Pesantren Al Basyariyah Bandung. Informasi Lengkap dan Biaya Pendidikan

Pesantren Al Basyariyah Bandung

Menuntut ilmu umumnya memerlukan suasana nyaman serta lingkungan yang mendukung. Kota Bandung sudah terkenal memiliki keindahan alam serta kesejukan yang menentramkan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak berdiri Pesantren di kota tersebut. Apabila anda belum mempunyai referensi ponpes di Bandung untuk menyekolahkan putra-putri anda, maka Pesantren Al Basyariyah Bandung bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Ponpes Al Basyariyah adalah salah satu pesantren tersohor yang terdapat di wilayah Bandung. Ponpes ini dikenal sebagai pesantren modern dengan santri yang berasal dari berbagai daerah di kawasan Jawa Barat.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Pesantren Al Basyariyah Bandung. Mulai dari profil pondok pesantren, pendidikan, keunggulan dan juga biaya ponpes.

Sekilas Tentang Pesantren Al Basyariyah Bandung

Ponpes Al Basyariyah Bandung didirikan oleh Drs. KH. Saeful Azhar pada tahun 1982. Di atas tanah dengan luas 17 hektar, ponpes ini tumbuh dan berkembang pesat bahkan mempunyai 4 kampus di wilayah Bandung.

Pendiri ponpes ini mempunyai sejarah mengenyam pendidikan di ponpes Gontor Ponorogo. Maka dari itu warna pendidikan yang diajarkan di ponpes ini juga sedikit banyak terinspirasi dari ponpes ternama di Jatim tersebut.

Pendidikan di Pesantren Al Basyariyah

Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Pesantren Al Basyariyah di Bandung ini yakni TMI. Kurikulum tersebut merupakan perpaduan dari sistem pembelajaran secara formal di kelas dengan pendidikan tradisional diniyah. Kurikulum ini hampir mirip dengan Gontor yang dikenal sebagai KMI.

Muatan kurikulum tersebut dibagi menjadi 4 yakni Ilmu Bahasa, Kajian Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Sosial serta Sains & Teknologi. Jenjang pendidikan di ponpes ini yaitu Mts dan MA yang menerapkan muatan lokal pondok pesantren.

Masa studi di pondok pesantren Bandung ini juga dibagi menjadi dua yakni menempuh pendidikan dalam waktu 6 tahun bagi yang lulus dari jenjang SD. Sedangkan bagi yang lulus jenjang SMP akan memperoleh pendidikan dalam jangka waktu 4 tahun. Dinamakan sebagai kelas intensif, umumnya satu tahun awal berguna untuk penguatan bahasa serta dasar pendidikan diniyyah.

Kedepannya di kelas 4, atau umumnya kelas 10, semua santri akan memperoleh program penjurusan ke 3 bidang yakni IPS, IPA dan Agama. Dengan artian pembelajaran umum seperti Fisika, Matematika, Kimia juga akan menjadi salah satu mata studi.

Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Basyariyah sudah memiliki Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Madrasah/ Sekolah. Dengan demikian, pesantren di Bandung ini sudah memenuhi standar nasional.

Kelebihan Pondok Pesantren Al Basyariyah

Menurut pendapat kami terdapat sejumlah keunggulan yang dipunyai oleh Pesantren Al Basyariyah Bandung. Yang pertama yaitu dalam aspek bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Para santri di ponpes ini dibiasakan untuk berkomunasi dalam dua bahasa tersebut.

Kelebihan yang kedua yakni banyak tersedia ekstra kulikuler yang dapat diikuti untuk meningkatkan skill, minat dan juga bakat para santri. Misalnya seperti menjahit, kursus komputer, bahasa, beladiri, tahfidz al Quran, gitar akustik, kaligrafi dan lainnya.

Keunggulan yang terakhir yakni pada sistem pendidikan pondok pesantren modern yang cukup intensif saat mendapamping para santri. Terlebih berkaitan dengan peningkatan dan karakter kemandirian. Jadwal kegiatan di ponpes ini juga sangat rapi dan teratur sehingga cukup untuk pembinaan para santri pada masa pertumbuhan menuju masa dewasa.

