesantren di Pekalongan ini.

Pendidikan di Pondok Pesantren Al Fusha

Ponpes Al Fusha Pekalongan ini lebih condong ke pesantren salafiyah, yang merupakan pondok pesantren yang fokus terhadap pendidikan agama Islam dengan kajian kitab kuning. Umumnya dinamakan sebagai pendidikan diniyah yang salah satu kompetensi utamanya mencakup fiqh, tauhid, bahasa arab dan lainnya.

Akan tetapi tidak cukup sampai disitu. Ponpes ini juga menekankan sistem pendidikan formal berbasis IPTEK. Dengan demikian jenjang pendidikan yang diberikan lebih mengacu ke diknas yakni SMP serta SMA. Padahal umumnya MTs dan MA.

Untuk jenjang SMP di Pesantren Al Fusha Pekalongan  ini sudah mengantongi akreditasi A. Sementara untuk SMK dan SMA kami belum memperoleh informasi pastinya. Jenjang SMA di ponpes ini terbagi menjadi  IPS dan MIPA sehingga sama seperti jenjang SMA pada umumnya.

Jurusan di Ponpes Al Fusha

Adapun untuk SMK mempunyai tiga jurusan keahlian yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat para siswa. Yakni keuangan lembaga dan akutansi, tata busana yang umumnya untuk perempuan serta teknik &bisnis sepeda motor. Menurut kami, jurusan SMK tersebut sudah memadai dan bisa dijadikan sebagai opsi untuk para calon murid di ponpes ini.

Kelebihan Pesantren Al Fusha Pekalongan

Menurut kami ponpes ini mempunyai beberapa keunggulan. Misalnya tempatnya yang ada di wilayah sangat nyaman sehingga menjadikan para santri mampu menyerap semua pelajaran dengan lebih fokus. Kawasan ponpes Al Fusha Pekalongan ini dikelilingan dengan banyak pepohonan yang hijau dan rindang.

Adapun kelebihan yang kedua yakni mempunyai sarana pendidikan yang sudah cukup bagi para santriwan dan santriwati dari wilayah Jateng. Gedung, kamar, masjid dan juga kelas sudah tersedia sangat layak dan baik sehingga membuat para santri merasa nyaman untuk belajar.

Berikutnya, di pondok pesantren ini membiasakan pendidikan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Brosur yang disebarkan oleh ponpes Al Fusha ini juga menggunakan bahasa inggris padahal kebanyakan pesantren pada umumnya lebih memakai bahasa arab untuk penyebaran brosur atau komunikasi.

Terakhir yaitu banyaknya ekstrakulikuler bagi para santri pondok pesantren misalnya bahasa Jepang, tahfidz Al Quran, Pramuka, Olimpiade Sains Nasional dan lainnya. Dengan demikian, minat dan bakat para santri di pondok pesantren ini dapat terfasilitasi dengan baik. Selain itu, seluruh santri wajib untuk tinggal di asrama agar lebih kondusif. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari ponpes Al Fusho Pekalongan.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al Fusha

Mengenai pendaftaran umumnya dari awal tahun sampai bulan Mei dan bertempat di ponpes maupun secara online. Anda dapat menghubungi laman resmi ponpes Al Fusha dengan mengisi formulir pendaftaran dan lainnya.

Adapun untuk biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 200.000 yang bisa ditransfer pada rekening ponpes. Kemudian juga ada tes seleksi untuk santri yang ingin mendaftar di ponpes Al Fusha.

Biaya Masuk Ponpes Al Fusha Pekalongan

Biaya masuk ponpes Al Fusho berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan serta jenis kelamin. Berikut ini kisaran biaya yang dibutuhkan untuk masuk ponpes ajaran 2021-2022.

  • SMP Putra  = Rp 7.783.000
  • SMP Putri  = Rp 8.128.00
  • SMK Putra = Rp 8.310.000
  • SMK Putri = Rp 8.685.000
  • SMA Putra = Rp 8.310.000
  • SMA Putri = Rp 8.135.000

Sementara untuk biaya SPP yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp 500.000. Biata tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Dan jika santri ingin membeli jajan yang lebih maka tinggal menghitung uang saku yang perlu dipersiapkan.

Menurut pendapat kami biaya yang ditekankan untuk para santri di atas termasuk standar. Mengingat banyak kelebihan yang diberikan di pesantren ini. Selain itu, biaya juga ditentukan sesuai dengan jenjang pendidikan yang diambil.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Pondok pesantren Al Fusho terletak di Jalan Raya Rowocacing Pakisputih, Desa Rowocacing, Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan. Bagi anda yang ingin menanyakan informasi detail lebih lanjut maka bisa menghubungi website resminya maupun nomor kontak 0858 4299 2000.

Demikian ulasan mengenai Pesantren Al Fusha Pekalongan yang bisa anda jadikan sebagai acuan saat anda sedang bingung mencari rekomendasi pesantren yang tepat untuk putra dan putri anda. Pesantren ini memiliki banyak kelebihan yang menurut kami cocok untuk anda pilih. Disamping itu, pesantren ini juga menawarkan jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK yang mirip seperti sekolah formal namun juga menekankan pendidikan agama yang kental.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *