Penyebab Benjolan Dibawah Dagu Pada Anak

1 min read

benjolan dibawah dagu pada anak

Munculnya benjolan dibawah dagu pada anak memang sangat Mengkhawatirkan. Perlu bunda  dirumah ketahui, bahwa benjolan yang terjadi adalah salah satu bentuk sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Salah satu cara agar tubuh dapat melawan berbagai infeksi yang terjadi pada di dalam badan. Baik infeksi karena bakteri, virus atau pun tendangan yang lainnya. Berikut adalah penyebab munculnya benjolan di bawah dagu anak.

1. Limfadenitis Terjadi Akibat Infeksi

Salah satu nama peradangan terjadi pada getah bening yang mengakibatkan munculnya benjolan dibawah dagu pada anak yaitu limfadenitis. Selain tumbuhnya benjolan di bawah dagu gejala ini juga memunculkan benjolan di leher, selangkangan dan ketiak.

Limfadenitis terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus HIV, infeksi pada telinga dan peradangan pada tenggorokan yang terus menerus. Penyakit ini akan memunculkan gejala seperti demam, berkeringat pada malam hari dan menghilangkan nafsu makan. Nyeri saat menelan makan karena terjadinya infeksi pada tenggorokan.

2. Lipoma Diawali Karena Penumpukan Jaringan Lemak

Lipoma adalah sejenis penyakit berupa tumbuhnya benjolan yang terjadi pada jaringan lemak. Benjolan yang terbentuk relatif kecil – kecil dan jika disentuh tidak akan menimbulkan rasa sakit. Tumbuh diantara jaringan otot dan kulit mengakibatkan pertumbuhannya lambat.

Gejala yang dimunculkan oleh lipoma yaitu timbulnya beberapa benjolan di bagian leher, bahu, lengan, punggung dan di paha. Diameter benjolan yang ditimbulkan biasanya tidak lebih dari 5 cm. Disarankan jangan menkannya menggunakan jari karena sifat benjolan ini akan bergerak jika ditekan.

3. Pembesaran Kelenjar Ludah Terjadi Akibat Infeksi Virus

Fungsi utama kelenjar ludah yaitu berfungsi untuk memudahkan proses pencernaan makanan. Penyebab lain timbulnya benjolan pada tenggorokan yaitu pembengkakan pada kelenjar ludah. Salah satu penyebab pembengkakan pada kelenjar ludah yaitu terjadinya infeksi virus pada tubuh.

Beberapa penyakit seperti flu, Cytomegalovirus (CMV), Epstein-Barr (EBV), HIV dan juga Coxsackievirus dapat memicu terjadinya pembengkakan pada kelenjar ludah. Gejala yang ditimbulkan dari yaitu terjadinya demam pada tubuh, nyeri, pembengkakan pada salah satu sisi pipi dan juga benjolan pada leher.

4. Gondongan Disebabkan Akibat Penularan Virus

Benjolan di bawah dagu pada anak bisa jadi karena gondongan. Pembengkakan pada kelenjar ludah di bagian leher ini biasanya disebut gondongan. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya infeksi akibat virus menular. Jika anak terkena penyakit ini maka bunda harus segera memeriksanya ke dokter terdekat ya. Karena penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi pada bagian tubuh yang lain yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan anak.

5. Kista Menjadi Pemicu Munculnya Sebuah Benjolan

Pembengkakan kelenjar getah bening ini memang sangat sering memunculkan efek berupa benjolan. Hal yang harus dilakukan untuk menangani benjolan tersebut yaitu dengan sesering mungkin membasuhnya dengan handuk dan air hangat. Menjaga imun dengan mengonsumsi dua liter air putih setiap hari, istirahat dengan cukup dan tepat selalu memperhatikan posisi gizi makanan setiap hari.

Apabila terdeteksi penyakit kista yang menyebabkan munculnya benjolan di dagu maka cepatlah pergi ke dokter. Karena jika kista yang diderita maka dibuatkan orang yang ahli dan berpengalaman dibidangnya.

Itulah beberapa penyebab benjolan dibawah dagu pada anak yang sering terjadi. Benjolan dibawah dagu memang tidak begitu bahaya ya bun. Akan tetapi untuk berjaga – jaga dan waspada sebaiknya bunda memeriksakan anaknya ke dokter terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis benjolan tersebut.

 

Silahkan membaca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com