Kegiatan Harian Parasa Santri Ponpes Al Basyariyah

Kegiatan para santri di ponpes ini dijadwalkan secara teratur. Mulai dari pukul 03.00 hingga 04.30 melaksanakan sholat qiyamullail. Kemudian dilanjutkan dengan ibadah sholat shubuh serta membaca Al Quran. Setelahnya sampai pukul 06.30 terdapat pengajian kitab kuning.

Pembelajaran di dalam kelas dimulai pukul 08.00 sampai 13.00. Dalam pembelajaran ini disediakan waktu istrirahat dan makan siang sampai pukul 15.00. Selepas sholat Ashar para santri dapat mengikuti kegiatan olahraga, kursus dan lainnya.

Malam setelah sholat Isya’, terdapat kajian kitab kuning kembali bagi santri jenjang kelas 4, 5 dan 6. Adapun untuk kelas 1,2,3 serta intensif belajar bersama. Jadwal kegiatan ini cukup dinamis untuk membantu perkembangan para santri di pondok pesantren Bandung ini.

Fasilitas Pesantren Al Basyariyah Bandung

Bisa dibilang fasilitas yang tersedia di ponpes ini cukup standar untuk ponpes modern. Misalnya kamar dengan ranjang bertingkat, aula, gedung bertingkat, perpustakaan, sarana olahraga (basket, futsal, voly, tenis meja, badminton), laboratorium (kimia, biologi, fisika, bahasa), bank tabungan pondok dan masih banyak fasilitas lainnya.

Pendaftaran & Biaya Masuk Ponpes Al Basyariyah

Syarat administratif pondok pesantren ini dapat dilihat melalui website resminya. Akan tetapi, untuk biaya pendaftaran yang dibutuhkan mungkin akan naik sedikit tahun 2022 mendatang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk biaya masuk ponpes adalah Rp 4.505.000. Atau mungkin saat ini sudah mencapai angka 5 jutaan. Perlu diketahui bahwa kisaran biaya tersebut belum termasuk untuk keperluan pokok misalnya kasur, almari serta buku-buku sekolah.

Adapun untuk biaya SPP yang harus dibayarkan para santri pondok pesantren Al Basyariyah adalah Rp 380.000. Menariknya, biaya SPP ini belum termasuk biaya membeli lauk-pauk para santri. Sehingga kemungkinan anda perlu mempersiapkan dana lebih untuk biaya yang dibutuhkan setiap bulannya.

Menurut pendapat kami biaya ponpes Al Basyariyah ini masih tergolong standar. Hal ini mengingat fasilitas lengkap yang ditawarkan sekaligus pembelajaran yang diberikan sangat bagus untuk tumbuh kembang putra-putri kedepannya.

Alamat Lengkap Ponpes Al Basyariyah

Alamat pesantren Al Basyariyah ini pada dasarnya ada 4, akan tetapi kami akan mencantumkan satu alamat pesantren Al Basyariyah saja yang kami anggap paling banyak diminati oleh masyarakat Bandung. Yakni di Jalan Cibaduyut Lama Nomor 9, Cibaduyut Bandung. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut maka anda dapat menghubungi nomor kontak di 022 5415061. Adapun untuk detail informasi bisa anda kunjungi melalui laman resmi di alamat https://al-basyariyah.com/ .

Demikian ulasan mengenai Pesantren Al Basyariyah Bandung yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika anda sedang mencari rekomendasi ponpes terbaik di wilayah Bandung. Pondok pesantren ini memiliki 4 kampus yang tersebar di wilayah Bandung sehingga anda bisa memilih salah satu yang paling dekat dengan tempat tinggal anda.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia Pondok Pesantren, Anda bisa mendapatkan informasi tentang pondok pesantren lainnya di Indonesia di blog ini, AnakIslam.com.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *