5 Tanda Perkembangan Anak Usia 1 Tahun, Bunda Wajib Tahu

1 min read

perkembangan anak usia 1 tahun

Perkembangan buah hati merupakan sesuatu yang selalu menjadi hal menyenangkan bagi orangtua. Apalagi ketika sang buah hati beranjak memasuki usia 1 tahun atau genap dua belas bulan. Terdapat beberapa tanda perkembangan anak usia 1 tahun yang wajib diketahui. Tahun pertama merupakan momen penting akan tumbuh kembang sang buah hati, berikut tanda-tandanya:

1. Perkembangan Kognitif

Pada usia 1 tahun, buah hati telah memiliki kemampuan untuk berpikir serta mengingat. Masa ini terjadi dimana buah hati bisa belajar maupun mengingat perilaku-perilaku yang dilakukan oleh orang sekitar. Perkembangan kognitif ini merupakan tanda perkembangan anak usia 1 tahun. Ini merupakan saat yang tepat untuk memberikan pembelajaran mengenai hal-hal baru seperti memberikan gambar-gambar menarik.

Umumnya, gambar-gambar menarik yang dapat menarik perhatian buah hati bisa berwujud lembaran kertas ataupun bentuk lego. Bahkan pada usia ini, buah hati telah mampu berinteraksi dan bermain pergantian role taker. Mengajak buah hati bermain role play akan menjadi wujud dari membantu tumbuh kembang perkembangan kognitif.

BACA JUGA   7 Cara Merawat Gigi Anak Yang Terlanjur Gigis

2. Perkembangan Emosi

Perkembangan anak usia 1 tahun ditandai dengan perkembangan emosi. Pada dasarnya emosi yang pertama kali terbentuk adalah perasaan sedih ketika dipisahkan dengan orang terdekat. Hal inilah yang membuat sang buah hati akan menangis keras ketika dipisahkan dari orang yang ia sayangi.

Namun, seiring waktu buah hati akan memerlukan waktu sendiri yang membuatnya akan merasakan perasaan bingung, marah. Terkadang menciptakan konflik yang berujung pada hal merusak. Seperti contohnya ketika sang buah hati melempar barang-barang menandakan ia tengah marah dan kebingungan akan emosinya. Berikanlah pemahaman pada anak untuk tidak melempar barang, sebagai contoh yang baik.

3. Perkembangan Bahasa

Satu persatu kosakata akan semakin banyak dipahami oleh sang buah hati ketika menginjak usia 1 tahun. Perkembangan anak usia 1 tahun ini memicu kecakapan dalam menyaring bahasa dan mengingat kosakata. Biasanya di tahun itu, anak akan bisa mengingat dan mengungkapkan setidaknya 50-100 kosa kata. Buah hati akan mengalami perkembangan sampai 10 kali lebih banyak dari biasanya.

BACA JUGA   Jangan Sampai Lepas Kontrol Saat Menonton Atlet Jagoan Anda Berlaga

4. Perkembangan Sensorik

Pada perkembangan satu ini, buah hati dapat membedakan antara panas dan dingin yang secara refleks. Misalnya, ketika buah hati diberi makan lemon, maka akan dengan otomatis menutup mata dan merasakan keasaman dari lemon. Akan ada lima indera yang berperan serta bersama sensorik yaitu meliputi indra penglihatan, penciuman, pengecapan, sentuhan juga pendengaran.

5. Perkembangan Motorik

Pada kategori perkembangan motorik akan terlihat bahwa perkembangan anak usia 1 tahun ini menitikberatkan pada adanya kerja sama antara otot dan saraf si buah hati. buah hati akan dapat berjalan dengan mantap, melompat bahkan berlari. Pada fase ini buah hati telah mencapai perkembangan terbaik yang bisa dicapai, membuatnya merasa semakin bahagia.

Sewaktu buah hati tengah memasuki perkembangan satu ini, sang Ibu harus terus mendampingi agar tidak terjadi hal yang diinginkan seperti kemungkinan terjatuhnya sang buah hati. Karena perkembangan ini akan membuat buah hati semakin aktif dan lebih aktif lagi. Harus selalu didampingi dan tetap di sisinya, mengajari buah hati melompat maupun terbang tinggi.

BACA JUGA   6 Tanda Anak Tumbuh Gigi Seri Hingga Geraham

Itulah kelima tanda perkembangan anak usia 1 tahun yang bisa diperhatikan dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Perkembangan ini akan sangat berpengaruh pada kehidupan di masa depan. Apabila anak didampingi dan diajari dengan telaten akan membuat anak lebih berkembang lagi dan lagi. Oleh karena itu orangtua harus mendidik anak sebaik mungkin.